• itaibnu
  • 13 October 2020

Kabar Baik dari Praktik Cerdas: Dari PANADA hingga Desa Siaga Bencana di Sembalun

Periode Juli - September 2020 dimana pandemi COVID 19 masih melanda seluruh bagian di Indonesia termasuk di wilayah-wilayah dimana praktik cerdas berada. Berbagai penyesuaian dan adaptasi dilakukan para praktisi guna tetap eksis berkegiatan. Berikut beberapa informasi update dari praktik cerdas tersebut: 
 

Portal Analisis Data Berbasis Peta (PANADA) di Kota Manado, Sulawesi Utara

Kepala BAPPELITBANGDA Kota Manado sekaligus kepala BigData, Ibu Linny Tambajong memberikan pelatihan terkait materi GIS (Geography Information Sistem) pada kegiatan yang dilaksanakan oleh program KOTAKU yang berjudul Belajar dari BigData Kota Manado. Tujuan kegiatan kolaborasi ini adalah mewujudkan "Satu data, satu peta dan satu perencanaan". Saat ini website KOTAKU Manado sudah terintegrasi dengan website Panada Lini.

Update lainnya adalah pemanfaatan data Geospasial sudah dipakai dalam beberapa sektor, antara lain Penelitian, Perencanaan dan Pembangunan Kota, Transportasi, Usaha dan Penanaman Modal, Pertanian, Kehutanan dan lain sebagainya. Jika Anda membutuhkan data-data geospasial Kota Manado, maka Anda dapat mengunduhnya secara gratis di website Simpul Jaringan Kota Manado yang juga terhubung dengan Simpul Jaringan Geospasial. Silahkan mengunjungi http://geoportal.manadokota.go.id

Terobosan baru berikutnya, BigData Kota Manado menyediakan sebuah aplikasi yang diberi nama SIPANSER yaitu Sistem Pemantauan Sebaran COVID-19 di Kota Manado. Sistem pemantauan sebaran COVID-19 merupakan sebuah inovasi yang dibuat dalam bentuk digital/elektronik sebagai media pendukung pelaksanaan kerja dari gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Kota Manado untuk menyampaikan data dan informasi kepada publik tentang titik-titik sebaran orang-orang/pasien yang terindikasi dan terjangkit COVID-19 di Kota Manado. Sistem yang dapat diakses melalui link https://covid19.manadokota.go.id/ ini, merupakan kolaborasi dari beberapa perangkat daerah terkait, antara lain Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, dibawah koordinasi Wakil Walikota dan Bappelitbangda Kota Manado. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur HeatMap yang membantu memperlihatkan kepada masyarakat titik-titik mana yang menunjukkan penumpukan penderita yang terpapar secara positif maupun yang terindikasi positif, pasien dalam pengawasan dan orang dalam pengawasan. 
 

Bank Ikan di Tomia, Sulawesi Tenggara

Pada bulan Juli 2020 Komunto (Komunitas Nelayan Tomia) melakukan kegiatan pendampingan dan penguatan kepada tetua adat Tomia secara kelembagaan. Hal ini dilakukan mengingat bahwa tetua adat punya pengaruh dan peran yang signifikan dalam kehidupan masyarakat Tomia. Pendampingan dan penguatan yang dilakukan utamanya terkait dengan konservasi dan pelestarian sumberdaya alam Tomia. Bapak Abas, Ketua Komunto dan juga praktisi praktik cerdas ini berbagi kisah bagaimana ia dan komunitasnya menjaga laut Tomia pada ruang diskusi virtual IG Live @infobakti. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 1 Juli lalu.
 

Sekolah Kampung di Papua

Praktik cerdas Sekolah Kampung yang berbasis kontekstual sesuai dengan nilai dan kearifan lokal Papua direplikasi di Kabupaten Teluk Bintuni Provinsi Papua Barat. Hal ini sebagai upaya melakukan pengembangan pendekatan sekolah kampung. Replikasi dilakukan  sejak tahun 2019 dengan inovasi pengintegrasian model pembelajaran lokal dengan pendekatan sekolah kampung ke dalam proses belajar-mengajar pendidikan formal sekolah dasar yang difasilitasi melalui program CSR LNG Tangguh. 

Kegiatan inovasi pemodelan pembelajaran lokal dalam pendidikan formal melalui pendekatan sekolah kampung dilakukan di SD INPRES Kampung Tomu, Distrik Tomu, Kabupaten Teluk Bintuni, Provinsi Papua Barat.

Sekolah Kampung dalam masa New Normal
Saat ini proses belajar tidak optimal bahkan tidak ada karena pandemi Covid-19. Kehadiran pemodelan pembelajaran lokal pada sekolah formal melalui pendekatan sekolah kampung menjadi pilihan alternatif mengatasi kendala pembelajaran jarak jauh dengan sistim daring dan luring, ataupun secara manual menggunakan modul belajar mandiri. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran yang menggunakan potensi dan sumberdaya lokal (permainan dan media belajar lokal) yang sudah tersedia dan familiar dengan kehidupan masyarakat sehari-hari, sehingga bisa dan biasa dilakukan semua orang (orang tua dan anak-anak). 

Berbagai jenis permainan lokal yang diperagakan anak-anak dilakukan bersama atau sambil membantu kerja orangtua di rumah atau di kebun sebagai pengalaman, akan diceritakan kembali ketika anak-anak bertemu guru atau saat masuk sekolah, baik dilakukan secara lisan maupun tulisan. Berdasarkan cerita tersebut, menuntut peran lebih dari guru untuk menyimak dan menyimpulkan, sehingga dapat menentukan tema yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Hal ini tentu akan semakin membangun rasa percaya diri anak dan memudahkan dalam penilaian.

Pada September lalu, Bapak John Rahail, praktisi praktik cerdas ini berbagi kisah tentang Sekolah Kampung di ruang diskusi virtual IG LIVE BaKTI dengan tema Solusi Layanan Pendidikan di Tanah Papua. Diskusi dipandu oleh host dari BaKTI yang dimulai pukul 14:00-15:00 WITA.
 

Ambulans Motor di Adonara, Flores Timur, NTT

Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) memberikan apresiasi Kepada Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) dengan menetapkan Program Ambulans Motor sebagai salah satu dari 75 ikon Prestasi Pancasila tahun 2020. Lima kriteria yang dipenuhi oleh Program Ambulans Motor sehingga memperoleh penghargaan ini adalah warga negara Indonesia; memiliki rekam jejak positif, berprestasi dan inspiratif; prestasinya diakui masyarakat dalam negeri dan internasional; tindakan dan karyanya memberikan dampak positif ke masyarakat; serta memberikan inspirasi ke lingkungan sekitar. Pembacaan penghargaan diumumkan secara live di TVRI pada tanggal 29 Agustus 2020.

Pada Juli lalu, Tim Ambulans Motor YKS melaksanakan kegiatan Medical Tourism ke Desa Kawela. Sebuah desa di pedalaman Adonara. Lebih tepatnya di Kecamatan Wotan Ulumado. Desa ini terletak di ketinggian dengan jarak 8 kilometer dari garis pantai. 

YKS
Foto: YKS Touring Kesehatan

Medical Tourism adalah perjalanan yang dilakukan tim Ambulans Motor untuk memberikan edukasi dan membawa pesan kesehatan untuk semua serta menyampaikan logistik kesehatan kepada masyarakat pedesaan sambil menikmati keindahan panorama alam.
Desa Kawela belum menerima sentuhan pembangunan yang maksimal dengan jalan yang jelek dan ketiadaan jaringan seluler. Transportasi publik pun terbatas. Minimnya transportasi publik ini membuat warga sulit mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan yang memadai. Di wilayah ini ada bidan desa, namun bila membutuhkan layanan kesehatan dengan fasilitas yang lebih, tentu harus menempuh 8 kilometer perjalanan untuk ke Puskesmas terdekat. 
Kunjungan Tim Ambulans Motor ke desa ini dalam rangka melasanakan kegiatan bersama Pos Binaan Terpadu dengan sasaran mencapai 117 orang. Dari jumlah itu, mayoritas mereka mengalami hipertensi dengan jumlah kasus 29 orang, disusul kasus asam urat 15 orang, kolesterol 10 orang dan 7 orang gula darah. Sementara jumlah kasus stunting di wilayah puskesmas Baniona mencapai 53 orang dimana Desa Kawela menyumbang 10 kasus.
 

Bank Waktu di Adonara, Flores Timur, NTT

Karena kesadaran akan pentingnya keterampilan teknis produksi dan keahlian kejuruan bagi petani desa Lewowerang, maka telah diusulkan untuk tahun anggaran 2021 berupa pembentukan Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas. BLK Komunitas adalah unit pelatihan vokasi pada suatu komunitas Federasi Serikat Pekerja/Serikat Buruh yang memiliki tugas dan fungsi untuk memberikan bekal keterampilan teknis berproduksi atau keahlian kejuruan sesuai kebutuhan pasar kerja. Bantuan pemerintah untuk pembangunan 1 (satu) gedung workshop Balai Latihan Kerja Komunitas yang dilaksanakan oleh penerima bantuan. Bantuan peralatan pelatihan vokasi adalah bantuan pemerintah dalam bentuk barang berupa paket peralatan kejuruan pelatihan yang dilaksanakan oleh Direktorat Bina Kelembagaan Pelatihan melalui pihak ke III berdasarkan usulan pemohon sesuai dengan petunjuk teknis. 

Tujuan kerjasama ini (Pemerintah RI dan Serikat Buruh) memberikan bekal keterampilan teknis produksi atau keahlian vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja bagi komunitas dan masyarakat sekitarnya dalam bekerja atau berwirausaha.

Inovasi Kelompok tani Lewowerang berupa mall ladang jagung menuai kekaguman dan menginspirasi banyak petani dari daerah lain untuk mereplikasinya. Salah satunya adalah sebuah kawasan perkebunan seluas 15 hektar di daerah pantai Semara , Flores Timur yang juga akan dibuat menjadi mall ladang jagung dan berbagai jenis tanaman lainnya. Bapak Kamilus Tupen sebagai praktisi inovasi mall ladang jagung telah mengunjungi dan berdiskusi dengan kelompok tani setempat pada tanggal 24 September 2020 terkait persiapannya.
 

Desa Siaga Bencana - Desa Sembalun di Nusa Tenggara Barat
Tim Siaga Bencana Desa (TSBD) yang terdapat di Desa Sembalun Bumbung dan Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun bekerjasama dengan Konsorsium untuk Studi dan Pengembangan Partisipasi (KONSEPSI)  dan OXFAM melalui program Indonesian Climate Disaster & Resilient Communities (ICDRC) melakukan respon terhadap kejadian pandemi COVID-19 ini khususnya di kawasan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur. 
 
TSBD Sembalun menerima APD/Hazmat digunakan sebagai alat pelindung diri dalam kegiatan penyemprotan disinfektan yang secara berkala setiap 2 kali dalam seminggu ke seluruh wilayah dusun yang ada di desa. Jumlah APD/Hazmat yang diberikan kepada 2 komunitas tersebut adalah 40 APD, yang dapat dicuci ulang sehingga pemakaian dapat dilakukan berkali-kali, terutama penggunaannya dalam rangka respon penanggulangan  COVID-19 di level desa.  

Foto: Konsepsi (Serah terima logistik kegiatan respon covid oleh TSBD Sembalun)
Foto: Konsepsi (Serah terima logistik kegiatan respon covid oleh TSBD Sembalun)

Tim Siaga Bencana Desa di Desa Sembalun Lawang dan Sembalun sejauh ini  terlibat di level desa sebagai bentuk respon masyarakat dalam mencegah dan menanggulangi penyebaran COVID-19 di kawasan ini dan tergabung sebagai bagian Satgas COVID-19. Tim TSBD bergerak secara kolektif bersama komponen lainnya untuk melakukan kontrol di jalur keluar masuk Kecamatan Sembalun, melakukan sosialisasi terkait standar keselamatan diri kepada masyarakat, penyemprotan disinfektan keliling di setiap dusun.