Menjalankan proyek perintis dan mereplikasi
berbagai inisiatif pembangunan yang sesuai dengan daerahnya

Podcast

You are here

 » Inspirasi BaKTI : Perencanaan Penggunaan Lahan Berkelanjutan – inisiasi Kecamatan Rampi
Inspirasi BaKTI : Perencanaan Penggunaan Lahan Berkelanjutan – inisiasi Kecamatan Rampi
Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Hari / Tanggal : Rabu / 3 Juni 2015 Waktu: 15.00 – 18:00 WITA Tempat: Kantor BaKTI, Jl. H.A.Mappanyukki No 32 (Depan Rumah Sakit Restu Makassar, Sulawesi Selatan)

Selama 2 tahun lebih Pemerintah Kabupaten Luwu Utara bersama dengan Jaringan Kerja Pemetaan Partisipatif (JKPP), Simpul Layanan Pemetaan Partisipatif (SLPP) Tokalekaju  dan Perkumpulan Wallacea  melakukan inisiasi kegiatan Sustainable Land Use Planning (SLUP) atau Perencanaan Penggunaan Lahan Berkelanjutan (PPLB) di Kecamatan Rampi, yang bertujuan untuk mewujudkan penyusunan perencanaan pembangunan yang melibatkan partisipasi masyarakat khususnya dalam isu penataan ruang di Kabupaten Luwu Utara.  

Dari hasil SLUP ini antara lain bermanfaat dalam penyediaan peta wilayah administrasi desa yang berisi penataan perencanaan lahan desa serta batas desa yang disepakati oleh pemerintah setempat. Dari 6 desa yang ada di Kecamatan Rampi, 3 desa yang sudah memiliki berita acara kesepakatan batas administrasi desa. Sementara 3 lainnya masih dalam proses penyelesaian. Selain itu, membantu Pemerintah Kabupaten dalam penyediaan data yang detail baik spasial maupun sosial ekonomi dan budaya yang akan menjadi bahan untuk revisi RTRW Kabupaten dan masukan terhadap penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kecamatan Rampi,  mendukung implementasi Perbub Luwu Utara No.35 Tahun 2014 Tentang Perencanaan Pembangunan Partisipatif. 

Audio Files: 
Undefined