Menjalankan proyek perintis dan mereplikasi
berbagai inisiatif pembangunan yang sesuai dengan daerahnya

Kegiatan

You are here

 » Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor Program Kesejahteraan Sosial Anak Interatif (PKSAI) Kota Makassar Tahap III
Pertemuan Koordinasi Lintas Sektor Program Kesejahteraan Sosial Anak Interatif (PKSAI) Kota Makassar Tahap III
May
28

Pendidikan memegang peranan penting untuk mengakhiri kemiskinan dan mengurangi kesenjangan sosial.  Untuk itu, menyediakan akses pendidikan yang berkualitas untuk semua anak menjadi hal penting. Berdasarkan data hasil penjangkauan Program Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (PKSAI) Kota Makassar, pada Januari 2018, di 18 Kelurahan dari 4 Kecamatan (Tamalate: Balang Baru, Barombong, Maccini Sombala, Mangasa, Pa’baeng-baeng, Parang Tambung. Tallo: Lembo, Tallo, Pannampu, Bunga Ejaya, Kaluku Bodoa.  Panakukkang: Pampang, Karuwisi, Panaikang, Tamamaung. dan Biringkanayya: Paccerakkang, Sudiang, dan Sudiang Raya ), terdapat  57  anak yang usia sekolah tapi belum sekolah dan  323 anak putus sekolah. Faktor penyebabnya antara lain; bekerja, menikah diusia anak, mengalami sakit kronis, disabilitas, kecanduan game online, terlantar, dan terpapar Napza dan pergaulan resiko lainnya.

Faktor penyebab tersebut dapat diminimalisir dengan adanya komitmen dan kesadaran dari berbagai pihak. Peran keluarga, lingkungan, sekolah, dan pemerintah sangat dibutuhkan dalam penanggulangan anak putus sekolah. Kebijaka-kebijakan pemerintah dalam dunia pendidikan diharapkan mampu membantu anak agar tetap bisa melanjutkan pendidikannya.

Dalam upaya membangun komitmen mewujudkan pemenuhan pendidikan bagi anak rentan dan putus sekolah, PKSAI Kota Makkasar melaksanakan  Pertemuan Koordinasi dan Monitoring Lintas Sektor secara berkala. Kegiatan ini oleh Unicef bekerjasama dengan Yayasan BaKTI dan Pemerintah Kota Makassar.  
Tujuan kegiatan: Untuk mendiskusikan strategi dan kebijakan tentang layanan pendidikan bagi anak putus sekolah yang berasal dari keluarga rentan dan anak berkonflik dengan hukum.

Tanggal / Hari Kegiatan: Senin, 28 Mei  2018
Waktu Kegiatan: Pukul 09.00-16.00 WITA
Lokasi Kegiatan: Hotel Swiss Bell In Makassar
Contact Person: Arafah, email: arafah@bakti.or.id

 

 

Tanggal Kegiatan: 
28 May 2018