Menjalankan proyek perintis dan mereplikasi
berbagai inisiatif pembangunan yang sesuai dengan daerahnya

Praktik Cerdas Pembangunan

You are here

 » Praktik Cerdas Pembangunan

Praktik cerdas (smart practices) belakangan ini semakin mendapat tempat sebagai model pembangunan sosial yang memberi dampak kuat dalam membangkitkan antusiasme masyarakat untuk menularkan gagasan-gagasan inovatif mereka. Menawarkan solusi cerdas dipandang sebagai langkah efektif yang strategis ketimbang menghadirkan sejumlah teori dan rencana pembangunan yang rumit dan sulit diterapkan. Oleh karena itu BaKTI mengidentifikasi, mendokumentasi dan mempromosikan untuk mendorong replikasi dan adopsi dari keduabelas praktik cerdas yang terpilih di KTI (meliputi 12 provinsi di Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Papua).

Kegiatan yang dilakukan BaKTI dalam promosi Praktik Cerdas adalah:

Promosi melalui Media Massa. Selain dipresentasikan dalam Pertemuan Tahunan Forum Kawasan Timur Indonesia, keduabelas praktik cerdas pembangunan yang terpilih juga dipromosikan ke berbagai media massa nasional maupun lokal. BaKTI akan mengambil peran untuk melakukan promosi keduabelas praktik cerdas ke media massa. BaKTI telah mengadakan media visit ke beberapa lokasi praktik cerdas, antara lain adalah bersama jurnalis KOMPAS. 

Presentasi & Diskusi / Roadshow. Presentasi dan diskusi akan dilakukan di daerah-daerah tertentu yang menunjukkan minat untuk mereplikasi atau mengadopsi praktik cerdas yang terpilih. Kegiatan ini bertujuan agar para pelaku pembangunan yang terkait, terutama mereka yang berminat mengadopsi praktik cerdas terpilih, dapat memperoleh informasi yang lengkap dari narasumber yang tepat.

Kriteria Praktik Cerdas yang digunakan BaKTI adalah:

Inovatif. Merupakan inisiatif yang baru atau bisa juga merupakan hasil replikasi dari daerah lain tetapi telah disesuaikan dengan kondisi setempat.

Partisipatif. Setidaknya melibatkan dua pemangku kepentingan tingkat lokal dan berdasarkan kebutuhan masyarakat.

Berlanjut. Kegiatan telah dilakukan setidaknya dua tahun dan masih berlangsung saat ini disertai rencana untuk dilanjutkan di waktu yang akan datang. Kegiatan juga bisa dapat terus berjalan dengan pendanaan mandiri dari masyarakat.

Akuntabel. Kegiatan bersifat akuntabel dan transparan bagi seluruh pihak, termasuk masyarakat, tanpa terkecuali.

Berpihak pada rakyat miskin dan berkeadilan jender. Kegiatan dapat memberi manfaat kepada masyarakat miskin serta berdampak dan dikerjakan dengan prinsip-prinsip kesetaraan gender.

Dampak nyata. Ada perubahan positif yang nyata terlihat atau dialami oleh masyarakat penerima manfaat.

Buku terbaru Praktik Cerdas: Meracik 5 Formula Praktik Cerdas,

 

Anda juga bisa mengakses praktikcerdas.bakti.or.id untuk informasi terbaru

Indonesian