Saling belajar dalam meningkatkan kualitas program
dan bekerja sama menyelaraskan upaya pembangunan

Kegiatan

You are here

 » Kegiatan Penguatan Pengawas Dan Kepala Sekolah Untuk 10 Kabupaten Di Provinsi Papua Dan Papua Barat
Kegiatan Penguatan Pengawas Dan Kepala Sekolah Untuk 10 Kabupaten Di Provinsi Papua Dan Papua Barat
Sep
12

Hasil analisis pada tahapan pelatihan Program LANDASAN II baik pada proses pelatihan Standar Pelayanan Minimal (SPM), Pelatihan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS), proses pendampingan dan Forum Multi Pihak (Pelaksanaan Mei 2017 – Mey 2018), yang telah dilakukan menunjukkan bahwa persoalan yang mendasar  tentang pendidikan, diantaranya:

  1. Tata kelola sekolah yang belum berjalan secara optimal baik dari sisi kuantitatif maupun kualitasnya. Perhitungan SPM sebagai salah satu program utama pemerintah belum menyentuh ke sekolah-sekolah sasaran. MBS belum dijadikan sebagai bahagian integral Dinas Pendidikan untuk meningkatkan kualitas/mutu persekolahan, salah satu konteks yang tidak terpola selama ini adalah satuan pendidikan tidak mengetahui perhitungan dan startegi akreditasi;
  2. Pelibatan masyarakat terutama dalam mendorong Komite Sekolah sebagai salah satu komponen satuan Pendidikan tidak terpola dengan baik. Komite sekolah belum dipandang sebagai suatu kebutuhan tapi hanya dijadikan salah satunya sebagai pelengkap pencairan dana BOS;
  3. Karakter baik sebagai pengawas, kepala sekolah maupun tenaga kependidikan belum sesuai dengan pola pembinaan yang telah disusun baik oleh kementrian Pendidikan maupun karakter local daerah.
  4. Menindaklanjuti hal tersebut, Program Landasan II akan memediasi dalam bentuk memfasilitasi kegiatan lainnya baik di Papua dan Papua Barat. Dasar pendekatan konteks lokal akan mensinkronkan data Dapodik Sekolah Dasar, data Sistem Administrasi dan Informasi Kampung (SAIK), data Sistem Administrasi dan Informasi Distrik (SAID) dan data Kabupaten (OPD terkait). Dengan demikian, terintegrasinya sistim pendataan akan mengarah pada pemenuhan sistim layanan yang lebih baik, akuntabel dan dapat dipercaya. Berdasarkan hal tersebut diatas maka akan dilakukan Penguatan Kapasitas Pengawas dan Kepala Sekolah.

Berdasarkan atas  kondisi tersebut maka Program KOMPAK LANDASAN akan melakukan Penguatan Kapasitas Pengawas dan Kepala Sekolah pada 3 tempat (masing-masing selam 4 hari), yakni:

Hari / Tanggal: Rabu - Sabtu, 12 – 15 September 2018

Tempat : Kabupaten Jayapura, Nabire, Lanny Jaya, Waropen dan Boven Diguel

Kegiatan ini terbatas hanya untuk undangan

Tanggal Kegiatan: 
15 Sep 2018