Menjalankan proyek perintis dan mereplikasi
berbagai inisiatif pembangunan yang sesuai dengan daerahnya

Berita

You are here

 » Program INSPIRASI (Indonesia Selandia Baru untuk Generasi Muda Inspiratif)
Program INSPIRASI (Indonesia Selandia Baru untuk Generasi Muda Inspiratif)

Program INSPIRASI (Indonesia Selandia Baru untuk Generasi Muda Inspiratif) dikelola oleh UnionAID bekerja sama dengan Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) dan Universitas Teknologi Auckland (AUT) dengan dukungan New Zealand Ministry of Foreign Affairs and Trade (MFAT). Tujuan Program ini untuk membantu para pemimpin muda  dari Indonesia Timur untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan kepercayaan diri mereka sehingga mereka dapat menjadi pemimpin dalam pembangunan berkelanjutan di masyarakatnya dan wilayah Indonesia Timur yang lebih luas.

8 peserta Program Inspirasi yang terpilih untuk belajar di New Zealand pada tahun 2018, sejak Oktober hingga Desember 2018 fokus pembelajaran mereka adalah pada isu pembangunan berkelanjutan. Beberapa kelas workshop dipersiapkan untuk peserta dengan tujuan untuk membentuk pemahaman dan membantu mereka memberikan sentuhan yang berbeda dalam pekerjaannya.

Beragam topik berbeda diperkenalkan dalam pengembangan masyarakat seperti membangun pemahaman tentang HAM, kesetaraan gender, lingkungan, Indigenous  People, layanan sosial, pengembangan pariwisata dan sosial enterprise. Kunjungan ke kantor Parlemen Selandia Baru, Auckland Council dan kesempatan untuk bertemu dengan beberapa politisi membuka wawasan peserta tentang pelibatan semua pihak dalam pembangunan manusia.

Peserta juga berkesempatan untuk belajar dari beberapa komunitas masyarakat seperti Salvation Army, Southern Initiative, Lifewise, ForPurpose, Shakti, JustSpeak, Waiheke Resource Trust dan beberapa yang lain sangat menginspirasi peserta INSPIRASI untuk mengerjakan sebuah perubahan yang kreatif dan inovatif.

Selain itu, ekplorasi budaya Maori merupakan hal yang paling mengesankan bagi peserta dimana selama 4 hari mereka tinggal dengan penduduk Maori di Marae (Rumah adat Maori) dan belajar tentang kekayaan budaya yang masih terpelihara dengan baik. Nilai tentang relasi, keluarga dan alam menyatu dalam kehidupan keseharian mereka. Penduduk Maori percaya bahwa keberlangsungan alam semesta tergantung dalam keharmonisan semua elemen di alam. Sebuah refleksi kehidupan yang sangat kaya untuk dipelajari tentang kearifan lokal dan usaha melestarikannya.

Berbagai kelas dan aktivitas yang diikuti peserta mempersiapkan mereka membuat perencanaan proyek yang akan mereka implementasikan di organisasi dan daerah masing-masing. Semua rangkaian kegiatan dalam program INSPIRASI sangat membantu mereka sebagai aktivis NGO dalam memahami pekerjaan dan meningkatkan kualitas organisasi masing-masing.  

Peserta program belajar INSPIRASI tahun 2018 telah selesai dan mereka kembali ke Indonesia pada tanggal 15 Desember 2018. UnionAID kembali membuka Call for Application untuk seleksi peserta yang akan berangkat pada Juni 2019 mulai November 2018 hingga 17 Januari 2019.

 

Tags Berita: 
Indonesian