Menjalankan proyek perintis dan mereplikasi
berbagai inisiatif pembangunan yang sesuai dengan daerahnya

Berita

You are here

 » Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) Pemerintah Daerah se-Aceh
Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Indeks Kualitas Kebijakan (IKK) Pemerintah Daerah se-Aceh

Selama dua hari pelaksanaan di tanggal 19-20 September 2018, Yayasan BaKTI bekerjasama dengan Pusat Analis Kebijakan – Lembaga Administrasi Negara (PUSAKA-LAN) dan Knowledge Sector Initiative (KSI) melaksanakan kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Indeks Kualitas Kebijakan, sebuah instrumen berbasis online yang sederhana, komprehensif, dan efektif digunakan untuk pemerintah daerah dapat menilai sendiri kualitas kebijakan publik yang telah mereka kembangkan dan implementasikan. Pemerintah Provinsi Aceh mendukung penuh pelaksanaan kegiatan ini, dimana BAPPEDA Aceh, dengan koordinasi bersama Sekretariat Daerah Aceh mengundang OPD terkait dari pemerintah kabupaten dan kota se-Aceh untuk mengikuti kegiatan Sosialisasi dan Bimtek tersebut.

Dalam kegiatan Sosialisasi, instruktur kegiatan dari PUSAKA-LAN mengemukakan latar belakang, konsepsi, tujuan, kegunaan, serta manfaat IKK bagi peningkatan kualitas kebijakan bagi pemerintah daerah; kabupaten dan kota se-Aceh. Selain itu, terkait pemberian bimbingan teknis, instruktur kegiatan bersama dengan BaKTI memberikan arahan dan simulasi mengenai operasionalisasi pengisian portal berbasis web IKK kepada peserta. Sosialisasi IKK melibatkan OPD strategis yang erat kaitannya dengan penyusunan, pelaksanaan, dan evaluasi kebijakan, yang diantaranya adalah Bidang Hukum, Badan Litbang, Bappeda, Bidang Organisasi, dan Dinas-Dinas lainnya tekait pelayanan dasar seperti Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan, selain daripada beberapa pejabat PKP2A LAN Aceh, LSM lokal bernama ICAIOS yang mengikuti kegiatan ini.

Dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan, Kepala Bappeda Aceh, Bpk. Azhari, SE, M.Si menekankan bahwa untuk menghasilkan dan menyukseskan pelaksanaan program strategis baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota dengan berkualitas dan dapat menjawab secara efektif kebutuhan masyarakat sampai ke tingkat desa, perlu ditunjang dengan kebijakan daerah yang berasal dari hasil kajian yang komprehensif dan mempunyai dasar bukti yang kuat. Karena itu, dikarenakan kualitas kebijakan menjadi kebutuhan dewasa ini, keberadaan suatu sistem informasi untuk mendukung praktik-praktik evidence-based dalam perencanaan dan pelaksanaan kebijakan menjadi tantangan yang patut dipenuhi.

Indeks Kualitas Kebijakan dapat menjadi solusi untuk menjawab tantangan tersebut, untuk itu dibutuhkan komitmen dari segenap perangkat pemerintah sampai di level kabupaten dan kota untuk dapat menggunakan perangkat yang dibangun oleh LAN dan KSI tersebut untuk membangun serta meningkatkan kualitas kebijakan masing-masing. Sebagai tindak lanjut dalam kegiatan ini, BaKTI dan LAN akan mewadahi platform komunikasi dengan peserta kegiatan dari kabupaten dan kota di Aceh, yang mana akan menunjuk satu orang pejabat untuk menjadi administrator IKK di masing-masing kabupaten dan kota. Pada akhirnya, kegiatan ini diharapkan menjadi awal dan pengenalan instrumen IKK yang dapat ditindaklanjuti dengan aktif oleh para peserta dari kabupaten dan kota, dimana IKK menjadi instrumen yang tepat untuk menilai dan memotret kualitas kebijakan daerah di Aceh. Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek IKK dilaksanakan selama dua hari di Hotel Kyriad Muraya, Banda Aceh, pada tanggal 19-20 September 2018.

Tags Berita: 
Indonesian