Memberi masukan signifikan pada agenda pembangunan yang lebih luas

Kegiatan

You are here

 » Pelatihan Pencatatan Kelahiran untuk Anak yang Baru Lahir melalui Sistem Aplikasi Online di Kabupaten Gowa
Pelatihan Pencatatan Kelahiran untuk Anak yang Baru Lahir melalui Sistem Aplikasi Online di Kabupaten Gowa
Apr
12

Keberhasilan cakupan akte kelahiran di Kabupaten Gowa mencapai 90.07% dalam bulan Desember 2017 patut diapresiasi dan dibanggakan. Betapa tidak, perestasi tersebut telah melampaui target RPJMN 2015-2019 yakni 85% pada tahun 2019.

Selanjutnya untuk mencapai 100%  pemerintah Kabupaten Gowa perlu mengembangkan strategi yang lebih inovatif dan kontekstual agar setiap anak yang baru lahir langsung dicatatkan data kelahirannya. Dan salah satu tantangannya adalah menjangkau data kelahiran anak yang baru lahir di rumah sakit, rumah bersalin, dan pusat-pusat kesehatan masyarakat secara cepat berbasis website dan aplikasi mobile.

Sebagai upaya mendukung pemerintah Kabupaten Gowa untuk terus meningkatkan cakupan akte kelahiran, khususnya bagi anak yang baru lahir, maka Unicef melalui kerja sama dengan Yayasan BaKTI melaksanakan Pelatihan Pencatatan Kelahiran untuk Anak yang Baru Lahir melalui Sistem Aplikasi Online di Kabupaten Gowa. Tujuannya,  antara lain, untuk memfasilitasi pengembangan kemitraan antara Dinas Dukcapil dengan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum, Rumah Bersalin, Rumah Sakit Ibu dan Anak, serta Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)

Output yang diharapkan dari kegiatan tersebut antara lain: 1) Staf atau petugas pencatat kelahiran di Rumah Sakit Umum, Rumah Bersalin Ibu dan Anak, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas)  mampu melakukan pencatatan kelahiran  untuk anak yang baru lahir secara online dalam sistem aplikasi pencatatan kelahiran yang disediakan oleh Dukcapil Gowa; serta 2) Ada rumusan rencana kerja pencatatan kelahiran online yang disepakati bersama oleh peserta dalam hal praktik pencatatan kelahiran bagi anak yang baru lahir melalui sistem aplikasi yang disediakan oleh Dukcapil Gowa.

Kegiatan akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal      : Kamis-Jumat, 12-13 April 2018
Lokasi kegiatan    : Makassar
Contact Person:  Hamsah: hsinring@bakti.or.id

 

Tanggal Kegiatan: 
12 Apr 2018