Memberi masukan signifikan pada agenda pembangunan yang lebih luas

Berita

You are here

 » Panggung Inspirasi Hari Pertama
Panggung Inspirasi Hari Pertama

Sebelum menampilkan Tujuh Praktik Cerdas terpilih  dan Inspirator dari berbagai daerah di kawasan timur Indonesia, Menteri Kesehatan, Nafsiah Mboi memaparkan situasi pelayanan kesehatan di kawasan timur Indonesia. Dalam paparannya, ibu Menkes menyebutkan sejumlah PR yang belum terselesaikan terkait pencapaian Target MDGs di kawasan timur Indonesia antara lain adalah mengendalikan HIV/AIDS, malaria, dan penyakit menular lainnya; menurunkan angka kematian ibu dan anak; meningkatkan kesehatan ibu; dan pelestarian lingkungan. 

Ibu Menkes juga menguraikan upaya peningkatan akses pelayanan kesehatan seperti bantuan operasional kesehatan, peningkatan kualitas pelayanan kesehatan, pemenuhan SDM bidang kesehatan, serta upaya pengendalian penyakit dan penyehatan lingkungan.

Setelah pemaparan dari ibu Menteri, Panggung Inspirasi diisi dengan presentasi para praktisi Praktik Cerdas terpilih dari Maluku Tenggara Barat, Sumba Nusa Tenggara Timur, Palu dan Poso Sulawesi Tengah, serta Selayar Sulawesi Selatan.

Mereka menguraikan keberhasilan dalam menjawab tantangan pembangunan memanfaatkan aset yang ada.  Dalam Panggung Inspirasi, setiap peserta akan saling berbagi kiat mengatasi tantangan pembangunan. 

Tidak hanya menghadirkan Praktik Cerdas, Panggung Inspirasi hari pertama juga menampilkan para inspirator yang bergerak dalam bidang kesehatan, kesetaraan gender, dan pelestarian lingkungan. Mereka adalah Bidan Joria dari Flores Timur, Nusa Tenggara Timur; Raden Muhammad Rais dari Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat; dan Saidah dari Buton, Sulawesi Tenggara.

Indonesian