• itaibnu
  • 04 October 2021

Diskusi Online Praktik Cerdas dan Inisiatif Cerdas/Inovasi Pembangunan

Selama periode Juli – September 2021, BaKTI menghadirkan 3 inisiatif cerdas/inovasi di kegiatan diskusi live Instagram Story, yakni:

Bertani Itu Keren

Bertani

Pada diskusi ini hadir sebagai narasumber, Gestianus Sino. Ia adalah seorang petani milenial yang berasal dari desa Penfui, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Diskusi dilaksanakan pada Rabu tanggal 9 Juli 2021 mulai pukul 14:00 sampai dengan 15:00 WITA. Dalam diskusi ini Gesti berbagi inspirasi tentang bagaimana pertanian dijalankan oleh seorang pemuda sarjana pertanian yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah ladang usaha yang menjanjikan dengan menerapkan sistem petanian terintegrasi. Terintegrasi dalam hal ini adalah sistem tanam, perawatan, panen dan pemasaran dikembangkan sebagai sebuah kesatuan dengan konsep organik. Gesti dengan wirausaha pertanian mewujudkan visi dan mimpinya menghasilkan produk pertanian yang sehat bagi masyarakat dengan menerapkan model integrasi yang tertata dari hulu sampai ke hilir.


Dongeng untuk Tumbuh Kembang Anak Indonesia

Dongeng

Diskusi online Live Instagram kedua di periode ini menghadirkan Kak Puguh Herumawan (Pegiat dan Pendiri Yayasan Rumah Dongeng). Setiap tangal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional dan diskusi dirangkaikan dengan peringatan hari anak tersebut. Kak Heru berbagi tentang bagaimana aktivitas dongeng dapat memberi dampak positif terhadap tumbuh kembang anak. Terlebih di saat pandemi dimana menjaga anak-anak dari keterpaparan COVID-19 harus menjadi prioritas. Meskipun demikian, tumbuh kembang anak juga harus menjadi perhatian utama sebab periode tumbuh kembang anak ini tidak dapat terulang. Salah satu medium yang dapat digunakan adalah melalui dongeng. Dongeng dapat menjadi pelepas stres bagi anak di masa pandemi dan mampu membawa imajinasi sebagai kendaraan untuk ‘berpindah dunia’ sejenak. Kegiatan diskusi online live Instagram dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2021.


Batara Gowa Sanggar Pemberdayaan Budaya

Bataragowa

Pada tanggal 27 Agustus 2021, diskusi live Instagram ke tiga mengangkat inovasi di sektor kebudayaan dan seni dengan menghadirkan Andi Muhammad Redo sebagai narasumber. Andi Muhammad Redo adalah pemimpin lembaga seni Batara Gowa. Batara Gowa awalnya merupakan sanggar tari yang kemudian bertransformasi menjadi sanggar pemberdayaan budaya melalui kampung seni Kaluarrang. Kegiatan kampung seni yang berlokasi di Parang Tambung, Makassar di pesisir sungai Jeneberang diantaranya menyediakan ruang pelatihan bagi remaja, mahasiswa dan anak-anak. Selain itu juga membuat kegiatan festival Jeneberang, nonton bareng layar tancap yang melibatkan masyarakat setempat. Hadir sebagai host yang memandu diskusi ini adalah Luna Vidya.

Rekaman masing-masing diskusi dapat ditonton kembali di IGTV @infoBaKTI pada link berikut: https://www.instagram.com/infobakti/channel/