Berita BaKTI
  • admin
  • 31 July 2015

BaKTI Highlight Mei-Juni

Highlights Yayasan BaKTI
Mei – Juni 2015

Bulan Mei 2015 BaKTI menyelesaikan Proyek Pengelolaan Pengetahuan di  seluruh wilayah program, yakni di lima provinsi KTI; Papua, Papua Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Jawa Timur. Selama dua tahun pelaksanaan proyek ini telah terbentuk dan dikembangkan 12 Pusat Data Pembangunan Daerah (PD2),  yakni di di Provinsi NTT, Kabupaten Timur  Tengah Utara, Kabupaten Flores Timur, Provinsi NTB, Kabupaten Malang, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Trenggalek, Provisi Papua, Kabupaten Merauke, Kabupaten Manokwari, Kabupaten Fakfak dan Kabupaten Sorong Selatan. Selain PD2, juga telah terbentuk lima Unit Pengelola Koordinasi (UPK) di seluruh provinsi wilayah Program.

Kegiatan Pertukaran Pengetahuan

Sebagai  lembaga yang konsen pada pertukaran pengetahuan, BaKTI terus melaksanakan kegiatan diskusi dalam rangka berbagai dan bertukar pengetahuan dalam bentuk event diskusi. Selama Bulan Mei dan Juni 2015, telah dilaksanakan 12 event di Kantor BaKTI Makassar yang dihadiri 265 orang peserta. Event ini dilaksanakan oleh BaKTI dan juga mitra BaKTI. Beberapa kegiatan tersebut antara lain:

13 Mei 2015
Peluncuran Buku "Catatan di Kertas Basah"
Penyair dan penulis asal kota Makassar, Frans Nadjira yang kini berdomisili di Bali meluncurkan buku kumpulan puisi “Catatan di Kertas Basah” bertempat di Kantor BaKTI Makassar.  Buku yang diterbitkan oleh De La Macca Makassar tersebut merupakan kumpulan puisi sebanyak 72 judul.   Dalam peluncuran buku tersebut turut hadir beberapa penulis senior sebagai pembicara yakni Try Astoto Kodarie, Syahriar Tato, Artis Monolog Luna Vidya dan dipandu oleh Yudhistira Sukatanya sebagai moderator.  Sebanyak 53 peserta hadir dalam kegiatan ini yang berasal dari kalangan penggiat seni, akademisi, media dan publik.

28 Mei 2015
Diskusi Media "Media dan Fenomena HIV AIDS"
Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) bekerjasama dengan Yayasan BaKTI kembali menggelar diskusi media dengan topik “Media dan Fenomena HIV AIDS”.  Tema ini diangkat dalam rangka memperingati hari anti narkoba sedunia pada tanggal 26 Juni 2015. Diskusi ini menghadirkan beberapa narasumber yang aktif serta banyak berkecimpung dalam hal penanganan korban Napza yaitu Ibu Sri Endang, Kepala Biro NAPZA dan HIV AIDS Pemprov Sulsel, Ardani Suryadarma dari Rumah Cemara Bandung, serta Farid dan Shahrul Samsudin, aktivis pendampingan korban NAPZA Sulsel.  Dalam diskusi ini permasalahan yang banyak disoroti adalah bagaimana peran media dalam pemberitaan terkait permasalahan narkoba maupun HIV AIDS. Pemberitaan yang umum terjadi hanyalah bagaimana media lebih banyak menyoroti dari sisi proses penangkapan serta proses hukumnya. Namun jarang melakukan pemberitaan dengan perspektif pelaku yang notabene juga sebagai korban.  Diskusi ini dihadiri 19 peserta dari kalangan jurnalis dan LSM.

3 Juni 2015
Inspirasi BaKTI “Perencanaan Penggunaan Lahan Berkelanjutan” – Inisiasi Kec. Rampi, Luwu Utara
BaKTI menggelar Diskusi Inspirasi BaKTI yang mengangkat topik “Perencanaan Penggunaan Lahan Berkelanjutan (PPLB)”.  PPLB merupakan inisiasi Pemerintah Kabupaten Luwu Utara bersama dengan Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP), Simpul Layanan Pemetaan Partisipatif (SLPP) Tokalekaju  dan Perkumpulan Wallacea di Kecamatan Rampi, Luwu Utara. Hadir sebagai pembicara Staf Ahli Pemkab Lutra Ir.Arief Palallo, Sekretaris Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Kab Luwu Utara Ir.Alauddin, dan Nasrum Muluk dari Forum Tata Ruang Kabupaten.  Hasil dari program ini antara lain bermanfaat dalam penyediaan peta wilayah administrasi desa yang berisi penataan perencanaan lahan desa serta batas desa yang disepakati oleh pemerintah setempat. Juga menjadi masukan terhadap penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kecamatan Rampi dan mendukung implementasi Perbub Luwu Utara No.35 Tahun 2014 tentang Perencanaan Pembangunan Partisipatif.  Diskusi ini dihadiri oleh sekitar 30 peserta dari kalangan pemerintah daerah, NGO/CSO di Makassar dan sekitarnya.  

Information Help Desk
Selama periode Mei-Juni 2015, BaKTI melayani 24 permintaan informasi:
·    Permintaan dari US Consulate Surabaya mengenai kontak pemda dan LSM yang berada di kabupaten-kabupaten bagian utara Sulawesi Selatan (Luwu, Lutra, Lutim, Kota Palopo, Tator)
·    Permintaan dari IOM Makassar mengenai informasi LSM fokus anak di Sulawesi Selatan
·    Permintaan ijin dari ITB-Director of Videography and Photography ISES untuk penggunaan film Cahaya Air Batanguru sebagai inspiring movie acara Gala Dinner International Student Energy Summit (ISES) 2015
 
Jika anda memiliki pertanyaan seperti informasi contact person, dokumen pembangunan KTI, event, atau program pembangunan KTI, silahkan email ke: info@bakti.or.id

Sebanyak 561 orang mengunjungi BaKTI selama bulan Mei – Juni 2015, yang terdiri atas pengunjung laki-laki 426 dan pengunjung perempuan sebanyak 135. Dari total jumlah tersebut, sebanyak 368 adalah memanfaatkan fasilitas perpustakaan/galeri pengetahuan yang memiliki koleksi buku sebanyak 3.680 buah  dan 193 berkunjung untuk mengakses internet. Dalam dua bulan ini pula BaKTI menerima 110 publikasi baru (buku, buletin, brosur, CD, laporan dan modul) dari mitra BaKTI.

Total jumlah Sahabat BaKTI per 30 Juni 2015 adalah sebanyak 1.651 anggota, dari jumlah tersebut anggota laki-laki sebanyak 953 dan anggota perempuan sebanyak 698. Anggota Sahabat BaKTI datang dari berbagai unsur seperti Mahasiswa, Akademisi, swasta, media, pemerintah dan lainnya. Mailing List Sahabat BaKTI dimoderasi oleh BaKTI dan secara reguler BaKTI membagikan informasi dan pengetahuan seperti beasiswa, peluang, artikel pembangunan, event-event menarik dan lowongan kerja bidang pembangunan.

Program-program menarik untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi pengunjung BaKTI terus dilakukan. Khusus untuk pengunjung perpustakaan yakni Sahabat BaKTI, selain memperoleh pengetahuan melalui buku-buku dan internet, setiap pekan diadakan kelas-kelas berbagi pengetahuan yang dibagi menjadi 4 kategori yakni kelas craft, kelas diskusi dan pemutaran film, kelas sharing serta kelas diskusi tematik. Pada bulan Mei 2015 diadakan 1 kali kelas sharing yakni pemutaran film “Working Class Heroes” dan kelas craft “Membuat Sabun Alami”.

Tema yang diangkat pada kelas Diskusi dan Pemutaran Film, disesuaikan dengan isu-isu pembangunan yang momentumnya disesuaikan pula dengan waktu penanyangan. Sesuai dengan tema besar Mei yakni hari buruh, pada Bulan Mei ditayangkan film dokumenter mengenai perjuangan buruh berjudul Working Class Heroes. Sementara untuk kelas craft, selalu bertemakan lingkungan,  yang pada Bulan Mei diisi dengan Kelas membuat sabun alami yang terbuat dari bahan-bahan alami yang tidak berbahaya untuk tubuh dan lingkungan.
Berikut salah satu testimoni dari Sahabat BaKTI yang mengikuti kegiatan kelas Craft Pembuatan Sabun Alami:

“Kegiatan kelas craft BaKTI sangat bermanfaat bagi saya. Dengan mengikuti kegiatan kelas craft di BaKTI saya jadi banyak tahu tentang daur ulang sampah apalagi kelasnya gratis dan menyenangkan. Selain itu melalui kegiatan ini saya bertemu banyak orang dan bisa berteman serta menjalin kerjasama, apalagi waktu itu saya baru tiba di Makassar dan ikut kegiatan ini. Melalui kegiatan ini saya juga dipertemukan dengan teman dari Rumah Zakat, kami lalu bekerjasama mengadakan penyuluhan tentang lingkungan terutama bank sampah kepada ibu-ibu di daerah Rapokalling Makassar” Toru Hirose (JOCV JICA yang bertugas di BLHD)

 Jika anda memiliki materi publikasi yang dapat mendukung BaKTI dalam meningkatkan pertukaran pengetahuan yang ingin didisplay di perpustakaan kami, silahkan kirimkan ke alamat berikut ini:
Yayasan BaKTI
Jl. H.A.Mappanyukki No32, Makassar 90125
Phone: + 62 411 832228/833383
Contact Person: Sumarni (Librarian)

 

Praktik Cerdas

BaKTI terus mempromosikan dan mempublikasikan praktik cerdas yang dianggap telah menjadi solusi beberapa kelompok masyarakat di KTI, berikut ini beberapa perkembangannya:
Koperasi Nonggup, Boven Digoel, Papua
•    Saat ini Koperasi Nonggup sedang mengembangan hutan wisata. Program ini bekerjasama dengan Dinas Kehutanan sekaligus melakukan penanaman pohon gaharu sebanyak 8.000 pohon.
•    Peningkatan kapasitas pengurus dan  masyarakat terus dilaksanakan. Peningkatan kapasitasnya berupa pelatihan komputer agar para pengurus dan masyarakat dapat bekerja menggunakan komputer sehingga dapat mengikuti perkembangan teknologi dan kedepan mampu membuat laporan koperasi dengan lebih baik.
•    Kegiatan-kegiatan Koperasi Nonggup tidak luput dari perhatian media massa, seperti salah satunya adalah kunjungan program Uncover Papua Metro TV pada tanggal 14 Januari 2015 dan tayang di program Alenia's Journey Uncover Papua pada tanggal 27 Juni 2015 di Metro TV.
•    Selain menerima kunjungan dari media, Koperasi Nonggup juga menerima kunjungan dari Jerman sehubungan dengan  kegiatan UNDP yang bekerjasama dengan Koperasi Nonggup. Dari kunjungan ini, pihak UNDP akan melakukan upaya mencari dukungan pendanaan untuk mengembangkan pertanian tanaman hortikultura seluas 30-50 hektar karena kegiatan sebelumnya dinilai berhasil.
•    Kunjungan juga datang dari PT. KORINDO Jakarta ke Koperasi NONGGUP pada tanggal 4 Juni 2015 dalam rangka kerjasama pengembangan produk unggulan masyarakat (Hortikultura dan Karet). Dukungan terhadap program Koperasi Nonggup juga diperoleh dari Bank Indonesia.

Malaria Center, Halmahera Selatan
•    Malaria Center mendapat kepercayaan sebagai pemenang dalam Kompetisi Hibah Inovasi Data dari PULSE LAB dan UNDP dengan mengimplementasikan suatu inovasi data yakni LaCaK (Lapor Cepat Kasus) Malaria secara mobile untuk mempercepat pencapaian target eliminasi malaria di Halmahera Selatan.

Zero Breakdown Perawatan Kendaraan Bermotor Bagi Perawat di Florest NTT
Tanggal 8 Mei 2015 bersama tim Ekspedisi Indonesia Biru, Dandhy Dwi Laksono dan Ucok, mengelilingi Adonara Barat dan mendokumentasikan program manajemen zero breakdown sepeda motor untuk pelayanan kesehatan di pedesaan.

batukarinfo.com

BaKTI sedang mengembangkan sebuah fitur baru di batukarinfo.com bernama Project Browser. Fitur ini akan membantu stakeholder BaKTI untuk mendapatkan informasi mengenai proyek-proyek pembangunan yang telah dan sedang berlangsung di kawasan timur Indonesia. Anda dapat melakukan pencarian berdasarkan sektor atau bidang kegiatan dan wilayah kerja. Anda dapat mengakses fitur Project Browser ini melalui http://batukarinfo.com/project-browser
Batukarinfo juga menghadirkan publikasi-publikasi terbaru bagi Anda, antara lain Mengintegrasikan Prinsip Pembangunan Berbasis Masyarakat ke dalam Kebijakan: Dari PNPM Mandiri Menjadi UU Desa, Pedoman Budiaya Cengkeh pada Kebun Campur, dan publikasi terbaru lainnya dari proyek AGFOR. Juga dapatkan publikasi berikut di batukarinfo.com
•    Public Stockpiling and Food Security
•    Modul Percepatan Penerapan dan Pencapaian Standar Pelayanan Minimal
•    From ‘Stone-Age’ to ‘Real-Time’ Exploring Papuan Temporalities, Mobilities, and Regiliosities
Selengkapnya pada link berikut http://www.batukarinfo.com/referensi  
BaKTI bekerja sama dengan Persatuan Jurnalis Indonesia mengadakan diskusi rutin setiap bulan bagi para jurnalis dari berbagai media mainstream cetak dan elektronik se-kota Makassar yang dinamakan Diskusi Media PJI-BaKTI. Dua diskusi telah dilaksanakan selama Bulan Mei dan Juni 2015. Pada bulan Mei, mengangkat tema ‘Media dan Fenomena HIV/AIDS’, yang menghadirkan narasumber ibu Sri Endang, Kepala Biro NAPZA dan HIV AIDS Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Ardana Suryadarma dari Rumah Cemara Bandung, serta Farid dan Shahrul Samsudin aktivis pendamping korban NAPZA Sulawesi Selatan. Liputan selengkapnya dapat dibaca pada link berikut http://bakti.or.id/berita/diskusi-media-media-dan-fenomena-hiv-aids.
Pada bulan Juni Diskusi Media mengangkat tema “Fenomena dan Peran Media dalam Liputan Mudik”.  Diskusi yang diadakan pada 30 Juni ini membahas bagaimana sebaiknya media dan awak media memposisikan diri dan perusahaan dalam melaporkan perjalanan mudi warga – termasuk isu-isu terkait keamanan dan keselamatan perjalanan serta keseimbangan pesan sponsor dan pesan masyarakat dalam setiap liputan mudik. Liputan selengkapnya dapat dibaca pada link berikut http://bakti.or.id/berita/diskusi-media-pji-bakti-fenomena-dan-peran-me…
BaKTINews Edisi 113/Mei-Juni menghadirkan opini Indeks Kebahagiaan Antara Data dan Fakta oleh Dr. Agussalim, serta kisah inspiratif dari Ambon dan Papua: Membuka Ruang bagi Masyarakat Kriits: Catatan tentang Kelompok Konstituen di Ambon oleh M. Ghufran H. Kordi K.; dan Yaugapsa, Menyambut Undang-Undang Desa oleh Syaifullah Dg. Gassing.
Download BaKTINews Edisi 113 / Mei-Juni pada link berikut http://bakti.or.id/bakti-news/edisi-113-mei-2015-juni-2015

Highlight Proyek-proyek yang dikelola BaKTI

KINERJA
Juni adalah bulan terakhir implementasi Program KINERJA USAID Papua-BaKTI. Di bulan terakhir ini, BaKTI memfasilitasi pertemuan Tim Teknis Kota Jayapura. Pertemuan Tim Teknis adalah pertemuan konsolidsi reguler antara Bappeda, Dinas Kesehatan, Puskesmas Dampingan, Forum Multi Pihak Peduli Kesehatan -yang pembentukkannya difasilitasi oleh KINERJA, Perwakilan Dewan Perwakilan Rakyat dari Komisi terkait, serta Organisasi Mitra Pelaksana Program KINERJA USAID Papua.  Dengan memfasilitasi pertemuan Tim Teknis tersebut, telah merampungkan seluruh kegiatan kemitraan KINERJA USAID Papua-BaKTI yang telah berjalan sejak tahun 2013.
Kemitraan KINERJA USAID Papua dengan BaKTI, menghasilkan beberapa produk dokumentasi praktik cerdas yang diterima baik oleh KINERJA. Dokumentasi tersebut dalam bentuk policy brief, features di BaKTI News dan film-film baik motion maupun animasi. Produk film "Tangisan Pertama Obed", telah menjadi alat sosialisasi ide Sistem Kesehatan dalam diskusi di kampung-kampung wilayah Puskesmas dampingan yang diselenggarakan oleh Organisasi Mitra Pelaksana Program KINERJA USAID yang lain.

Kerjasama ini juga telah memperkuat, memperkaya pengalaman BaKTI dalam membangun, mempertahankan kerjasama dan kordinasi di Papua, terutama di Sektor Kesehatan.

UNICEF-BaKTI

  • Advocacy workshop lanjutan untuk dukungan Gugus Pulau, Halmahera Selatan, 7-8 Mei 2015.

Workshop pertemuan lanjutan terkait advokasi penganggaran berbasis pendekatan gugus pulau dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 7-8 Mei 2015, bertempat di Aula Pemda Kab. Halmahera Selatan.  Capaian dari pertemuan ini menghasilkan dokumen Strategi Pengembangan Gugus Pulau di Kabupaten Halmahera Selatan agar dapat di advokasikan ke TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah) untuk mengalokasikan pembiayaan dalam mendukung fungsi puskesmas pusat gugus.  

 

  • Dukungan supervisi penguatan sistem rujukan darurat KIA, Gugus Pulau Gane/Saketa, 1-4 Mei 2015

Tim supervisi kabupaten  melakukan kunjungan, diskusi dan wawancara dengan petugas kesehatan di Puskesmas Gugus Pulau Kayoa dan Gusus Pulua Gane/Saketa. Tujuannya untuk melakukan pemantauan sistem rujukan dan bimbingan teknis format rujukan. Pelaksanaan supervisi ke gugus pulau dilaksanakan dari tgl 1-4 Mei 2015. Hasil dari supervisi menunjukkan perkembangan sistem rujukan di gugus pulau memerlukan bimbingan teknis yang lebih intens dan adanya dukungan regulasi serta penganggaran bagi gugus pulau.

  • Monitoring Pelaksanaan Strategi Komunikasi di 6 Puskesmas Fokus di Kabupaten Bulukumba,  2 dan 8 Mei 2015

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 dan 8 Mei 2015 di 6 Puskesmas Fokus di Kabupaten Bulukumba (Bonto Nyeleng, Bonto Tiro,  Gattareng, Batang, Caile, dan Ponre).
Tim Monitoring dan Evaluasi dari Dinas Kesehatan Bulukumba melakukan kunjungan monitoring dan evaluasi di 6 puskesmas fokus berdasarkan jadwal yang telah disepakati. Di masing-masing puskesmas, tim memantau pelasanaan imunisasi yang dilakukan oleh petugas puskesmas.  Beberapa rencana tindak lanjut yang disepakati yaitu: tenaga kesehatan yang telah dilatih diharapkan bisa melakukan  monitoring di posyandu dan memberikan penyuluhan strategi komunikasi dengan menggunakan KIT imunisasi di tingkat masyarakat, pengusulan pengadaan sarana dan prasarana di tingkat puskesmas, Dinas Kesehatan terus memantau penggunaan KIT Imunisasi dan melakukan bimbingan teknis terkait  peningkatan cakupan imunisasi di wiliayah puskesmas.  

  • Pertemuan Finalisasi Rentsra Program KIA Tahun 2014 – 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 1 – 2 Mei 2015, Pondok Katu,  Kota Ternate

Pertemuan Finalisasi Penyusunan Rencana Strategis Program Kesehatan Ibu dan Anak Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara bertujuan untuk menyelesaikan penyusunan draft Renstra yang telah dilaksanakan sebelumnya. Renstra KIA pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Maluku Utara yang pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Maluku Utara.  Selain itu, Renstra Dinas Kesehatan diharapkan dapat menjawab tantangan pencapaian komitmen nasional dan komitmen global  antara lain pencapaian Standar Pelayanan Minimal dan Sustanaible Development Goals (SDGs) yang  akan dimulai pada tahun 2015.

  • Sosialisasi Renstra Lanjutan di tingkat Kecamatan dan Refreshing Kader  PLA Malaria di Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan, 26 Mei  2015

Sosialisasi ini dilaksanakan pada tangggal 26 Mei di Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan dan dihadiri 16 peserta. Pada pertemuan ini kader PLA Malaria berbagi pengalaman dan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan mereka sehingga  nantinya memiliki strategi dalam penanggulangan malaria yang tertuang dalam rencana kegiatan pengendalian malaria di kecamatan, lintas terkait dan sebagai bahan advokasi lintas sektor.  Sebagai rencana tindak lanjut, setiap Kader PLA Malaria Desa menyusun rencana aksi kegiatan pengendalian tempat perkembangbiakan jentik nyamuk Anopheles melalui Jumat Bersih yang dilaksanakan secara bergiliran.

  • Follow Up Meeting Sports for Development, Kab.Mamuju dan Polewali Mandar, 8-9 Mei 2015

Menindaklanjuti pelatihan Sports for Development di Makassar, UNICEF, Pemda Bone dan BaKTI melaksanakan Sosialisasi Model Sport di Mamuju dan Polman pada Jumat 8 Mei 2015 di SDN Rimuku Mamuju. Kegiatan ini dilanjutkan pada Sabtu 9 Mei 2015 di Aula Dikpora Polman.  Pertemuan teknis dalam bentuk sosialisasi dan praktek singkat metode Pelatihan ToP, diikuti masing masing 5 guru Penjas dari Sekolah Pilihan. Pertemuan ini menghadirkan Master Trainer Kabupaten Bone. Selain itu sejumlah peserta Training ToP yang mengikuti pelatihan di Makassar turut berperan sebagai co-facilitator.

  • Lokakarya Pasca Agenda MDG’s dengan perhatian khusus pada Kesehatan Ibu dan Anak,  Ternate  26- 27  Mei  2015

Untuk mendorong percepatan pencapaian tujuan pembangunan millenium poin empat dan lima, BaKTI – Unicef bersama pemerintah Provinsi Maluku Utara menyelenggarakan Lokakarya Pasca Agenda MDG’s dengan perhatian khusus pada Kesehatan Ibu dan Anak, pada tanggal  26- 27  Mei  2015 di Ternate. Kegiatan ini diikuti oleh 28 peserta, laki-laki 14 orang, perempuan 14 orang. Peserta  terdiri dari wakil SKPD/instansi terkait, Rumah Sakit, Kepolisian, dan LSM.  Rencana Tindak Lanjut dan rekomendasi dari workshop ini diantaranya 1) Membangun infratsruktur untuk peningkatan  aksesibiltas masyarakat dalam mengakses sarana prasarana kesehatan khususnya di wilayah-wilayah terpencil/perbatasan yang belum disentuh akses jalan yang memadai, 2) Menetapkan regulasi yang dapat menunjang tingkat kesejahteraan tenaga kesehatan di wilayah-wilayah terpencil dan mendorong alokasi anggaran APBD yang tepat sasaran untuk meningkatkan sarana-prasarana & pelayanan kesehatan, 3) Meningkatkan jumlah tenaga medis/kesehatan di daerah-daerah perbatasan/terpencil, serta pendidikan dan pelatihan kepada tenaga-tenaga kesehatan khususnya dan meningkatkan kemitraan antara bidan dan dukun untuk lebih meningkatkan tingkat keselamatan ibu melahirkan.

 

KOMPAK
Pada Bulan Mei 2015, BaKTI mulai mengelola Program LANDASAN KOMPAK. Program ini merupakan program transisi yang sebelumnya dikelola langsung oleh AIPD. Program ini memiliki empat komponen, yaitu : Data Center, Kesehatan, Pendidikan dan Pengembangan Masyarakat (Community Development).  Kegiatan ini dilaksanakan di 6 kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat, yaitu: Kabupaten Jayapura, Kabupaten Merauke, Kabupaten Supiori, Kabupaten Manokwari, Kabupaten fakfak dan Kabupaten Kaimana. Yang meliputi 18 distrik, 19 kampung, 12 puskesmas dan 26 Sekolah Dasar.
Selama dua bulan pelaksanaan program telah  dilaksanakan beberapa events sebagai berikut:
1.    Komponen Data Center
        Telah terlaksana sebanyak 10 event yang dilaksanakan di Prov. Papua, Kabupaten Merauke, Kabupaten Fakfak, Kabupaten Sorong Selatan dan Kabupaten Manokwari.
•    Pertemuan revitalisasi forum data dan  di Provinsi Jayapura
•    Pertemuan otorisasi data dan penentuan indikator data pembangunan daerah Pertemuan revitalisasi forum data di Provinsi Jayapura
•    Diskusi tematik pembangunan yang bertema "Pemantapan Rencana Kerja Dinas Pendidikan 2016 di Kab. Fakfak"
•    Palatihan analisis dan pengelolaan data Kabupaten Fakfak
•    Pembentukan forum data dan pertemuan revitalisasi Forum Data di Sorong Selatan
•    Diskusi tematik pembangunan yang bertema "Dataku untuk negeriku"
•    Peningkatan kapasitas staff Pusat Data Kab. Merauke
•    Pertemuan otorisasi data dan penentuan indikator data pembangunan daerah Kabupaten Sorong Selatan
•    Pembentukan forum data Kabupaten Manokwari
•    Pertemuan otorisasi data dan penentuan indikator data pembangunan daerah Kabupaten Manokwari

2.    Community development
        Telah terlaksana sebanyak  7 event yang dilaksanakan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Event-event tersebut adalah:
•    Workshop Penyusunan PTO Pengelolaan Dana Kampung se Prov. Papua Barat
•    Pendampingan untuk finalisasi RPJMK dan RKPK di 15 Kampung di Jayapura
•    Pelatihan lanjutan pengelolaan dana kampung dan aset kampung bagi Aparat kampung dan kader se Prov. Papua Barat
•    Pelatihan Pengawasan Pengelolaan Dana kampung bagi BamusKamp dan Kader Kampung se Prov. Papua Barat
•    Workshop Penyusunan PTO Pengelolaan Dana Kampung se Prov. Papua
•    Pelatihan lanjutan pengelolaan dana kampung dan aset kampung bagi Aparat kampung dan kader se Prov. Papua
•    Pelatihan Pengawasan Pengelolaan Dana kampung bagi BamusKamp dan Kader Kampung se Prov. Papua
Dari kegiatan-kegiatan tersebut dihasilkan:
1.    Sebanyak 6 (enam) Petunjuk Teknis Operasional (PTO) Pengelolaan Dana Kampung yang dapat digunakan sebagai referensi dalam Pengelolaan Dana Kampung oleh Aparat Kampung agar pengelolaan Dana Kampung lebih transparan dan akuntabel.
2.    15 RPJMK untuk 15 Kampung di Kabupten Jayapura.

3.    Pendidikan
         Telah terlaksana sebanyak  4 event yang dilaksanakan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, yaitu:
•    Penyusunan Modul Pengawasan oleh Komite Sekolah dan Lokmin di Jayapura
•    Pelatihan kepemimpinan kepala sekolah dan MBS (untuk prov. Papua dan Papua Barat)
•    Pelatihan Fungsi Pengawasan  bagi Komite Sekolah  (gabungan Papua dan Papua Barat)
•    Pelatihan Lokmin untuk komite sekolah (untuk Prov. Papua dan Papua Barat)
Dari kegiatan-kegiatan tersebut dihasilkan:
1.    Panduan, Silabus, Jadwal, Modul dan Materi Pelatihan Kepemimpinan dan MBS Kepala Sekolah di Papua
2.    Panduan, Silabus, Jadwal, Modul dan Materi Pelatihan Pengawasan Komite Sekolah (Papua dan Papua Barat)
3.    Panduan, Silabus, Jadwal, Modul dan Materi Pelatihan Lokakarya Mini Komite Sekolah (Papua dan Papua Barat)

4.    Kesehatan
      Telah terlaksana sebanyak  5 event yang dilaksanakan di Kabupeten Manokwari, Kabupaten Merauke, Kabupaten Supiori, Kabupaten Fakfak dan Kabupeten Kaimana.
•    Workshop Pendampingan Penyusunan SOP, SPP, dan Maklumat Layanan Puskesmas tingkat Kabupaten (dilaksanakan masing-masing di 5 Kabupaten)
      Dari kegiatan-kegiatan tersebut dihasilkan:
1.    13 SOP yang terdiri dari 8 SOP dari Puskesmas Sanggeng, dan 5 SOP dari Puskesmas Pasir Putih, Kabupaten Manokwari.
2.    55 SOP untuk Kabupaten Merauke yang terdiri dari 13 SOP dari Puskesmas Naukenjerai, 14 SOP dari Puskesmas Kimaam, 14 SOP dari Puskesmas Okaba, dan 14 SOP dari Puskesmas Tanah Miring.
3.    9 SOP untuk Kabupaten Fakfak yang terdiri dari 4 SOP dari Puskesmas Degen, dan 5 SOP dari Puskesmas Kramongmongga.
4.    11 SOP dan 4 SPP yang terdiri dari 5 SOP dan 1 SPP dari puskesmas Kimbala, serta 6 SOP dan 3 SPP dari Puskesmas Kiruru, Kabupaten Kaimana.
5.    45 SOP yang terdiri dari 9 SOP masing-masing dari Puskesmas Korido, Puskesmas Yengarbun, Puskesmas Sowek, Puskesmas Sorendiweri, dan Puskesmas Sabarmiokre, Kabupaten Fakfak.

MAMPU

Berikut ini beberapa perkembangan program MAMPU yang dikelola oleh BaKTI untuk periode Mei-Juni 2015 :
1.    Mentoring/TA Workshop yang dilakukan di beberapa lembaga di daerah, yaitu :
•    Kota Ambon, untuk menyusun strategi pengawasan bersama dengan pihak lain yang juga memiliki fungsi pengawasan seperti Bawasda, media dan NGO.  
•    Bappeda dan 8 SKPD dan APP di Kabupaten Bone untuk mendorong 5 isu MAMPU agar menjadi isu penting pada penyusunan program SKPD terkait dan juga  agar APP memahami anggaran, struktur anggaran dan istilah-istilah dalam dokumen, baik dokumen perencanaan maupun dokumen penganggaran sehingga dengan pemahaman ini dapat melahirkan kebijakan yang lebih responsif gender dan pro poor.
•    DPRD Kabupaten Belu, dengan hasil meningkatnya kualitas kinerja APP/APL tentang kebijakan, program, anggaran dan pengawasan.
•    Dinas Sosialnakertrans Kabupaten Belu. Pada kegiatan ini diberikan masukan tambahan terhadap pasal-pasal untuk melengkapi draft naskah Akademik PERBUB KPTKI, serta komitmen bersama untuk bersinergi dalam menjalankan kegiatan menuju lahirnya Kebijakan PERBUB tentang KPTKI.

2.    Temu kelompok Konstituen yang dilakukan oleh seluruh mitra MAMPU di daerah:
•    1 Mei 2015, temu Kelompok Konstituen Kabupaten Bone untuk Sharing/Penguatan Pengalaman Advokasi. Pada kegiatan ini, peserta saling berbagi pengalaman dalam menyelesaikan permasalahan (advokasi/mediasi) melalui strategi khas masing-masing Kelompok Konstituen.
•    13 Mei dan 27 Mei 2015 Temu Kelompok Konstituen Kota Mataram untuk Sharing Pengalaman Advokasi. Dari kegiatan ini diperoleh sharing pembelajaran tentang strategi masing-masing Kelompok Konstituen dalam melakukan advokasi/mediasi permasalahan masyarakat di masing-masing desa/kelurahan.

3.    Fasilitasi Penyusunan Nota Aspirasi/Draft Kebijakan. Kegiatan ini juga dilaksanakan oleh mitra daerah dan sub office MAMPU di Mataram.
•    Pada 4-8 Mei 2015 Arika Mahina memfasilitasi penyusunan Nota Aspirasi yang memuat permasalahan terkait lima tema MAMPU serta strategi penyerahannya terhadap DPRD.
•    Diskusi Penajaman Nota Aspirasi/Draft dilaksanakan pada 29 Mei di Lombok Timur. Dari kegiatan ini diperoleh masukan terhadap draft yang ada untuk melengkapi isi dan substansi draft.

4.    Hearing ke DPRD
•    Hearing ke DPRD Kab. Bone pada 18 Mei 2015. Forum Aspirasi Pangadereng menyampaikan nota aspirasi berupa Nota Aspirasi Anak Jalanan, Nota aspirasi UMP, Nota aspirasi Kemiskinan Bone.  
•    Hearing ke DPRD Ambon, tanggal 21 Mei 2015, untuk menyampaikan nota aspirasi.
•    Audiensi/Hearing ke Dinsosnaketrans Kota Mataraam pada 15 Mei. Pada kegiatan ini disampaikan berbagai persoalan kelompok konstituen yang terkait dengan perlindungan social pemerintah.
•    Audiensi/Hearing ke Dinas Dukcapil tanggal 18 Mei dengan menyampaikan Nota Aspirasi terkait Adminduk dan adanya komitmen Dinas Dukcapil untuk merespon isi Nota Aspirasi tersebut.
•    Audiensi/Hearing ke Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Lombok Timur pada 25 Mei dan ke BPPKB. Hasil kegiatan ini masing-masing dinas mengetahui persoalan dan kebutuhan masyarakat terkait 5 Tema MAMPU melalui kertas posisi dan nota aspirasi.
•    Penyampaian kertas posisi di DPRD Kab. Belu pada tanggal 27 Mei 2015. Hasil kegiatan ini adalah dokumen Position Paper telah diterima oleh SKPD Terkait/DPRD dan adanya kesepahaman dan komitmen bersama untuk merespon Position Paper dalam bentuk kebijakan dan anggaran dari SKPD Terkait.
•    Penyerahan Kertas Posisi oleh Lembaga MAUPE-Maros kepada Bupati dan Ketua DPRD Kota Maros

5.    Penerbitan media publikasi dalam bentuk bulletin
•    LPP Bone menerbitan bulletin Corak, Corong Aspirasi Rakyat, sebuah media yang mengangkat kegiatan dengan isu-isu yang terkait dengan 5 isu MAMPU yang ada di Kab. Bone.
•     “Mahina”, sebuah buletin yang diterbitkan oleh Arika Mahinda dan susun oleh Forum Media Ambon. Buletuin ini telah didistribusikan kepada Kelompok Konstituen, SKPD, dan DPRD di Ambon.
•    BULETIN PPSE–KA (Pusat Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Atambua). Buletin ini juga telah didistribusi kepada Kelompok Konstituen, SKPD Terkait dan DPRD.
•    Buletin SEMETON MAMPU dilakukan bersama oleh Forum Media Mataram dan Forum Media Lombok Timur.

6.    Penyusunan Raperda pada 9-10 Juni telah menghasilkan Draft Ranperda Penyelenggaraan Pendidikan di Kabupaten Lombok Timur yang akan di sampaikan ke DPRD, yang memuat materi jaminan sosial dan kemiskinan.

Upcoming Event di KTI:

1. Tropical Tourism Outlook Conference
Venue : Hotel Lombok Raya, Mataram West Nusa Tenggara
Date : 29 - 31 July 2015
Sumber: http://www.igutourism.org/lombok2015.html

2. Infrastructure Summit 2015
Venue : Sandeq Ballroom Grand Clarion Hotel Makassar
Date : 4 - 5 August 2015
Sumber: www.iiepc.com

3. Festival Lembah Baliem 2015
Venue : Usilimo, Kabupaten Jayawijaya, Papua
Date : 6 - 8 August 2015

4. The 14th International Conference on QiR (Quality in Research) 2015
Venue :  Hotel Lombok Raya, Mataram - West Nusa Tenggara
Date :  10 – 13 August 2015
Sumber: http://qir.eng.ui.ac.id/front/

5. The 2nd Makassar International Conference on Civil Engineering (MICCE 2015)
Venue :  Engineering Faculty, Hasanuddin University, Gowa Campus - South Sulawesi
Date : 11 - 12 August 2015
Sumber : http://micce2.civileng-unhas.org

6. International Conference on Business, Management and Communication
Venue : Hotel Clarion Makassar, South Sulawesi
Date : 27 - 28 August 2015
Sumber: www.icbmc.net

7. International Federation Landscape Architect - Asia Pacific Region Congres
Venue : Lombok - West Nusa Tenggara
Date : 7-9 of September 2015
Sumber: http://ifla2015.asia/

8. Festival Boalemo
Venue : Boalemo, Gorontalo
Date : 10 September 2015

9.  Festival Adventure Indonesia 2015
Venue : Kalabahi, East Nusa Tenggara
Date : 15 - 20 September 2015

10. Makassar Jazz Festival 2015
Venue : Fort Rotterdam Makassar, South Sulawesi
Date : 19 - 20 August 2015

11. Sail Tomini
Venue : Parigi Moutong, Central Sulawesi
Date : 19 September 2015

12. Festival Duurstede - Central Maluku
Venue : Desa Saparua, Central Maluku
Date : 21-23 September 2015

13. Internasional Green Island Forum ( IGIF) 2015
Venue : Lombok, West Nusa Tenggara
Date : 24 - 26 September 2015

14. Festival Adat se-ASEAN 2015
Venue : Kendari, Southeast Sulawesi
Date :  September 2015

15. Pertemuan Nasional AIDS ke-5 (Pernas AIDS V)
Venue : Hotel Sahid Jaya Makassar, South Sulawesi
Date : 27-29 October 2015
Sumber: http://pernasaids5.org

16. 2015 International Conference on Agriculture, Livestock and Foresty (ICALF 2015)
Venue : Makassar, South Sulawesi
Date : 20-21 November 2015
Sumber: http://icalf2015.weebly.com/