Menjalankan proyek perintis dan mereplikasi
berbagai inisiatif pembangunan yang sesuai dengan daerahnya

Kegiatan

You are here

 » Workshop Pemanfaatan Dana ZISWAF untuk Pembangunan Air Minum dan Sanitasi, bagi Komisioner Baznas Sulawesi Selatan
Workshop Pemanfaatan Dana ZISWAF untuk Pembangunan Air Minum dan Sanitasi, bagi Komisioner Baznas Sulawesi Selatan
Sep
20

Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas menandatangani nota kesepahaman dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dan Badan Wakaf Indonesia (BWI) tentang sinergi pendayagunaan harta wakaf, zakat, infak, sedekah, dan dana sosial keagamaan lainnya untuk penyediaan layanan air minum dan sanitasi untuk masyarakat. Bentuk kesepahaman tersebut dituangkan dalam fatwa MUI nomor 001/MUNAS-IX/MUI/2015 tentang Pendayagunaan Harta Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf untuk Pembangunan Sarana Air Bersih dan Sanitasi bagi Masyarakat.

Sekaitan dengan tantangan di atas, Unicef melalui Yayasan BaKTI bekerja sama dengan Pemerintah Sulawesi Selatan memberikan dukungan kepada Baznas di tingkat provinsi  dan kabupaten/kota untuk meningkatkan perannya dalam pembangunan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) melalui Pertemuan Lokakarya Pemanfaatan Dana Ziswaf untuk Pembangunan AMPL.

Menindaklanjuti  nota kesepahaman tersebut pemerintah daerah bersama dengan Baznas menginisiasi berbagai kegiatan program air bersih dan sanitasi yang didukung dengan  kebijakannya masing-masing. Bahkan saat ini sejumlah daerah kabupaten/kota telah mengembangkan praktik baik pemanfaatan dana Siswaf. Akan tetapi tantangan utama pemanfaatan dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf (Ziswaf) saat ini adalah minimnya kesepahaman  bagi pengelola Baznas di daerah tentang mekanisme pemanfaatan dana Ziswaf, target pembangunan air minum dan sanitasi (Akses Universal 2019), dan urgensi kebijakan pemerintah daerah yang mengatur dana Ziswaf untuk pembangunan sektor air bersih dan sanitasi.

Tujuan kegiatan ini memberikan dukungan kepada Baznas di tingkat provinsi  dan kabupaten/kota untuk meningkatkan perannya dalam pembangunan Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL).

Hari/Tanggal Kegiatan: Kamis-Jumat/20-21 September 2018

Waktu Kegiatan: 08.30 - selesai

Lokasi Kegiatan: Max One Makassar

Contact Person: Hamsah Sinring, email: hsinring@bakti.or.id                                         

Tanggal Kegiatan: 
20 Sep 2018