Saling belajar dalam meningkatkan kualitas program
dan bekerja sama menyelaraskan upaya pembangunan

Kegiatan

You are here

 » Diskusi dan Pemutaran Film “Lewa di Lembata”
Diskusi dan Pemutaran Film “Lewa di Lembata”
Sep
11

Lewa di Lembata (1)

 

Menceritakan tentang kehidupan para nelayan pemburu paus dan pari di Desa Lamalera, pulau Lembata (NTT) dan sistem ekonomi barter yang masih dijalankan di zaman di mana uang telah ditempatkan di puncak sistem ekonomi.

Semua ikan dan mamalia laut yang dilindungi, justru diburu di sini. Uang yang menjadi alat tukar utama dalam sistem ekonomi, justru dihindari.  Bagaimana semua bisa bertahan dan terjadi?

Etika peluit ditiup jam 11 Wita, uang Anda tak laku lagi. Inilah saat yang sangat terasa dimana pangan sangat esensial dalam hidup manusia. Uang tak lagi berkuasa.

Manusia dinilai dari ketekunannya memproduksi dan mengusahakan bahan pangan agar dapat ditukar dengan bahan pangan lain. Bukan dari kehebatannya mengelola investasi sektor keuangan (fund managing).

Masyarakat pesisir membawa ikan (protein) yang ditukar dengan hasil bumi masyarakat pegunungan seperti jagung atau ubi (karbohidrat).

Dokumenter ini adalah bagian dari Ekspedisi Indonesia Biru, setelah 'Baduy', 'Samin vs Semen', dan 'Kala Benoa'. Tentang Ekspedisi Indonesia yang diproduksi oleh Watchdoc sebuah rumah produksi audio visual yang didirikan oleh dua Jurnalis yakni Andhy Panca Kurniawan dan Dandhy Dwi Laksono.

VIDEOGRAFER:

Dandhy Dwi Laksono

Suparta Arz

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada:

Jumat 11 September 2015

Waktu 15.30 - 18.00

Tempat: Perpustakaan BaKTI

 

Disetiap kegiatan Diskusi dan Pemutaran Film, akan ada 2 buku dengan tema menarik untuk 2 peserta beruntung, jadi mari bergabung dan jangan lupa ajak teman anda. Untuk informasi detail dan konfirmasi sila menghubungi sumarni@bakti.or.id

 

Tanggal Kegiatan: 
11 Sep 2015