• itaibnu
  • 14 July 2022

Diskusi Online Praktik dan Inisiatif Cerdas dan Inovasi Pembangunan

Klik Baik, Menaklukkan Tantangan dengan Inovasi
Beberapa waktu belakangan ini akrab kita dengar kata inovasi di kalangan pemerintah khususnya terkait inovasi pelayanan pubik. Pemerintah sendiri melalaui Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara telah mengeluarkan kebijakan mendorong percepatan peningkatan kualitas pelayanan publik, dengan mengharuskan setiap Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah menciptakan minimal 1 inovasi utama setiap tahun yang dikenal dengan gerakan One Agency, One Innovation.
Inovasi sendiri dimaknai sebagai terobosan jenis pelayanan berupa gagasan/ide kreatif orisinal dan/atau adaptasi/modifikasi yang memberikan manfaat langsung atau tidak langsung bagi masyarakat.
 

1



Di kabupaten Bantaeng sendiri kebijakan one agency one innovation dinaikkan targetnya menjadi one agency three innovation. Tidak heran kalau bantaeng menjadi salah satu kabupaten dengan jumlah inovasi yang signifikan yang salah satunya diukur dengan peningkatan kualitas layanan public dan banyaknya inovasi yang dikirimkan untuk mengikuti kompetisi baik tingkat provinsi maupun nasional.
 
Diskusi kali ini menghadirkan Klinik Inovasi Kesehatan atau disingkat KLIK Baik. Sebuah terobosan baru untuk terus membangun budaya inovasi di kalangan birokrasi khususnya dalam naungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan. Dikusi dilaksanakan pada Jumat 22 April 2022 dengan menghadirkan Rahman Ramlan salah satu Founder Klik Baik yang diikuti sekitar 30 peserta.  

Lidi Melintas Negeri

1

Sadariah, mahasiswa berusia 22 tahun asal Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat berhasil melakukan ekspor 25 ton sapu lidi ke India. Sadariah merupakan mahasiswa semester 6 jurusan Manajemen di salah satu kampus swasta di Surabaya. Sadariah anak sulung dari tiga bersaudara pasangan Warda dan Sallah. Sedari kecil, Sadariah tinggal bersama keluarganya di Desa Sambali Wali, Kecamatan Luyo, lantaran kedua orang tua merantau di Malaysia.

Sadariah memproduksi sapu lidi karena keinginannya untuk tetap produktif saat SFH (Study From Home) akibat Covid-19 diberlakukan. Sebelumnya, Sadariah sempat membuka sebuah bisnis online shop namun karena merasa tidak puas, Sadariah beralih pada bisnis minuman, karena tidak puas akhirnya Sadariah berhenti dari bisnis minuman tersebut. Usaha yang tidak memuaskan tersebut tidak menghentikan Sadariah berkiprah dalam dunia bisnis. Perusahaan Sadariah yang dibangun bernama CV Coco Mandar.

Diskusi online live Instagram dilaksanakan pada hari Jumat 3 Juni 2022. Diskusi berlangsung selama 1 jam mulai pukul 14:00 dan berakhir pukul 15:00 WITA. Diskusi disaksikan oleh kurang lebih 42 peserta dengan total akun yang dijangkau sebanyak 156 akun.

Pemuda Mendobrak Tabu

1

Untuk anak perempuan, persediaan dan fasilitas air, sanitasi dan kebersihan (Sanitasi Sekolah) yang layak merupakan prasyarat penting untuk memastikan partisipasi mereka yang aman dan sehat di sekolah. Tetapi penelitian UNICEF pada tahun 2015 menunjukkan bahwa satu dari enam anak perempuan di Indonesia membolos sekolah saat menstruasi, seringkali karena kurangnya pembalut dan toilet yang terpisah berdasarkan jenis kelamin, sehingga mereka tidak dapat mengelola menstruasi dengan nyaman. 

Di Papua, banyak wilayah di timur Indonesia budaya patriarki masih sangat kuat dipegang oleh masyarakat sehingga membuat menstruasi menjadi topik pembicaraan yang tabu, utamanya di kalangan laki-laki. 

Demianus atau yang kerap disapa Demi merupakan salah satu staf Yayasan Noken Papua, sebuah organisasi non-pemerintah lokal yang berfokus pada pembangunan kesehatan dan pendidikan di Papua. Ia mendobrak tabu dengan mengedukasi masyarakat, siswa dan guru cara membuat pembalut kain untuk membantu mengarusutamakan kesehatan dan kebersihan menstruasi di sekolah.

Diskusi online live Instagram dilaksanakan pada hari Jumat 24 Juni 2022 yang dimulai pukul 14:00 sampai dengan 15:00 WITA.  Diskusi disaksikan oleh kurang lebih 30 peserta dengan total akun yang dijangkau sebanyak 78 akun. 
 
Rekaman masing-masing diskusi dapat anda tonton kembali di IG TV @infoBaKTI pada link berikut: https://www.instagram.com/infobakti/channel
Jika anda sedang menjalankan atau mempunyai informasi terkait inisiatif cerdas ataupun inovasi yang ingin anda bagi ke Sahabat BaKTI melalui media kami, sila hubungi email: info@bakti.or.id