Saling belajar dalam meningkatkan kualitas program
dan bekerja sama menyelaraskan upaya pembangunan

Berita

You are here

 » Pengelolaan dan Pemanfaatan Pengetahuan Hijau di Indonesia Aktivitas Pengetahuan Hijau – Proyek Kemakmuran Hijau MCA-Indonesia
Pengelolaan dan Pemanfaatan Pengetahuan Hijau di Indonesia Aktivitas Pengetahuan Hijau – Proyek Kemakmuran Hijau MCA-Indonesia
Proyek Kemakmuran Hijau MCA Indonesia telah memasuki fase akhir pelaksanaan kegiatan. Dalam perjalanannya hingga saat ini telah menghasilkan berbagai pengetahuan, praktik-praktik baik (good practices) dan inisiatif cerdas (smart initiatives) dari Proyek Kemakmuran Hijau di target wilayah MCA-Indonesia. Selain membawa perubahan dan menghasilkan dampak yang lebih baik dalam beragam aktivitas pembangunan rendah karbon di Indonesia, praktik-praktik baik dari Proyek Kemakmuran Hijau tentu saja diharapkan dapat terus dikerjakan dan bahkan dikembangkan. Adalah penting kemudian untuk menyebarluaskan hal-hal baik yang telah dihasilkan proyek ini, agar apa yang telah dihasilkan dari proyek ini di masa depan dapat menjadi referensi dalam desain program pembangunan rendah karbon dan direplikasi untuk dikerjakan di lebih banyak tempat untuk membawa manfaat kepada lebih banyak daerah di Indonesia.
Yayasan BaKTI sebagai Manager Pengetahuan Aktivitas Pengetahuan Hijau Proyek Kemakmuran Hijau MCA-Indonesia akan memfasilitasi proses diseminasi secara luas praktik-praktik baik, inisiatif cerdas, pengetahuan dan pembelajaran yang dihasilkan dari proyek ini melalui event Green Knowledge National Discussion.

GK National Discussion – Simposium Nasional Perencanaan Tata Guna Lahan Partisipatif dan Rakornas Percepatan Kebijakan Satu Peta
GK National Discussion - Simposium Nasional Perencanaan Tata Guna Lahan Partisipatif yang dirangkai dengan Kegiatan Rakornas (Rapat Kerja Nasional) Percepatan Kebijakan Satu Peta merupakan kesempatan untuk menunjukkan hasil-hasil kegiatan percepatan kebijakan satu peta serta kegiatan perencanaan tata guna lahan pertisipatif yang telah dilakukan oleh MCA-Indonesia. Rakernas ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Menteri Agraria dan Tata Ruang dan Kepala Badan Informasi Geospasial.
Selengkapnya:http://pengetahuanhijau.com/berita/tata-guna-lahan-partisipatif-untuk-mendukung-pembangunan-wilayah

GK National Discussion - Bersama Mengentaskan Kemiskinan Melalui Pertumbuhan Ekonomi
Event berskala nasional ini menampilkan hasil dan capaian yang diperoleh Proyek Kemakmuran Hijau MCA-Indonesia dan menjadi ajang bertukar pengetahuan di antara para pengambil kebijakan pembangunan pada tingkat nasional dan daerah, termasuk para prominent figures, praktisi dan pemerhati isu lingkungan hidup, akademisi, jurnalis, serta para penerima hibah Proyek Kemakmuran Hijau. Informasi dan pengetahuan yang dipertukarkan akan menjadi masukan yang relevan bagi proyek Kemakmuran Hijau.
Sepuluh praktik cerdas dari 5 portofolio proyek Kemakmuran Hijau yang meliputi  Perencananaan Tata Guna Lahan Partisipatif, Komoditas Lestari, Energi Baru Terbarukan, Pengelolaan Lahan Gambut, Perhutanan Sosial dan Pengetahuan Hijau dipresentasikan pada pertemuan ini.
Di penghujung acara Green Knowledge National Discussion  dilakukan diskusi tindak lanjut terhadap praktik-praktik baik untuk masing-masing portfolio proyek Kemakmuran Hijau MCA-Indonesia. Dengan demikian masing-masing peserta memiliki catatan sendiri tentang ide-ide atau gagasan yang muncul sebagai inspirasi dari hasil sharing pengetahuan; memproyeksikan gagasan tersebut dalam bentuk visi; mengidentifikasi lingkungan pemungkin (enabling environment) agar visi dapat terwujud serta mengenali stakeholder kunci untuk dapat berperan dalam upaya mewujudkan visi.
Selengkapnya: http://pengetahuanhijau.com/berita/gk-national-discussion-pasar-pengetahuan-di-akhir-tahun

Buku Potret Kemakmuran Hijau – GP Success Stories Bundle
Buku Potret Kemakmuran Hijau adalah satu dari dua publikasi bertajuk GP Success Stories Bundle. GP Success Stories Bundle memuat informasi dibalik keberhasilan praktik cerdas yang dihasilkan dari Proyek Kemakmuran Hijau MCA-Indonesia.
Buku Potret Kemakmuan Hijau mengangkat cerita sukses dan perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat dari sudut pandang penerima manfaat Proyek Kemakmuran Hijau di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara sebagai warisan yang diharapkan dapat menginspirasi banyak orang untuk mereplikasi praktik-praktik cerdas yang dihasilkan dari proyek ini.
Untuk mendapatkan publikasi ini, Anda dapat menghubungi kami melalui email info@bakti.or.id

Indonesian