Saling belajar dalam meningkatkan kualitas program
dan bekerja sama menyelaraskan upaya pembangunan

Kegiatan

You are here

 » INSPIRASI BaKTI: Sharing Praktik Cerdas ”Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat”
INSPIRASI BaKTI: Sharing Praktik Cerdas ”Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat”
Oct
02

 

Latar Belakang

Perencanaan yang baik harus berbasis data yang akurat, itulah prioritas dan fokus pembangunan di Indonesia. Dalam Perencanaan Pembangunan kita mengenal dua jenis data yaitu data Makro dan data Mikro. Data Makro dibutuhkan untuk menetapkan target program sedangkan data mikro dipakai untuk intervensi program.

Sehubungan dengan hal tersebut kebutuhan data mikro sangat penting di setiap kabupaten, karena data mikro dapat menunjukan nama, alamat, alasan dan problematika kehidupan warga, sehingga dengan demikian  maka perencanaan dan intervensi program dapat lebih sesuai.

Seiring dengan itu salah satu solusi data pembangunan adalah SIPBM. SIPBM awalnya adalah Sistem Informasi Pendidikan Berbasis Masyarakat, yaitu data pendidikan yang dikumpulkan bersama masyarakat, dalam rangka menjawab program Tuntas Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun.  Namun seiring dengan kebutuhan data yang lebih luas maka SIPBM kini berubah nama menjadi Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat. Perubahan nama ini semata-mata untuk memperluas cakupan data untuk perencanaan pembangunan dalam rangka memonitoring capaian MDGs dan IPM. Perubahan Instrumen ini telah dilakukan workshop dan lokakarya dengan berbagai SKPD terkait, sehingga lahirlahInstrumen SIPembangunanBM. Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (Yayasan BaKTI) Makassar sebagai lembaga yang berfokus pada pertukaran pengetahuan, akan mengadakan Diskusi Inspirasi BaKTI  yang akan sharing mengenai Praktik Cerdas ”Sistem Informasi Pembangunan Berbasis Masyarakat (SIPBM).

Tujuan Kegiatan

Tujuan kegiatan ini adalah:

  • Mempromosikan kegiatan praktik cerdas sistem informasi pembangunan berbasis masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah daerah;
  •  Membuka ruang dialog antar pelaku pembangunan untuk saling berbagi pengalaman serta membangun sinergi dan koordinasi dalam kegiatannya
  •  Mendorong pembelajaran dan replikasi/adopsi atas inisiatif yang telah dilakukan.

 

Peserta

Peserta yang diharapkan hadir dalam acara ini berasal dari Pemerintah Kab/Kota di Sulawesi Selatan, LSM, Mitra Pembangunan Internasional dan CSO lainnya.

Waktu Kegiatan dan Tempat

Hari / Tanggal           :    Senin, 7 Oktober 2013

Waktu                         :    15.00 – 18.00 Wita

Tempat                       :    Gedung BaKTI, Jl. A. Mappanyuki No. 32 (Depan Rumah Sakit Bersalin Restu) Makassar, Sulawesi Selatan.

 klik disini untuk melihat video mengenai Praktik Cerdas SIPBM di youtube