Memberi masukan signifikan pada agenda pembangunan yang lebih luas

KIAT Guru

You are here

 » KIAT Guru

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), khususnya Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), bekerja sama dengan Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) meluncurkan program rintisan peningkatan kinerja dan akuntabilitas guru (KIAT Guru).

KIAT Guru bertujuan untuk meningkatkan keberadaan dan kualitas layanan pendidikan di daerah terpencil, dan diharapkan dapat memberikan dampak pada peningkatan hasil belajar murid. Untuk mencapai tujuan tersebut, KIAT Guru merintis dua mekanisme: memberdayakan masyarakat dan mengaitkan pembayaran tunjangan untuk meningkatkan layanan pendidikan.

Pelaksanaan KIAT Guru terdiri dari dua tahap: Tahap Pra-Rintisan dari tahun 2014 sampai 2016 di Ketapang, Keerom dan Kaimana; serta Tahap Rintisan dari tahun 2016 sampai 2017. Tahap Rintisan, akan dilaksanakan di 5 (lima) kabupaten, yaitu: Ketapang, Sintang, Landak, Manggarai Barat dan Manggarai Timur.

Pembelajaran melalui penerapan model rintisan diharapkan dapat dirumuskan kedalam rekomendasi yang dimaksudkan untuk penyempurnaan tatakelola dan kebijakan dalam lingkup Kemendikbud, TNP2K, Kemenkeu, Bappenas, Kemendagri, KemendesPDTT, dan KemenPANRB.

Indonesian