Merajut Benang Merah untuk Berdaya

Selama periode Januari hingga Maret 2021, BaKTI telah mengadakan Diskusi online Live di Instagram BaKTI (@infobakti) salah satunya menghadirkan Alumni Program INSPIRASI 2019 dan CEO Banuamentor Palu, Rina Maskayanti pada tanggal 10 Maret 2021.  Dalam acara ini, Rina berbagi cerita tentang sebuah proyek terapan yang dikerjakannya dengan judul Narangata Loru: Pemberdayaan Pemuda sebagai Aktor Lokal dalam Komunitas Pedesaan Berdasarkan Konteks Lokal.  Proyek terapan ini dilakukan di Desa Loru, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Lewat proyek ini, Rina dan tim memberikan pelatihan bagi 20 pemuda lokal. Tiga topik utama yang menjadi pilar kegiatan pelatihan tersebut yakni kepemimpinan berbasis kearifan lokal, pembelajaran kontekstual berdasar potensi desa (pertanian ramah lingkungan dan perlindungan anak), dan kewirausahaan berbasis komunitas.  
Berbekal konsep, pembelajaran dan pengalaman yang diperoleh ketika mengikuti program INSPIRASI tahun 2019 di Selandia Baru, Rina awalnya mempraktikan hal-hal seperti praktik pengelolaan sampah (sampah organik diolah menjadi kompos dan sampah plastik dimanfaatkan untuk pembuatan ecobrick), kewirausahaan sosial dan berkebun organik di lahan sekitar di rumah dan lingkungannya sebelum berbagi bersama pemuda lokal dalam kegiatan pelatihan.  Proyek terapan ini memberikan dampak positif baik bagi Rina dan tim maupun bagi pemuda sasaran program. Para pemuda ini semakin meningkat wawasan, kompetensi dan kepedulian terhadap kondisi desa dan semakin percaya diri dalam mengelola sumberdaya daya dan potensi lokal yang ada di desa.  Tidak hanya itu, banyak pembelajaran yang dialami Rina lewat proyek ini antara lain bagaimana mengenal kearifan lokal setempat, misalnya tentang sosok atau karakter seorang pemimpin dalam masyarakat Kaili, mengenali potensi desa, serta praktik-praktik kehidupan lokal yang ramah lingkungan. Selain itu, pengalaman Rina mengelola dan menjalankan proyek di masa pandemi dari rencana awal akhirnya berubah sehingga perlu beradaptasi dengan kondisi yang ada serta memikirkan dan menjalankan strategi-strategi baru yang sesuai.  Diskusi live Instagram ini dapat juga di saksikan lewat link berikut : https://www.instagram.com/p/CMOpsXrHVs8/

Jaringan Alumni lintas Young Leaders Programme (YLP)
Selama bulan Februari lalu tim kecil pembentukan jaringan alumni lintas YLP telah mengkonsolidasi hasil penjurian kontes logo YLP dan telah menetapkan pemenangnya yakni Andi Arifayani/Ifa (alumni INSPIRASI 2018) dan tim.  Namun demikian, masih ada masukan untuk perbaikan pada logo tersebut dari tim juri yang terdiri dari UnionAID, alumni dan mitra.  Masukan tersebut kemudian disampaikan ke Ifa dan tim untuk perbaikan final.  Tim kecil ini bertemu Kembali untuk penyusunan panduan penggunaan logo. Logo yang terpilih tersebut nantinya akan mengisi laman depan website dan semua produk publikasi dan komunikasi Young Leaders Network (YLN).