• itaibnu
  • 03 October 2022

Kabar Baik dari Praktik Cerdas BaKTI - Forum KTI

Kabar baik dari praktik cerdas BaKTI - Forum KTI selama periode Juli - September 2022 sebagai berikut: 

GEN OIL, Mengolah Minyak Jelantah menjadi Biodiesel di Sulawesi Selatan

Dalam rangka Presidensi G20 Indonesia, dilaksanakan Pertemuan Energy Transitions Working Group (ETWG) yang ke-3. Dukungan pemuda Indonesia untuk transisi energi kembali digaungkan dalam forum yang telah mendorong kesepakatan beberapa hal terkait akses, teknologi dan pendanaan transisi energi ke depan ini. 

Forum ini dilaksanakan pada tanggal 1 September 2022 di Bali. CEO Gen Oil Andi Hilmy Mutawakkil hadir pula pada perhelatan internasional ini sebagai salah satu speaker yang sharing terkait energi terbarukan dan konservasi energi Indonesia khususnya topik waste to energy. Tampil panel bersama Hilmy diantaranya adalah Ovy Sabrina dari Rebricks Indonesia, Rilon P Uneputty Pemenang Etic dan Bagus Ramadhani dari Medco Power.

1

GEN Oil bekerja sama dengan pabrik mie brand local Makassar yakni Megah Mie mendirikan pabrik pengolahan minyak jelantah. Minyak jelantah dari sisa penggorengan mie dioleh menjadi bodiesel dengan kapasitas awal 3000 kg per bulan. Mesin pertama ini selain untuk tujuan produksi juga sebagai percontohan yang ingin ditunjukkan Gen Oil kepada pelaku industri-industri sejenis agar tertarik dan mengembangkan pengolahan limbah jelantahnya juga.

Saat ini GEN OIL sedang melaksanakan Kerjasama dengan Pemerintah Kota melalui dinas Lingkungan Hidup – Bank Sampah. Kerjasama terkait perluasan bank minyak jelantah dari limbah jelantah yang diproduksi tiap harinya di rumah-rumah warga di kota Makassar. Minyak jelantah yang tekumpul dalam bank tersebut kemudian dengan dampingan Gen Oil diolah menjadi biodiesel dengan tekhnologi yang sebelumnya telah dikembangkan.

Contoh desain pabrik biodiesel yang dikembangkan GEN Oil
Contoh desain pabrik biodiesel yang dikembangkan GEN Oil


Bank Waktu, Adonara NTT

1

Kamilus Tupen ketua koperasi Tani Lewolerang menjadi salah satu pembicara pada event 2 mingguan bertajuk Bincang-Bincang Wisma Hijau. Koperasi Tani Lewowerang atau KTL adalah salah satu praktik cerdas yang didokumentasikan BaKTI dimana petani anggota koperasi tidak hanya bisa menabung dengan uang tapi dapat menabung dengan waktu kerja yang diperhitungkan dari durasi kerja di ladang anggota lainnya.

Kegiatan diskusi berlangsung secara online via Zoom dan disiarkan langsung melalui kanal Yotube pada tanggal 22 September 2022 mulai pukul 14:00 sd 16:00 WIB. Kegiatan ini bertujuan untuk sharing pengetahuan dengan tema Petani, UKM dan Digitalisasi.

Pertanian Alami Salassae, Bulukumba Sulawesi Selatan
Sebanyak 130 mahasiswa/i tingkat I Program Studi Penyuluhan Pertanian berkelanjutan Polbantan Gowa Kementerian Pertanian tahun Akademik 2022-2023 melakukan kunjungan praktik lapangan di Komunitas Swabina Pedesaan Salassae (KSPS). Dalam kegiatan ini mahasiswa/i didampingi Dosen dan Pranata laboratorium. Sebanyak 30 orang mahasiswa turut dalam kunjungan ini, hadir pula kepala BPP dan penyuluh pertanian Kecamatan Bulukumpa Kabupaten Bulukumba. Kegiatan berlangsung pada Jum'at 19 Agustus 2022 di Balai KSPS.

1

Pada tanggal 23 - 24 Agustus 2022 bertempat di balai KSPS Desa Salassae diadakan Focus Group Discussion (FGD). FGD ini difasilitasi oleh Farmer’s Organization of Asia (FOA). Adapun tema FGD adalah terkait penguatan sistem modal internal. Hadir dalam kegiatan ini adalah perwakilan dari FOA dan tentunya anggota dan pengurus KSPS dan petani alami Salassae lainnya.

11

Pada tanggal 16 - 17 September 2022, KSPS dikunjungi petani dari Desa Goarie Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Kunjungan ini bertajuk Study Tiru Tanaman Padi Organik. Peserta Study Tiru diterima oleh Bapak Armin Salassa dan pengurus KSPS di balai pendidikan KSPS di Desa Salassae. 

11

Peringatan Hari Tani diselenggarakan oleh KSPS kerjasama Pemerintah Desa Salassae. Peringatan Hari Tani Nasional 24 September 2022 dipusatkan di lapangan Sepakbola Desa Salassae Kec. Bulukumpa Kab. Bulukumba. Acara dimeriahkan dengan berbagai kegiatan, seperti pameran produk UMKM, Kerajinan Tangan, tanaman hias, usaha lainnya di sektor pertanian.
Acara dihadiri peserta dari berbagai kota dan kabupaten seperti dari Makassar, Bantaeng, Jeneponto, bahkan dari luar provinsi seperti Sulawesi Tengah. Peserta kurang lebih berjumlah 1200 orang. Kegiatan ini bertujuan untuk:

  1. Memperingati Hari Tani 2022 dimana event ini menjadi media pertukaran pengetahuan Pertanian Alami untuk petani-petani.
  2. Menggalang aksi bersama agar semua pihak terlibat dalam membangun sistem pangan berkelanjutan
  3. Agar semua pihak aktif memperkuat organisasi kelompok tani dalam aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim
1

Pada tanggal 26 September 2022, KSPS menerima kunjungan dari Bank Indonesia Sulawesi Selatan. Bank Indonesia (BI) adalah salah satu mitra KSPS dalam melaksanakan kerja-kerja pertanian alami. Kali ini kunjungan BI terkait program Rewako Petani Pintar dimana BI membuka peluang bagi petani PINTAR (Produktif, Inovatif, Tangguh, Adaptif dan Rill) bergabung untuk memperoleh pelatihan terkait bagaimana menjadi petani yang berjiwa bisnis atau agropreneur. KSPS diharapkan dapat terlibat dalam pendampingan bagi pemuda yang lolos seleksi dan pasca pelatihan oleh BI.

1