Menjalankan proyek perintis dan mereplikasi
berbagai inisiatif pembangunan yang sesuai dengan daerahnya

Pertemuan Forum KTI

You are here

 » Forum KTI V 2010
Forum KTI V 2010

Pertemuan Forum KTI V 2010

Pembukaan

 Mengawali Pertemuan Forum KTI V, sebuah tarian selamat datang ditampilkan oleh para penari cilik dari sanggar Serafim. Selanjutnya suasana penuh hikmat membahana di Ball-Room Swiss-Belhotel, Ambon seiring dengan dilantunkannya lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta Forum KTI.

Acara Pertemuan Forum KTI V dibuka oleh Gubernur Maluku, Karel Albert Ralahalu, setelah sambutan pengantar dari Ketua Pokja Forum KTI, Prof. Dr. Ir. Hj. Winarni Monoarfa dan sambutan dari Deputi Bidang Sarana Prasarana BAPPENAS (Deputy Minister for Infrastructure Affairs) Dr.Ir. Dedy S.Priatna, M.Sc.

Petualangan Menemukan Harta Karun dari Timur

Petualangan menemukan enam harta karun di Timur Indonesia diawali dengan pemaparan pengalaman BaKTI dan penemuan Praktik Cerdas oleh Ketua Dewan Pembina BaKTI, Wili Toisuta. 

Petualangan peserta Forum KTI V dilanjutkan dengan mendengarkan kondisi terkini mengenai kawsan Timur Indonesia dari Jaringan Peneliti Kawasan Timur Indonesia (JiKTI) yang dibacakan oleh Ma’ruf Kasim.  Dalam laporan JiKTI disebutkan bahwa pemberdayaan ekonomi, pendidikan dasar, kesehatan, dan peram perempuan merupakan tantangan yang harus terus diperjuangkan. Pengembangan ekonomi lokal melalui usaha kecil dan menengah (UMKM) juga penting untuk ditingkatkan mengingat industri skala besar seperti pertambangan, minyak dan industri ekstraksi lainnya hanya menyerap 20% tenaga kerja, sementara UMKM mampu menyerap 70% tenaga kerja.

Layar Bahtera Manggurebe kemudian dinaikkan dan jangkar pun diturunkan. Nahkoda Kapal berdiri di geladak didampingi oleh Pemburu Harta Karun. Dengan suara yang penuh wibawa, sang Nahkoda mengajak seluruh peserta Forum KTI memulai petualangan menemukan harta karun, ”Ayo kita berangka sekarang!”.

Dari peta yang ditunjukkan Pemburu Harta Karun, ada enam harta karun yang tersebar di berbagai daerah di Timur Indonesia. Keenam harta karun itu tak lain adalah praktik cerdas dalam bidang kesetaraan gender, pendidikan, kesehatan, lingkungan, pengelolaan aset lokal, dan pengembangan ekonomi lokal.

Bahtera Manggurebe menghantarkan seluruh peserta Pertemuan Forum KTI V menjelajahi pulau demi pulau di Timur Nusantara, mengajak mereka bertemu dengan para praktisi praktik cerdas dan mendengarkan penuturan kegigihan mereka dalam melakukan perubahan besar bagi kemajuan masing-masing daerah. 

Kisah-kisah inspiratif juga dituturkan oleh sembilan figur yang dalam acara ini disebut Inspirator Publik. Mereka adalah Hetty Geru (pemerhati isu perempuan, Sulawesi Utara), Sinda Titaley (aktivis gerakan perempuan, Maluku), Anike Bowaire (pemenang Olimpiade Fisika tahun 2005, Papua), Barnabas Suebu (Gubernur Papua), Iwan Bokings (Bupati Bualemo, penerima Piala Terbaik Citra Bhakti Abdi Negara 2009), Timotius Hindom (penerima penghargaan Kalpataru 2008), Longki Djanggola (Bupati Parigi Moutong), Nelci Pellandou (pemenang karya tulis Perempuan Timor Pemantau Anggaran), dan Riri Riza (Sutradara Film Laskar Pelangi).

Indonesian