• adminbakti
  • 11 April 2023

Pertemuan Koordinasi Yayasan BaKTI dan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur

Yayasan BaKTI bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur melaksananakan Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (KTI) IX 2023, yang akan digelar tangga 26-27 Juli 2023 di Kota Kupang – Nusa Tenggara Timur. Festival Forum Kawasan Timur Indonesia hadir untuk merayakan kemajuan dan inovasi pembangunan di Indonesia. Festival ini memungkinkan peserta berbagi informasi tentang praktik cerdas, pengalaman dan pembelajaran dari berbagai program pembangunan di tingkat lokal untuk memperkuat harmonisasi pembangunan serta meningkatkan manajemen program dalam mendukung keberhasilan pembangunan nasional.

Di Festival Forum Kawasan Timur Indonesia, peserta dapat mempelajari dan menyerap praktik baru yang memungkinkan mereka bekerja lebih efektif. Ini merupakan kegiatan yang sangat baik untuk mengenal dan membangun hubungan baik dengan para pelaku pembangunan. Selama dua hari pelaksanaan Festival Forum KTI diharapkan akan dihadiri oleh setidaknya 1.000 peserta yang merupakan perwakilan dari prominent figure pemerintah nasional dan pemerintah daerah, mitra pembangunan internasional dan nasional, organisasi non-pemerintah, akademisi, sektor swasta, pemuda, petani, nelayan, masyarakat adat, profesional, jurnalis, mahasiswa, dan pemerhati kawasan timur Indonesia.

Sebagai  Sebagai upaya bersama menyukseskan pelaksanaan Festival Forum KTI, Yayasan BaKTI melaksanakan pertemuan koordinasi untuk mensinergikan dukungan dari Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur termasuk koordinasi persiapan yang diperlukan dalam pelaksanaan pelaksanaan Festival Forum KTI 2023 yang berlangsung di Kantor BaKTI 20 Februari 2023 lalu. Pertemuan ini dihadiri oleh perwakilan dari Yayasan BaKTI, perwakilan dari Program SKALA - DFAT Australia dan  Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur yang diwakil oleh  Johanna Lisapaly (PJ Sekda Provinsi Nusa Tenggara Timur) Dr. Alfonsus Theodorus (Kepala Bappelitbangda NTT)  Maxianses H. Manafe (Sekretaris Bappelitbangda NTT)  Johannes Melky Subani (Koordinator Forum KTI Wilayah NTT). Dalam pertemuan ini Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur memberikan respons dan dukungan penuh pada pelaksanaan Festival Forum KTI dan menyatakan kesiapannya sebagai tuan rumah.  Ibu Lisapaly menyatakan bahwa di bawah kepemimpinan gubernur, fokus pada menciptakan inovasi yang mampu mendorong kemandirian masyarakat untuk itu beberapa fokus pelaksanaan festival seperti Local champion, 4 pemuda dari NTT sebagai penggerak perubahan sosial di tingkat desa dapat tetap diangkat di Festival Forum KTI sebagai arahan dari Gubernur. Selain itu, panyak praktik baik yang telah dibuat oleh masyarakat namun belum diapresiasi. Untuk itu perlu ada kolaborasi dari berbagai pihak, mendorong scale up dan replikasinya. Melalui BaKTI dapat memotivasi masyarakat NTT, karena NTT memiliki potensi yang luar biasa hanya perlu didorong serta Bappelitbangda  mempunyai fungsi lebih untuk menyampaikan ke masyarakat untuk menyebarluaskan praktik-praktik cerdas khususnya di NTT. Ibu Lisapaly kembali menyatakan dukungan Pemprov NTT untuk FFKTI sebagai acara Pemda, sehingga promosi bersama tentang Festival Forum KTI di kanal-kanal resmi pemerintah provinsi NTT seperti website dan media sosial.

Sebagai informasi, terdapat 4 rangkaian utama pelaksanaan Festival Forum KTI yaitu: 
 
Panggung Inspirasi
Panggung Inspirasi adalah acara utama dalam Festival Forum Kawasan Timur Indonesia. Panggung Inspirasi akan menampilkan  Praktik Cerdas terpilih dari ratusan inisiatif dan inovasi pembangunan di kawasan Timur Indonesia, termasuk praktik cerdas dan model pembangunan dari Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Side Events 
Festival Forum KTI menjadi ajang bagi pemerintah daerah dan mitra pembangunan di tingkat lokal, nasional serta internasional untuk menampilkan inovasi baru dari berbagai aktivitas pembangunan yang berhasil menjawab berbagai tantangan pembangunan. Beragam acara setelah sesi Panggung Inspirasi guna mendorong interaksi di antara pegiat pembangunan dan menawarkan berbagai kesempatan untuk berjejaring.

Galeri Informasi 
Galeri Informasi adalah ruang pameran yang menampilkan beragam keberhasilan dan pembelajaran dari upaya pembangunan yang dikerjakan lembaga pemerintah, mitra pembangunan internasional, LSM dan komunitas, peserta Local Champion Incubator, dan program CSR sektor swasta.

Malam Budaya
Festival Forum KTI menampilkan pementasan budaya dari Nusa Tenggara Timur khususnya dari Kabupaten Manggarai Barat yang menghadirkan kuliner khas, fashion dan tenun, tari, musik hingga komoditas lokal termasuk tenun ikat, kopi dan lain-lainnya. Bagi masyarakat NTT ini dapat menjadi bagian dari  proses interaksi regional sehingga meningkatkan kebanggaan akan budaya dan terbangun semangat untuk terus berkarya membangun daerah.