Memberi masukan signifikan pada agenda pembangunan yang lebih luas

Kegiatan

You are here

 » Pertemuan Penguatan Pengelolaan Data Sanitasi Sekolah dalam Sistem Dapodik Sulsel
Pertemuan Penguatan Pengelolaan Data Sanitasi Sekolah dalam Sistem Dapodik Sulsel
Feb
20
Pertemuan Penguatan Pengelolaan Data Sanitasi  Sekolah dalam Sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Sulsel
 
Deskripsi Kegiatan: 
 
UNICEF melalui kerja sama BaKTI melaksanakan program WASH untuk mendukung pemerintah   mewujudkan kultur PHBS Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di sekolah. Kegiatannya adalah program sanitasi sekolah yang  disebut juga Wash in School atau WinS.  Program sanitasi  sekolah ini merupakan salah satu upaya strategis untuk mencapai  tujuan pembangunan Akses Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) tahun 2019  yakni  mencapai 100 % Akses Universal.
Pada tatanan sekolah terdapat delapan (8)  indikator untuk perilaku hidup bersih dan sehat yaitu: jajan di kantin sekolah, mencuci tangan dengan air bersih yang mengalir dan sabun, menggunakan jamban sehat, mengikuti kegiatan olah raga dan aktivitas fisik di sekolah, memberantas jentik nyamuk, tidak merokok di sekolah, menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan setiap bulan, serta membuang sampah pada tempatnya (Depkes RI, 2007). 
Data sanitasi sekolah sesuai Data Pokok Pendidikan (Dapodik) 2016, sebanyak 35% sekolah tidak memiliki sumber air bersih yang cukup. Sementara, 12% sekolah tidak memiliki toilet. Sebanyak 31% sekolah tidak memiliki toilet yang layak. Pada jenjang sekolah dasar (SD), mengambil data statistik yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pusat Data dan Statistik (Pusdadik) Kemdikbud pada pertengahan 2017 di lapangan ternyata jumlah SD yang memiliki kecukupan terhadap air bersih baru mencapai 84,51 % sisa 15,49% SD bahkan belum memiliki akses air bersih. 
Untuk mendukung peningkatan pengelolaan data sanitasi sekolah melalui   sistem data base Dapodik, Unicef bersama BaKTI  akan melaksanakan Pertemuan Penguatan Data Sanitasi Sekolah dalam Dapodik  bersama dengan tim Pokja AMPL provinsi dan kabupaten. Secara umum tujuan kegiatan tersebut adalah menguatkan sinergitas tim Pokja AMPL Provinsi dan Kabupaten bersama  pelaku pendidikan dalam pengelolaan dan penginputan data sanitasi sekolah ke dalam sistem Dapodik. 
 
Kegiatan akan dilaksanakan pada:
Hari/Tanggal  : Selasa, 20 Februari 2018
Lokasi kegiatan : Makassar
Contact Person:  Hamsah: hsinring@bakti.or.id
Tanggal Kegiatan: 
20 Feb 2018