Saling belajar dalam meningkatkan kualitas program
dan bekerja sama menyelaraskan upaya pembangunan

Berita

You are here

 » Integrasi Layanan Dasar; Sistem Administrasi dan Informasi Kampung (SAIK) - Sistem Administrasi dan Informasi Distrik (SAID) - Program LANDASAN II
Integrasi Layanan Dasar; Sistem Administrasi dan Informasi Kampung (SAIK) - Sistem Administrasi dan Informasi Distrik (SAID) - Program LANDASAN II
Program LANDASAN II meningkatkan kualitas pelayanan dasar kesehatan, pendidikan dan pencegahan HIV& AIDS serta integrasinya melalui pemberdayaan kampung hingga pemerintahan distrik di 205 Kampung, 24 distrik, 10 Kabupaten di Provinsi Papua dan Papua Barat.  
Sistem Informasi Administrasi Kampung (SAIK) merupakan sebuah instrument yang aplikatif yang dikembangkan di semua kampung Program LANDASAN II. SAIK sebagai sumber data dan informasi tingkat kampung dengan melibatkan warga secara partisipatif dan akuntabel.  Semua daerah intervensi Program LANDASAN II pada tahun 2017 telah menggunakan aplikasi ini.   Aplikasi SAIK terdiri dari: 1. Profil Kampung Berbasis Data yang didapat dari hasil sensus kampung untuk pengumpulan data yang akurat; dan 2. Sistem Administrasi Dan Informasi Kampung yang sistematis. SAIK dioperasikan oleh kader kampung untuk membantu perencanaan program di kampung dengan prioritaskan sesuai dengan kebutuhan masyarakat, termasuk didalamnya perencanaan bidang kesehatan, pendidikan dan HIV yang terintegrasi di Kampung.
Sistem Administrasi dan Informasi Distrik (SAID) merupakan sistem data yang terintegrasi dan terkoneksi dari data kampung dan merupakan sistem informasi yang terbuka (open source) untuk masyarakat desa serta pihak lain yang membutuhkan. Sistem Administrasi dan Informasi Distrik (SAID) menjadi sumber informasi data valid dan terintegrasi yang dapat dijadikan sebagai basis perencanaan pembangunan bagi distrik yang telah menggunakannya. Pada Tahun 2017 aplikasi SAID telah digunakan dan diluncurkan secara resmi di Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura Provinsi Papua pada Tanggal 22 November 2017 dan dihadiri oleh Minister Counsellor Kedutaan Besar Australia Fleur Davies, Tenaga Ahli Deputi III Staff Ahli Presiden, Perwakilan Bappenas dan Pemda Kabupaten Jayapura.
Tags Berita: 
Indonesian