Supporting development stakeholders to work more effectively

Kegiatan

You are here

 » Lokakarya Advokasi Penganggaran Desa Sehat Melalui Alokasi Dana Desa di Kabupaten Bone
Lokakarya Advokasi Penganggaran Desa Sehat Melalui Alokasi Dana Desa di Kabupaten Bone
Jan
16

 

Sebagai komitmen percepatan mewujudkan Akses Universal 2019 (akses air minum dan sanitasi layak bagi seluruh lapisan masyarakat), pemerintah Provinsi Sulawesi Salatan saat ini terus melaksanakan kebijakan dan langkah strategis dengan mengembangkan program Kabupaten/Kota Sehat serta menargetkan ketersediaan akses 100% air minum, 0% pemukiman kumuh dan 100% sanitasi dapat tercapai dalam 2019 di semua daerah termasuk di daerah pedesaan.

Namun, di tingkat Desa pembangunan akses air minum dan sanitasi layak saat ini menghadapi tantangan sekaligus peluang. Tantanganya antara lain bagaimana melibatkan warga masyarakat serta bagaimana  mendapatkan dan mengelola sumber pendanaan. Untungnya, pada saat yang sama terdapat peluang yang sangat potensial yakni dukungan pemerintah melalui penggunaan Alokasi Dana Desa (ADD) dalam memberikan layanan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

Guna mendukung komitmen percepatan Universal Akses 2019,  Unicef dan BaKTI melalui program WASH bersama pemerintah Pemprov Sulawesi Selatan melaksanakan pendampingan program STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) di Provinsi Sulawesi Selatan sejak tahun 2013. Fokus utamanya, baik di Provinsi maupun di kabupaten adalah mengembangkan program sekaligus penguatan kapasitas POKJA AMPL (Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan). Dan pada saat ini sebagai bentuk aksinya yakni bekerja sama Tim Pokja AMPL Provinsi melalui Dinas Kesehatan melaksanakan Lokakarya Advokasi Penganggaran Desa Sehat melalui dana Alokasi Dana Desa (ADD). Secara umum tujuannya adalah membekali pemahaman tim Pokja AMPL kabupaten, Forum Kabupaten Sehat, dan perangkat desa di Kabupaten Bone tentang strategi pencapaian Akses Universal serta mekanisme pengalokasian Dana Desa untuk penyediaan akses Air Minum dan Sanitasi layak di pedesaan. 

Kegiatan pelatihan akan dilaksanakan pada:

Hari/Tanggal      : Selasa-Rabu/16-17 Januari 2018.

Lokasi kegiatan    : Hotel Sarlim, Jl. Dr. Wahidin Sudiro Husodo, Watampone

Contact Person:  Hamsah: hsinring@yahoo.com

Tanggal Kegiatan: 
16 Jan 2018