• itaibnu
  • 14 July 2022

Kabar Baik dari Praktik Cerdas Periode Maret-Juni 2022

Berbagai update praktik cerdas yang telah ditampilkan pada perhelatan Maret hingga Juni 2022 sebagai berikut: 

GEN Oil, Mengolah Minyak Jelantah menjadi Biodiesel di Sulawesi Selatan
GEN Oil bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan meluncurkan pabrik pengolahan minyak jelantah pada tanggal 27 April 2022. Peluncuran dihadiri oleh Wakil Bupati Pangkep, Syahban Sabanna.

Biodiesel bahan bakar nabati jenis solar merupakan hasil konversi dari minyak jelantah atau minyak goreng bekas. Biodisel ini dapat digunakan langsung untuk kendaraan bermesin diesel.  Mesin yang diluncurkan ini mampu memproduksi 1000 liter perhari. Rencananya akan melibatkan 5000 rumah tangga sebagai penyuplai minyak jelantah. Minyak goreng bekas diperoleh dari rumah tangga dan restoran dengan melibatkan agen-agen lingkungan. Setiap agen lingkungan, akan melayani 200 rumah tangga. Minyak goreng bekas dari dapur rumah tangga maupun restoran yang disetor kepada agen bernilai tukar sebesar Rp 5 ribu /Kg.

Untuk tahap pertama akan melibatkan 1000 rumah tangga pada lima titik. Sistem supply minyak jelantah juga melibatkan agen. Pembentukan agen-agen bekerjasama dengan pemerintah desa. Rekrutmen agen melalui Pos Pelayanan Terpadu Teknologi (Posyantek) yang telah terbentuk di desa. Nanti di desa yang telah terbentuk Posyantek akan menjadi perpanjangan tangan Gen Oil menjadi agen. Dari program ini, ibu rumah tangga tidak lagi menggunakan minyak goreng bekas secara berulang. Selain itu, minyak goreng bekas tidak lagi terbuang dan mencemari lingkungan.


Bank Ikan Komunto di Tomia Sulawesi Tenggara
Sejak dimulainya praktik cerdas Bank Ikan di tahun 2005 di Tomia Wakatobi, terdapat penambahan titik baru dari sebelumnya hanya ada 5 titik. Penambahan titik dilaksanakan pada tahun 2021. Ke 3 titik masing-masing terletak di desa Lamanggau, Timu dan Kulati. Kisaran luas area untuk masing-masing bank ikan adalah Desa Lamanggau seluas 30.0000m2, Desa Timu seluas 60.000m2  dan desa Lamanggau seluas  60.000m2. 
 

11


Ambulans Motor di NTT
Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) pada hari Sabtu, 11 Juni 2022 melakukan uji coba Ambulans Laut bantuan GUSDURian Peduli dan Pasar Modal di perairan selat Gonsalu, Larantuka, Kabupaten Flores Timur Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sebelum uji coba, terlebih dahulu dilakukan penyerahan dokumen kapal dari pihak galangan kepada YKS dan pemeriksaan kelengkapan dan fasilitas kapal. Ambulans Laut selain dilengkapi dengan fasilitas kesehatan standar untuk rujukan, juga dilengkapi dengan fasilitas keselamatan.

1

Kehadiran ambulans laut ini merupakan kekuatan kerja jejaring antara Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS), Gusdurian Peduli dan Pasar Modal. 1 unit ambulans laut bantuan Gusdurian Peduli ini menambah jumlah ambulance laut YKS sebelumnya yang diterima dari bantuan Kedutaan Jepang.

Praktik Cerdas Ambulans Motor dan Laut -bersama 8 initiatif cerdas lainnya- menjadi salah satu inovasi bidang kesehatan yang menjadi mitra SIHI (Social Innovation in Health Initiative) Indonesia. SIHI adalah suatu inisiasi global untuk mendukung berbagai gerakan inovatif dengan memanfaatkan keterampilan dan sumber daya lokal untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan di Indonesia. SIHI sudah tersebar luas di 18 negara dan sejak tahun 2021 Indonesia sendiri resmi menjadi bagian SIHI dibawah Universitas Gadjah Mada.

1


Pertanian Alami Salassae, Bulukumba Sulawesi Selatan
Pada tanggal 11 Juni 2022 Kelompok Swabina Petani Salassae atau yang disingkat KSPS menerima kunjungan dari Ibu Hana dan Bapak Scott Guggenheim di Balai KSPS. Bapak Scott Guggenheim adalah penggagas Program Pembangunan Kecamatan yang kemudian menjadi PNPM (Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat). Dalam kunjungan ini keduanya berdiskusi dan belajar lebih jauh tentang pertanian alami yang dikembangkan oleh petani Salassae. Selain tema pertanian alami, keterlibatan petani dalam aktivitas pertanian juga menjadi salah satu bahasan.

11

Pada tanggal 29 Juli 2021 Bapak Muhammad Nur -  salah satu petani alami Salassae- mempresentasikan pembelajaran dan upaya replikasi pertanian alami dan kontribusinya terhadap pertanian tahan iklim. Pak Nur hadir secara virtual pada event Dialog Regional yang dilaksanakan oleh UNDFF Asia Pasifik. KSPS (Komunitas Swabina Pedesaan Salassae) adalah organisasi petani di Indonesia yang didukung oleh program Farmers for Asia (FO4A) AsiaDHRRA. 
 

1