Saling belajar dalam meningkatkan kualitas program
dan bekerja sama menyelaraskan upaya pembangunan

Kegiatan

You are here

 » Diskusi dan Promosi Praktik Cerdas dari Maluku Tenggara Barat- "Rumah Tunggu : Secercah Harapan untuk Ibu Hamil (Ambon)
Diskusi dan Promosi Praktik Cerdas dari Maluku Tenggara Barat- "Rumah Tunggu : Secercah Harapan untuk Ibu Hamil (Ambon)
Feb
26

Yayasan BaKTI bersama Forum KTI Wilayah Maluku akan melaksanakan Diskusi dan Promosi Praktik Cerdas dari Kab. Maluku Tenggara Barat "Rumah Tunggu : Secercah Harapan untuk Ibu Hamil". yang akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal : Kamis/ 28 Februari 2013
Tempat : Ruang Rapat Bappeda Provinsi Maluku Lantai 3 Kantor Gubernur Maluku
Jl. Raya Pattimura No. 1 Ambon – Maluku
Pukul : 08:30 – 13:00 WIT

Untuk informasi lebih lanjut, silakan email ita AT bakti DOT org

KERANGKA ACUAN
DISKUSI PRAKTIK CERDAS
“Rumah Tunggu: Secercah Harapan untuk Ibu Hamil”

LATAR BELAKANG
Forum Kawasan Timur Indonesia (FKTI) adalah Forum yang bersifat independen dan terbuka yang secara aktif mendorong dan mengembangkan kemitraan para pihak serta mendorong inovasi sosial dalam menjawab tantangan pembangunan di KTI. Anggota Forum KTI adalah para pembaharu dari kalangan pemerintah daerah, perwakilan pemerintah pusat, legislatif, akademisi, LSM, sektor swasta, organisasi masyarakat lainnya, dan mitra pembangunan internasional.

Untuk mendukung aktifitas Forum KTI, telah terbentuk Forum KTI wilayah di 12 provinsi di KTI. Forum KTI memfasilitasi 12 Kepala BAPPEDA Provinsi di Kawasan Timur Indonesia dalam jaringan tata kelola pemerintahan dan perencanaan pembangunan yang dikenal dengan nama Forum Kepala BAPPEDA Provinsi se-KTI. Untuk memenuhi kebutuhan kebijakan dan perencanaan pembangunan berbasis pengetahuan, Forum KTI juga telah mengembangkan Jaringan Peneliti Kawasan Timur Indonesia (JiKTI). Terkait peran Forum KTI sebagai wadah untuk bertukar solusi dalam mengefektifkan upaya pembangunan KTI, Forum KTI Wilayah Maluku memfasilitasi Diskusi Praktik Cerdas. Praktik cerdas pembangunan adalah sebuah upaya/kegiatan yang berhasil menjawab tantangan pembangunan yang dihadapi oleh daerah tertentu. Tema yang akan diangkat pada Diskusi yang akan dilaksanakan pada bulan Februari 2013 ini adalah mengenai praktik cerdas dari Kab. Maluku Tenggara Barat “Rumah Tunggu: Secercah Harapan untuk Ibu Hamil”.

Sebagai sebuah provinsi kepulauan, 90% wilayah Maluku adalah lautan dan terdiri dari 559 kepulauan. Dengan kondisi geografis seperti ini, masyarakat di kepulauan ini sangat mengandalkan transportasi laut sebagai penghubung utama dan bahkan satu-satunya bagi kebanyakan pulau kecil. Ditambah kondisi cuaca yang tidak menentu, akses untuk memenuhi pelayanan dasar publik, termasuk pelayanan kesehatan menjadi sebuah tantangan besar. Mempertimbangkan berbagai kondisi, pada tahun 2007, di Maluku Tenggara Barat (MTB), salah satu kabupaten di Maluku yang 88% wilayahnya adalah laut, dicetuskan konsep rumah tunggu sebagai solusi cerdas. Konsep ini difasilitasi oleh UNICEF dengan pola pendekatan gugus pulau. Dengan pendekatan ini maka Kabupaten MTB membaginya dengan dua gugus besar yaitu Gugus Tanimbar Selatan dan Tanimbar Utara.

Rumah tunggu merupakan rumah milik masyarakat yang ditetapkan sebagai tempat bagi ibu untuk menunggu persalinan. Layanan yang diberikan di rumah ini meliputi layanan persalinan, pemeriksaan laboratorium, imunisasi ibu dan bayi baru lahir, pemeriksaan ibu dan bayi pasca melahirkan, serta pemeriksaan antenatal. “Rumah Tunggu dibuat untuk mengatasi persoalan “Tiga Terlambat”, yaitu terlambat untuk mengetahui persoalan, terlambat merujuk, dan terlambat penanganan. Tiga Terlambat inilah yang paling banyak menyebabkan ibu hamil meninggal dunia.

Rumah yang dijadikan Rumah Tunggu adalah milik masyarakat, sehingga partisipatif aktif masyarakat menjadi kunci utama pelayanan yang diberikan. “Kekuatan sosialisasi dan mobilisasi Rumah Tunggu adalah pada pendekatan budaya, kekeluargaan dan agama. Sejak adanya Rumah Tunggu, terjadi penurunan angka kejadian ibu meninggal saat melahirkan di Kab. MTB mulai dari tahun 2007 hingga 2011 dari 21 orang menjadi 10 orang. Demikian pula kematian bayi pada tahun 2007 mencapai 74 kasus menjadi 27 kasus di tahun 2012.

Praktik cerdas Rumah Tunggu ini telah dipresentasikan pada Festival Forum KTI VI, tgl 24-25 September 2012 yang lalu. Melalui Diskusi praktik cerdas yang dilaksanakan oleh Forum KTI Wilayah Maluku dengan dukungan Yayasan BaKTI (Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia) dan UNICEF diharapkan praktik cerdas ini semakin diketahui oleh para pelaku pembangunan di provinsi Maluku sehingga terjadi pembelajaran dan bisa mendorong replikasi dan adopsi di wilayah lain di Maluku yang menghadapi tantangan serupa dengan Kabupaten MTB.

TUJUAN :
1. Untuk mempromosikan praktik cerdas Rumah Tunggu
2. Mendorong pembelajaran, replikasi dan adopsi praktik cerdas Rumah Tunggu

OUTPUT :
1. Meningkatnya pemahaman pelaku pembangunan di provinsi Maluku mengenai praktik cerdas Rumah Tunggu
2. Adanya keinginan dari pelaku pembangunan terkait di Maluku untuk mereplikasi dan mengadopsi praktik cerdas Rumah Tunggu

WAKTU PELAKSANAAN :
Hari / Tanggal : 28 Februari 2013
Pukul : 08:30 – 13:00
Tempat : Ruang Rapat Bappeda Provinsi Maluku Lantai 3
Kantor Gubernur Maluku Jl. Raya Pattimura No. 1 Ambon – Maluku

AGENDA

Waktu Kegiatan
08.30 – 09.00 Registrasi
09.00 – 09.45 Pembukaan:
• Sambutan Pokja Forum KTI Wilayah Maluku
• Sambutan Direktur Eksekutif Yayasan BaKTI
• Sambutan Kepala Bappeda Provinsi Maluku sekaligus membuka acara dengan resmi
09.45 – 11.45
• Pemutaran Film Rumah Tunggu
• Presentasi
Dr. Yuliana Ratu Anak (Kadis Kesehatan Kab. MTB)
• Diskusi
11.45 -12.00 Kesimpulan dan Penutup
12.00 – 13.00 Makan Siang