Saling belajar dalam meningkatkan kualitas program
dan bekerja sama menyelaraskan upaya pembangunan

Program Yang Telah Selesai

You are here

 » Program Yang Telah Selesai

Public Expenditure Analysis & Capacity Harmonization (PEACH)

Analisa Pengeluaran Publik dan Peningkatan Kapasitas (PEACH) merupakan suatu metode analisa bagaimana pemerintah mengalokasikan dan mengelola sumber daya keuangan daerah. Tujuan melakukan analisis adalah memberikan rekomendasi bagaimana pemerintah dapat mengelola keuangan publik secara lebih efisien dan efektif di masa yang akan datang.

http://bakti.or.id/public-expenditure-analysis-capacity-harmonization-peach

KNOWLEDGE MANAGEMENT SUPPORT – Australia Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD)

Yayasan BaKTI bertanggung jawab pada komponen Knowledge Management  dari program Australian Indonesia Partnership for Decentralisation (AIPD) Program ini bertujuan untuk memastikan pengetahuan dan pembelajaran dari program dapat dikumpulkan dan dibagikan pada stakeholder yang relevan. Empat produk utama dari komponen ini adalah: Pusat Data Pembangunan Daerah,  Unit Pengelola Koordinasi Mitra Pembangunan, Pembelajaran Pembangunan, dan  Forum berbagi pengetahuan.

http://bakti.or.id/knowledge-management-support-%E2%80%93-australia-indonesia-partnership-decentralisation-aipd

Public Expenditure and Revenue Analysis (PERA)

Kajian Pengeluaran dan Penerimaan Publik (PERA) menyediakan berbagai informasi dan rekomendasi kebijakan yang dapat membantu pemerintah daerah untuk memperbaiki dan meningkatkan potensi penerimaan daerah serta meningkatkan pelayanan  publik kepada masyarakat. Hal ini termasuk efektifitas dan efisiensi dalam pengalokasian anggaran publik sesuai dengan kebutuhan riil masyarakat, efektifitas pengeluaran pemerintah daerah  baik secara aggregate maupun disagregat (sektoral) dan penyusunan perencanaan dan penganggaran secara konsisten, efektifitas penerimaan daerah. 

http://bakti.or.id/public-expenditure-and-revenue-analysis-pera

Barefoot Engineers Training Wave III

Barefoot Engineers Training (Insinyur Tanpa Alas Kaki) memberikan pelatihan bagi lulusan sekolah menengah atas dan kejuruan di Papua dan Papua Barat untuk menjadi kader teknis, sebelum lebih jauh dilatih sebagai Fasilitator Teknis Kabupaten di PNPM Respek/Perdesaan di Provinsi Papua dan Papua Barat.

http://bakti.or.id/barefoot-engineers-training-wave-iii

KINERJA PAPUA

Yayasan BaKTI bertanggung jawab pada pembentukan PMC (Project Management Committee) dan komponen Knowledge Management serta mengorganisir dan memfasilitasi meeting, diskusi, seminar dan pendokumentasian praktik baik program.

http://bakti.or.id/kinerja-papua

EDUCATION AND HEALTH SERVICES IN PAPUA (LANDASAN I)

Proyek ini mendukung penyelenggaraan pelayanan dasar di lini terdepan di Papua dan Papua Barat dengan melakukan intervensi langsung kepada unit-unit pelayanan dasar, serta memfasilitasi intergrasi vertikal dan koordinasi antara  Pemerintah Daerah (Kabupaten dan Kecamatan) dan tingkat desa dalam hal perencanaan dan penganggaran pembangunan.  Proyek ini berfokus pada kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat kampung.

http://bakti.or.id/education-and-health-services-papua-landasan-i

LANDASAN TRANSISI

Proyek ini mendukung penyelenggaraan pelayanan dasar di lini terdepan di Papua dan Papua Barat dengan melakukan intervensi langsung kepada unit-unit pelayanan dasar, serta memfasilitasi intergrasi vertikal dan koordinasi antara  Pemerintah Daerah (Kabupaten dan Kecamatan) dan tingkat desa dalam hal perencanaan dan penganggaran pembangunan. Proyek ini berfokus pada kesehatan, pendidikan, dan pemberdayaan masyarakat kampung.

http://bakti.or.id/landasan-transisi

Service Providers for the Development of the Pilot of the Knowledge Centre

Bappenas bekerjasama dengan Knowledge Sector Initiative (KSI) Australia, beserta Yayasan BaKTI dan United Cities Local Government-Asia Pacific (UCLG-ASPAC) dalam mengembangkan Knowledge Center (KC). KC merupakan repository (penyimpanan) praktik cerdas yang sifatnya terpusat, dinamis dan terintegrasi. Praktik cerdas yang didokumentasikan oleh KC diharapkan dapat membantu pemerintah pusat dan daerah dalam merumuskan kebijakan dan pelaksanaan perencanaan pembangunan yang berbasis pengetahuan.

http://bakti.or.id/service-providers-development-pilot-knowledge-centre

SMSBunda

Jhpiego bersama dengan Kementerian Kesehatan mengembangkan sistem layanan informasi bagi ibu dan keluarga berbasis SMS yang diberi nama SMSbunda. SMSbunda merupakan salah satu media yang efektif bagi ibu dan keluarga untuk mendapatkan informasi seputar kehamilan, tanda bahaya, persiapan persalinan, pengingat jadwal pemeriksaan ibu hamil, nifas, dan imunisasi bayi serta perawatan anak sampai anak mencapai usia 2 tahun melalui SMS.

http://bakti.or.id/smsbunda

Pelaksanaan Kegiatan Berbagi Pengetahuan Program Transformasi GIZ

BaKTI bekerja sama dengan GIZ memfasilitasi beberapa kegiatan pertukaran pengetahuan program TRANSFORMASI di Sulawesi Selatan. Program TRANSFORMASI - Transformasi Administrasi – Penguatan Inovasi bertujuan untuk menumbuhkan administrasi publik yang lebih efektif, efisien, akuntabel dan berorientasi publik (transparan).

http://bakti.or.id/pelaksanaan-kegiatan-berbagi-pengetahuan-program-transformasi-giz

Indonesian