• adminbakti
  • 10 January 2023

Kabar Baik dari Praktik Cerdas BaKTI - Forum KTI

Pertanian Alami Salassae, Bulukumba Sulawesi Selatan
 

1

Pada tanggal 2 Desember 2022 Petani Salassae menerima kunjungan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) BPP Barombong Kota Makassar. Kunjungan ke Komunitas Salassae yang bertajuk Studi Tiru ini dalam rangka berbagi pengalaman dan pandangan tentang bagaimana pertanian di kota dan pelosok dapat dikembangkan. 

2

Direktorat Jenderal pengendalian perubahan iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai rangkaian kegiatan G20 menggelar Festival Iklim 2022 dengan tema Tingkatkan Aksi Iklim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat. Salah satu bentuk kegiatan Festival Iklim yang dilaksanakan adalah berupa webinar yang dilaksanakan oleh Balai PPI wilayah Sulawesi Selatan. 
Adapun tema webinar ini adalah Workshop Ngopi Sulawesi Sesi 5: Tekhnologi Hijau dalam Pengendalian Perubahan Iklim. Kegiatan dilaksanakan secara online pada tanggal 25 Oktober 2022, dimana Salassae sebagai salah satu desa dengan predikat Proklim diwakili oleh Bapak Armin Salassae sebagai salah satu narasumbernya. Panel dalam diskusi ini bersama Bapak Armin Salassa adalah Niko B Priyambada (PT. Upc Sidrap Bayu Energi) dan Anis Kurniawan dari Klikhijau.com

1

Pada tanggal 31 Oktober 2022, bertempat di balai pertemuan KSPS dilaksanakan kegiatan Focus Group Discussion dengan topik Riset Aksi Partisipatory untuk Ketahanan Iklim. Kegiatan ini dilaksanakan Komunitas Swabina Pedesaan Salassae bersama Yayasan Bina Desa.
 

1

Senin 10 Oktober 2022, Wahid Salassae bersama Armin Salassa mewakili KSPS berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait pertanian alami di Madrasah Ibtidaiyah MIS YPPI Bulukumba. MIS YPPI merintis jalan kepeloporan sebagai lembaga pendidikan yang Terdidik dan Mendidik Sadar Perubahan Iklim. Adapun tema kegiatan ini adala Lokalatih Natural Farming Pertanian Alami menuju Madrasah Hijau. Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan MOU dengan Komunitas Swabina Petani Salassae.


Bank Waktu, Adonara NTT
Bapak Kamilus Tupen melalui Keputusan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 105 Tahun 2022 ditetapkan sebagai salah satu penerima penghargaan Ikon Pancasila 2022 bersama 44 tokoh-tokoh inspiratif lainnya dari seluruh Indonesia. Bapak Kamilus Tupen ditetapkan sebagai salah satu ikon dari kategori kewirausahaan social. Ikon Pancasila merupakan simbol bagi sosok, baik individu atau komunitas, yang layak menjadi teladan bagi masyarakat dalam mengamalkan nilai Pancasila.

1

Penghargaan ini diberikan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau disingkat BPIP. BPIP adalah lembaga yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden yang memiliki tugas membantu Presiden dalam merumuskan arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila. BPIP merupakan revitalisasi dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKPIP). Malam penganugerahan penghargaan dilaksanakan di Gedung Concert Hall Taman Budaya Kota Yogyakarta pada tanggal 3 Desember 2022.


Geng Motor Imut, NTT

1

Koalisi Komunitas Orang Muda untuk Perubahan Iklim (KOPI) dan Geng Motor Imut bekerjasama menggelar kegiatan Road To Campus pada tanggal 29 Oktober 2022. Kampus yang menjadi tempat kegiatan adalah FPKP Universitas Nusa Cendana. Dalam kegiatan ini Komunitas Kopi dan Geng Motor Imut berbagi informasi mengenai bagaimana pemuda dapat mengambil peran dalam upaya mencegah krisis iklim.


KB Pria di Sulawesi Utara

1

Kelompok KB Pria di Desa Arakan, Sulawesi Utara giat berkegiatan dalam bingkai Posyandu dimana petugasnya adalah peserta KB Pria. Dalam Posyandu ini kegiatan bapak-bapak berupa penimbangan balita, pemberian makanan tambahan, Penyuluhan KB Pria, dan penyuluhan penanggulangan stunting. Kelompok KB Pria diberi nama kelompok ANUKE SIMEMON Arakan. Kegiatan rutin dilaksanakan setiap bulan, seperti bulan lalu yang diadakan pada hari Sabtu, 12 November 2022 di Balai Pertemuan Masyarakat. 


Ambulance Motor, Flores Timur NTT

1

Praktik Cerdas Ambulance Motor mendapat apresiasi sebagai inovasi daerah di penghujung tahun 2022 yang diserahkan langsung oleh Pejabat Bupati Flores Timur Drs. Alexander Rihi kepada bapak Mansetus Balawala. Apreasiasi ini merupakan penghargaan ke 8 kalinya yang diterima Ambulance Motor sebagai program inovatif di bidang kesehatan. Penghargaan diberikan pada apel memperingati HUT NTT, HUT Kabupaten Flores Timur, Hari Ibu dan Hari Kesetiakawanan Nasional, kamis tanggal 22 Desember 2022 di halaman kantor Bupati Flores Timur.