Menjalankan proyek perintis dan mereplikasi
berbagai inisiatif pembangunan yang sesuai dengan daerahnya

Kegiatan

You are here

 »  Diskusi Praktik Cerdas "Kisah Kapal Kalabia dari Raja Ampat
Diskusi Praktik Cerdas "Kisah Kapal Kalabia dari Raja Ampat
Oct
18
Salah satu praktik cerdas yang telah diidentifikasi, didokumentasi dan dipromosikan oleh BaKTI adalah Kapal Kalabia di Raja Ampat. Kapal Kalabia melakukan perjalanan dari pulau ke pulau di Kabupaten Raja Ampat dengan misi pendidikan konservasi. Ia membawa tenaga pengajar, buku-buku, dan peralatan bermain serta memberikan pemahaman pada anak-anak di sana tentang lingkungan mereka, tentang ekosistem laut, terumbu karang, pantai dan mangrove.
 
Dalam mengemban misi pendidikan konservasi, Kalabia memfokuskan kegiatan belajar-mengajar pada siswa Sekolah Dasar Kelas 4 dan 5.  Mengapa Kalabia membagi pengetahuan pada anak-anak usia Sekolah Dasar? Mereka adalah generasi muda yang pada 20 tahun mendatang akan bekerja dan menjadi pengambil kebijakan.
 
Sebagai lembaga yang berfokus pada pengelolaan pengetahuan, BaKTI akan memfasilitasi Diskusi Praktik Cerdas di Ambon, Maluku terkait Kapal Kalabia di Raja Ampat. Diskusi ini dilaksanakan di Ambon, Maluku karena Maluku merupakan wilayah kepulauan dan model belajar yang dikembangkan Kapal Kalabia di Raja Ampat memiliki potensi untuk diadopsi di Maluku. Kegiatan ini dilaksanakan dengan dukungan dari Pemerintah Australia melalui Australian Alumni Grant Scheme dan diadministrasi oleh Australia Awards di Indonesia. 
 

Tanggal / Hari Kegiatan: 18 Oktober 2017

 

Waktu Kegiatan: 09.00 WIT - selesai

 

Lokasi Kegiatan: Kantor Bappeda Provinsi Maluku

 

Contact Person: sumarni@bakti.or.id

Tanggal Kegiatan: 
18 Oct 2017