Memberi masukan signifikan pada agenda pembangunan yang lebih luas

Kegiatan

You are here

 » [Cinematica] Kita dan Laut
[Cinematica] Kita dan Laut
May
01

CINEMATICA, Pemutaran Film dan Diskusi GRATIS! Program hasil kerjasama Rumah Ide Makassar dengan Yayasan BaKTI edisi bulan Mei 2012, mengangkat tema mengenai "KITA dan LAUT". Di edisi kali ini kita akan nonton film dan sharing bersama mengenai laut dan permasalahannya.

Beberapa bulan yang lalu, WWF melakukan kampanye “Bijak Memilih Seafood”. Makassar adalah kota yang sangat terkenal dengan seafoodnya yang segar dan enak. Tapi apakah kita tahu Produk hidangan laut di Indonesia, juga di negara lain, terancam ketahanan, keamanan, dan keberlanjutannya akibat rusaknya ekosistem perikanan laut. Ancaman tersebut berasal dari praktik perikanan destruktif, penangkapan berlebih (overfishing), dan tangkapan sampingan (by-catch). Bahkan jika kondisi ini masih terus berlangsung, sejumlah ahli perikanan dunia memperkirakan bahwa di tahun 2048, warga dunia hanya hanya dapat mengkonsumsi ubur-ubur dan plankton karena habisnya stok ikan. Permintaan tinggi terhadap berbagai jenis ikan karang seperti kakap, tuna, baronang, kepiting, udang hingga lobster membuat para nelayan melakukan segala cara untuk mendapatkan sumber daya laut tersebut dalam jumlah besar. Praktik perikanan destruktif pun dilakukan misalnya dengan menggunakan bom atau racun sianida. Cara penangkapan yang seperti ini merusak ekosistem perikanan, termasuk terumbu karang, yang berujung pada berkurangnya populasi ikan karang.

Dalam rangka Hari Bumi melalui film ini, Cinematica mengajak kita untuk merenung tentang sejauh mana kita telah menjadikan laut sebagai sahabat ataukah justru kita telah sadar atau tidak sadar menjadi bagian dalam eksploitasi laut.

Film yang akan diputar:  The Cove Sutradara: Louie Psihoyos. Amerika. 2009. 91 min.
Film ini mengikuti investigasi tim elit yang terdiri dari aktivis, pembuat film dan freedivers saat mereka memulai sebuah misi rahasia untuk menembus sebuah teluk terpencil dan tersembunyi di Taiji, Jepang, yang memiliki rahasia gelap dan mematikan. Memanfaatkan berbagai teknik, termasuk mikrofon dan kamera tersembunyi dalam batuan palsu, tim mengungkapkan bagaimana di teluk kecil tersebut terdapat kejahatan ekologi besar-besaran. Hasilnya adalah campuran investigasi provokatif, petualangan dan jurnalisme hingga menghasilkan satu cerita tak terlupakan yang membuat penonton di seluruh dunia terinspirasi untuk bertindak.

Penghargaan: Academy Award Pemenang Best Documentary tahun 2010

MORE INFORMATION:

CP Rumah Ide: SMS: 085 298 879 587
Twitter: @rumahidemks E-mail: rumahide.mks@gmail.com
Blog: rumahidemakassar.wordpress.com

BaKTI:
FB: http://www.facebook.com/YayasanBaKTI
Website:www.bakti.org