Saling belajar dalam meningkatkan kualitas program
dan bekerja sama menyelaraskan upaya pembangunan

Berita

You are here

 » Kemitraan BaKTI-UNICEF Mendukung Peningkatan Cakupan Akta Kelahiran di Kabupaten Gowa dan Makassar
Kemitraan BaKTI-UNICEF Mendukung Peningkatan Cakupan Akta Kelahiran di Kabupaten Gowa dan Makassar

Kemitraan BaKTI-UNICEF yang mendukung peningkatan cakupan akta kelahiran di kabupaten Gowa dan Makassar berhasil memfasilitasi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipik (Dukcapil) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait bersama jejaring pekerja sosialnya mengidentifikasi sumbatan dan masalah yang menghambat percepatan pencatatan kelahiran di kedua daerah tersebut.
Selain teridentifikasinya sejumlah sumbatan, dengan menggunakan pendekatan Teori Perubahan juga telah menghasilkan analisis yang menghambat warga masyarakat di Makassar dan Gowa dalam mengakses layanan pencatatan kelahiran. Sehingga telah memberikan gambaran yang jelas bagi segenap pemangku kepentingan yang terkait bahwa terdapat sejumlah area yang perlu dibenahi dan berubah di sektor pencatatan sipil meliputi dalam lingkup empat area tersebut.
Khusus Kabupaten Gowa, Dinas Dukcapil dan OPD terkait telah merumuskan pola relasi dan  kemitraan strategis yang berisi mekanisme kerjasama partispatif antara jejaring pekerja sosial, kader dari warga masyarakat, serta kelompok-kelompok pelayan anak rentan dan beresiko.
Kegiatan tersebut telah menjadi pemantik berkembangnya berbagai upaya kreatif dan inovatif pemerintah daerah di wilayah tersebut. Khusus di Kabupaten Gowa, Dinas Dukcapil telah berhasi mengembangkan pola kemitraan strategis antara OPD yang memiliki jejaring petugas garis depan yang berinteraksi langsung melayani  warga masyarakat.
Dalam kurun waktu tiga bulan, Dinas Dukcapil  telah mencatatkan kemajuan cakupan akta kelahiran yakni: per September  dari 248.029 anak usia 0-18 tahun dalam posisi 52,32% meningkat menjadi 60.00% pada bulan Oktober, dan naik 61.09 %  pada bulan November 2017.

Tags Berita: 
Indonesian