Menjalankan proyek perintis dan mereplikasi
berbagai inisiatif pembangunan yang sesuai dengan daerahnya

Kegiatan

You are here

 » Inspirasi BaKTI "Reses Partisipatif di Lombok Timur
Inspirasi BaKTI "Reses Partisipatif di Lombok Timur
Dec
12

Reses Partisipatif adalah salah satu metode Reses yang menggunakan metode partisipatif, di mana konstituen ditempatkan sebagai subyek dalam Reses. Terminologi“partisipatif” menunjuk pada dua substansi. Pertama, metode Reses yang menggunakan pendekatan partisipatif, dalam bentuk diskusi kelompok atau diskusi kelompok terfokus/terarah (focus group discussion,FGD). Kedua, menunjuk pada peserta yang hadir dalam Reses yang mewakili berbagai unsur di masyarakat. Partisipan sebagai peserta Reses lebih beragam.

Reses Partisipatif menempatkan konstituen perempuan, perempuan miskin, dan kelompok-kelompok marjinal setara dengan konstituen laki-laki yang selama ini mendominasi sebagai peserta Reses. Teknis pelaksanaan Reses juga membuka ruang partisipasi untuk semua peserta, tidak didominasi oleh laki-laki dan elit masyarakat.

Reses partisipatif telah dilakukan beberapa anggota DPRD di wilayah Program MAMPU (Kemitraan Australia Indonesia untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan) BaKTI, yaitu di Kota Parepare, Kota Kendari, Kota Ambon, Kota Mataram, Kabupaten Tana Toraja, dan Kabupaten dan Lombok Timur.

Yayasan BaKTI Makassar sebagai lembaga yang berfokus pada pertukaran pengetahuan akan mengadakan Diskusi Inspirasi BaKTI yang mengangkat topik tentang ”Reses Partisipatif anggota DPRD Lombok Timur”. 

Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dan berbagi  inspirasi terlait metode reses partisiptif yang dikembangkan oleh anggota DPRD Lombok Timur kepada anggota DPRD Kota Mataram, harapannya inisiatif cerdas ini dapat direplikasi.

Kegiatan akan dilaksanakan pada

Hari/tanggal: Selasa /12 Desember 2017

Waktu: 13:30 wita - selesai

Tempat : Ruang Rapat kantor DPRD Mataram

Narasumber:

Narasumber dalam kegiatan ini adalah:

1. H.M. Khaerul Rizal, ST, M.Kom (Ketua DPRD Kabupaten Lombok Timur)
2. Sri Yuliana (Ketua Kelompok Konstituan)

Moderator  

Moderator dalam diskusi adalah: Nur Janah

Kegitan ini terbuka untuk umum

Tanggal Kegiatan: 
12 Dec 2017