Saling belajar dalam meningkatkan kualitas program
dan bekerja sama menyelaraskan upaya pembangunan

Kegiatan

You are here

 » Diskusi NEWS Cafe ”Sharing Hasil Studi Insitusi Lokal di Indonesia - 3”
Diskusi NEWS Cafe ”Sharing Hasil Studi Insitusi Lokal di Indonesia - 3”
Apr
25

Latar Belakang

Studi institusi/kelembagaan tingkat lokal di Indonesia yang dilakukan pada tahun 1996 (Local Level Institutions/LLI-1) dan tahun 2000/2001 (Local Level Institutions/LLI-2), berupaya mengidentifikasi prasyarat adanya kapasitas lokal (didefinisikan sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah bersama secara kolektif) serta kendalanya, dan sejauh mana struktur negara membantu atau menghambat upaya-upaya warga desa untuk memecahkan masalah. Pada tahun 2012, tim peneliti dari Akatiga dan PNPM Support Facility (PSF) kembali melakukan penelitian ke wilayah studi yang sama di Jambi, Jawa Tengah, dan NTT, dengan menggunakan versi terbaru dari instrumen penelitian kualitatif dan kuantitatif yang digunakan pada LLI-2. Tujuan utama penelitian putaran ketiga ini (LLI-3) adalah untuk melacak perkembangan kapasitas lokal sejak LLI-2, dan mengevaluasi perubahannya terkait dengan desentralisasi, demokratisasi, dan perluasan program pembangunan partisipatif sejak 2001. Dibandingkan dengan LLI-1, pada LLI-2 (setelah reformasi) keikutsertaan dalam organisasi yang disponsori pemerintah mulai menurun, namun kembali naik dalam LLI3, meskipun tetap ada variasi. Sementara itu kemampuan mengatasi masalah juga tetap ada, tetapi dibandingkan dengan LLI-2, secara umum ada penurunan. Namun jika dilihat lebih jauh ada variasi yang mengindikasikan pentingnya mekanisme kontrol di desa, apalagi jika disandingkan dengan peran supervisi kabupaten.

Temuan LLI-3 dimaksudkan sebagai masukan bagi Pemerintah Indonesia terkait dengan strategi tata kelola desa, termasuk untuk mendukung Peta Jalan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dan memberikan masukan untuk Peraturan Pelaksanaan UU Desa No. 6 tahun 2014.
Untuk mendiseminasikan hasil temuan studi tersebut kepada multi-stakeholders di Sulawesi Selatan, Yayasan BaKTI sebagai lembaga yang berfokus pada pertukaran pengetahuan akan menggelar Diskusi NEWS Café.

Tujuan kegiatan ini adalah:
 Memperkenalkan hasil temuan Studi Local Level Institutions/LLI-3, khususnya, dan penelitian pembangunan perdesaan pada umumnya
 Mendiskusikan beberapa potensi implikasi studi LLI-3 terhadap perkembangan terkini dalam pembangunan desa di Indonesia
 Memfasilitasi diskusi antar multi-stakeholder terutama media, pemda, NGO/CSO dan lainnya mengenai isu ini.

Peserta yang diharapkan hadir dan berpartisipasi dalam acara ini:
1. Kepala BAPPEDA Prov. Sulawesi Selatan
2. Kepala BAPPEDA Kab/Kota se-Provinsi Sulawesi Selatan
3. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Kelurahan Kab/Kota se-Provinsi Sulawesi Selatan
4. Media
5. NGO dan CSO yang ada di Makassar
6. Masyarakat umum

Tempat dan Jadwal Pelaksanaan
dilaksanakan pada Selasa, 29 April 2014, pukul 09.00 – 13.00 wita.

Agenda
 Pendaftaran Peserta
 Coffee break
 Pembukaan (MC/Moderator)
 Music performance
 Sambutan dari BaKTI
 Presentasi oleh narasumber
 Diskusi dan Tanya Jawab
 Penutup/makan siang