Menjalankan proyek perintis dan mereplikasi
berbagai inisiatif pembangunan yang sesuai dengan daerahnya

Berita

You are here

 » Forum Kawasan Timur Indonesia bertemu Gubernur Nusa Tenggara Barat
Forum Kawasan Timur Indonesia bertemu Gubernur Nusa Tenggara Barat

Provinsi Nusa Tenggara Barat akan menjadi tuan rumah Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) yang akan digelar pada bulan Oktober 2018 mendatang. Sebagai persiapan, Dewan Pembina dan Pengurus Yayasan BaKTI serta Ketua Pokja Forum KTI berkesempatan bertemu dengan Gubernur dan Sekda Provinsi Nusa Tenggara Barat (17/4) di Kantor Gubernur NTB. Pemeritah Provinsi menyambut baik dan mendukung pelaksanaan Festival Forum KTI.

Gubernur NTB, Dr. TGH. M. Zainul Majdi yang didampingi Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Ir. H. Rosiady Sayuti, Ph.D menyambut baik festival tersebut. Apalagi NTB dijadikan tuan rumah perhelatan yang melibatkan para pakar dan pemerhati pembangunan tersebut. Saat itu, TGB menawarkan dua praktek dari NTB yang akan dipresentasikan di forum tersebut, yaitu pertama Bale Mediasi. NTB merupakan provinsi pertama di Indonesia yang memiliki Peraturan Gubernur terkait Bale Mediasi.

Bale Mediasi merupakan lembaga yang melaksanakan fungsi pembinaan dan koordinasi dalam pelaksanaan mediasi di masyarakat sesuai dengan kearifan lokal. Penyelesaian sengketa berdasarkan kearifan lokal dalam bentuk musyawarah mufakat merupakan bagian dari tatanan perilaku yang hidup dan berkembang dalam masyarakat di Nusa Tenggara Barat yang menjamin kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat.

Praktek baik kedua yang ditawarkan Gubernur pada silaturrahim tersebut adalah sekolah perjumpaan. Sekolah perjumpaan pada intinya bagaimana membangun solidaritas sosial dan komitmen atas kerja masyarakat berdasarkan saling percaya di tengah masyarakat. gubernur berharap kegiatan tersebut berlangsung sukses dan lancar. Sehingga dapat melahirkan program yang menunjang pembangunan setiap daerah.

 

Tags Berita: 
Indonesian