INSPIRASI Alumni Hui 2021

Sejumlah aktivitas dari Program INSPIRASI telah terlaksana dengan sukses selama periode Oktober hingga Desember 2021. Berikut ini highlightsnya.

Presentasi Proposal Action Project IYLP 2021

1

Para pemimpin muda INSPIRASI 2021 berupaya untuk mempersiapkan proposal Proyek Aksi mereka selama mengikuti Sustainable Development Course Part-1. Sebelum Proyek Aksi tersebut diimplementasikan pada tahun 2022, mereka telah  mempresentasikannya di depan Tim Panel yang terdiri dari UnionAID Trustee (Pat Webster dan Nanette Cormack), NZ Embassy Jakarta (Mike Ingriani) dan BaKTI pada tanggal 10-11 November 2021 lalu.
Tujuan utama dari panel ini adalah untuk memberikan masukan/feedback kepada setiap Proyek Aksi peserta INSPIRASI 2021 dan merekomendasikan agar Proyek Aksi tersebut mendapat persetujuan jika memenuhi kriteria termasuk pendanaan. Dalam kegiatan ini, setiap peserta mempresentasikan Proyek Aksinya dan Tim Panel mengajukan pertanyaan dan memberikan umpan balik konstruktif yang memungkinkan para peserta untuk mengatasi/mengantisipasi tantangan ke depan ketika mereka melaksanakan Proyek Aksi masing-masing.  


INSPIRASI Alumni Hui 2021
Sebagai mitra pelaksana program INSPIRASI (Indonesian Young Leaders Programme) di Indonesia yang dikelola oleh UnionAID dengan dukungan dana dari New Zealand Ministry of Foreign Affairs and Trade (MFAT), BaKTI mendapat mandat untuk melaksanakan kegiatan pertemuan alumni tahunan di Indonesia bagi semua peserta program INSPIRASI.  Kegiatan pertemuan alumni INSPIRASI atau dikenal dengan nama Alumni Hui telah dilaksanakan pada tanggal 30 November – 1 Desember 2021 di Hotel Melia Makassar secara hybrid (tatap muka dan online) dan diikuti oleh 4 orang alumni 2018, 8 orang alumni 2019, 10 orang peserta INSPIRASI 2021, para narasumber dan tim BaKTI.
Pertemuan alumni INSPIRASI yang digelar setiap tahun bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan menambah wawasan para alumni mengenai beberapa isu/topik dan juga membangun jaringan dan komunikasi antara sesama alumni INSPIRASI.

1

Acara diawali dengan pembukaan oleh Luna Vidya sebagai Fasilitator dan sambutan dari Direktur Eksekutif BaKTI, M. Yusran Laitupa serta Caroline Novak, Program Manager INSPIRASI secara live via Zoom. Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini yakni Sri Indiyastutik, Fundraising Director Yappika ActionAID Jakarta yang membawakan materi presentasi mengenai Keberlanjutan NGO secara live via zoom. Narasumber lain adalah Dr.Ishak Salim, Pendiri dan Pembina Perdik Sulawesi Selatan yang membawakan topik mengenai Perilaku, Interaksi dan Komunikasi dengan Penyandang Difabel.

1

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini juga menjadi ajang bagi para alumni tahun 2018 dan 2019 untuk mempresentasikan refleksi dan pembelajaran mereka dalam mengimplementasikan Proyek Aksi masing-masing.  Lewat sesi ini, banyak masukan yang bermanfaat khususnya bagi peserta INSPIRASI 2021 yang akan memulai Proyek Aksi mereka tahun depan.

1

Tidak ketinggalan Peserta INSPIRASI 2021 yang baru saja menyelesaikan Sustainable Development Course Part 1 di Indonesia turut memaparkan Proposal Proyek Aksi masing-masing.  Pada kegiatan ini juga ada pameran Poster dari para alumni yang hadir dan penyerahan Sertifikat Kelulusan SDC Part-1 bagi peserta INSPIRASI tahun 2021.  Selain itu, dua orang alumni INSPIRASI yakni Tirsana Kailola dan Zulkhaidir Purwanto ikut mempresentasikan konsep mengenai Alumni Network yang sudah dikembangkan oleh UnionAID bersama dengan alumni dari Indonesia, Myanmar dan Mindanao.

1

Kegiatan Alumni Hui diakhiri dengan kunjungan lapangan ke salah satu LSM Lokal SRP Payo-Payo di Maros untuk saling belajar dan berbagi pengalaman mengenai pengorganisasian masyarakat dan Participatory Mapping dengan metode GIS dan ditutup dengan kunjungan ke tempat wisata Bantimurung yang lokasinya tidak jauh dari situ.