Pertanian Alami Salassae, Bulukumba Sulawesi Selatan; SalassaExpo

Komunitas Salassae mengadakan acara SalassaExpo 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran lingkungan hidup dan adaptasi mitigasi perubahan iklim. Acara tersebut dihadiri oleh sekitar 500 peserta dari berbagai kalangan yang menghadiri berbagai rangkaian acara. SalassaExpo 2024 yang mengangkat tema Bersatu Bangun Desa Melalui Ketahanan Pangan, Pertanian Alami dan Adaptasi Perubahan Iklim.

SalassaExpo 2024 berlangsung selama 3 hari dimulai pada tanggal 25 juni 2024 sampai dengan 27 Juni 2024 bertempat di pasar Desa Salassae. SalassaExpo 2024 menghadirkan berbagai macam produk dan layanan dari UMKM lokal, pertunjukan seni dan budaya, serta hiburan menarik lainnya. SalassaeExpo terdiri dari berbagai rangkain acara/side event berbagi pengetahuan, informasi seputar pertanian alami dan pelestarian lingkungan. Melalui kegiatan ini masyarakat desa bersatu padu untuk meningkatkan pemahaman tentang ketahanan pangan, pertanian alami, dan aksi adaptasi mitigasi perubahan iklim.

Acara yang juga melibatkan desa sekitar Salassae ini menghadirkan berbagai narasumber dari kalangan pemerintah, NGO, dan organisasi pendukung, seperti Badan Penanggulangan Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan Lahan Wilayah Sulawesi, Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Wilayah Sulawesi dan Maluku, Balai Perbenihan Tanaman Hutan Wilayah II Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Bulukumba, Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Bulukumba, Balang Institute, dan Mitra Pelaksana Program Inisiatif Balantieng. Selain event diskusi dan pameran, para peserta juga akan disuguhi berbagai inovasi terkait pangan lokal, adaptasi perubahan iklim, dan program kelembagaan tingkat lokal.