Memberi masukan signifikan pada agenda pembangunan yang lebih luas

Berita

You are here

 » UNICEF-BaKTI: Pelatihan Kader PAUD Holistik Integratif Taman SIWALIPARRI
UNICEF-BaKTI: Pelatihan Kader PAUD Holistik Integratif Taman SIWALIPARRI

UNICEF-BaKTI dan Pemda Kabupaten Polewali Mandar mengadakan Pelatihan Kader PAUD Holistik Integratif Taman SIWALIPARRI dari Segi Afektif di Hotel Ratih Kabupaten Polman pada 19-23 Oktober.

Perkembangan dan dukungan berbagai pihak dalam rangka peningkatan layanan Taman Siwaliparri (Stimulasi, Intervensi, Perawatan, Perlindungan, Pendidikan Anak Mandar Mandiri) kini mulai dirasakan tidak hanya di tingkat kabupaten Polman, melainkan telah merambah ke Kecamatan-kecamatan sampai tataran Desa-desa/Kelurahan.  Dampak pentingnya Layanan PAUD Taman Siwaliparri bagi Masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten Polman adalah memberikan stimulasi psikososial,  yang sangat penting dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal di masa mendatang. 

Pelayanan bagi anak usia dini disediakan oleh berbagai sektor yang menerjemahkan keinginan luhurnya dalam bentuk berbagai program: PAUD, Posyandu, BKB, dan lain-lain. Kabupaten Polewali Mandar - Sulawesi Barat berhasil “merekatkan” berbagai sektor ini, yang dengan legowo menanggalkan ego sector/SKPD, sambil menghadirkan pelayanan yang integratif. 

Meskipun Lembaga PAUD Taman Siwaliparri telah dirintis dan sudah bermunculan, namun demikian proses pembelajaran yang bermutu di setiap Lembaga tersebut hasilnya belum seperti yang diharapkan seperti sarana dan prasarana yang belum memadai. Oleh karena itu guna mewujudkan peningkatan mutu layanan tersebut, perlu dilakukan peningkatan kualitas terhadap keberadaan Lembaga itu sendiri, termasuk di dalamnya adalah peningkatan mutu para Pendidik dan Tenaga Kependidikan, baik melalui program Magang, Pendampingan, Workshop, Seminar,  training (yang saat ini sedang dilakukan) maupun melalui  program-program inovatif lainnya. 

Untuk mendukung hal tersebut di atas, maka UNICEF-BaKTI dengan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar menyelenggarakan Pelatihan PAUD  Holistik Integratif  (HI) dari segi afektif. Pelatihan PAUD HI berlangsung dari tanggal 19-23 Oktober 2014 dengan jumlah peserta 60 orang  (perempuan semua) yang berasal dari 23 Lembaga PAUD di 23 desa yang mewakili 14 kecamatan.  Fasilitator yang terlibat dalam kegiatan ini adalah 1 orang dari BKKB –PP Provinsi Sulawesi Barat dan 13 orang dari Kab. Polewali Mandar dan dibuka oleh Ibu Bupati  (Bunda PAUD Kabupaten).

Tujuan Pelatihan adalah menambah wawasan, pengetahuan, referensi agar tenaga pendidik dapat dan mampu membentuk perilaku dan mengembangkan kemampuan dasar yang meliputi fisik, kognitif dan segi berbahasa. Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah para tenaga pendidik, kader bina keluarga balita dan kader posyandu mampu menjadi mediator yang profesional dalam mengaplikasikan pengetahuan di lembaga PAUD yang sudah didapatkan pada pelatihanPAUD HI.

Dalam sambutannya pada pembukaan training, Bunda PAUD Kabupaten (Ny. Hj. Jumriah Ibrahim Masdar, SE) menyampaikan poin-poin penting antara lain: 1). Pemerintah kabupaten Polewali Mandar kita harapkan dapat menjadi penopang utama bagi tumbuh kembang positif generasinya, dengan sangat serius pemerintah terus mensupport berdirinya lembaga-lembaga paud yang holistic dan terintegratif. 2). Hadirnya Taman Siwaliparri atau  Tempat yang Aman dan Nyaman bagi anak-anak kita untuk bermain dan belajar, yang kemudian diikuti dengan pemberian layanan Stimulasi, Intervensi, Perawatan, Perlindungan, Pendidikan secara terpadu, sangat kita harapkan dapat menjadi fondasi kuat bagi lahirnya Anak Mandar yang tidak saja jujur, cerdas dan berani tetapi juga Mandiri untuk menjawab tantangan-tantangan global dimasa-masa yang akan datang. 3). Bunda PAUD Kabupaten Polman juga berharap, Taman Siwaliparri dapat menjembatani anak yang berada dalam pengasuhan orang tua untuk dipersiapkan ke jenjang sekolah. Anak paud harus banyak dilatih mandiri agar kelak ia tidak tergantung dengan orang lain. Kreatifitas anak harus diasah agar bisa tumbuh dan berkembang sejak dini. Kreatifitas anak sangat dibutuhkan agar kelak ketika dewasa mereka dapat mencari jalan keluar disaat sedang menghadapi masalah. 4). Polewali Mandar butuh genarasi yang kuat, dan itu hanya kita bisa dapatkan jika proses pendidikan di usia dini dilakukan secara baik, benar dan tepat. Taman Siwaliparri sebagai lembaga yang holistic dan terintegrasi dalam memberikan layanan pendidikan, kesehatan dan keluarga tentu kita sangat harapkan dapat menjadi solusi yang paling tepat. 5). Kepada seluruh guru/tendik untuk terus bersama-sama berjuang untuk masa depan anak-anak kita. Kita akan berusaha terus agar Taman Siwaliparri ini terus berkembang dengan cepat, target kita minimal Taman Siwaliparri ada satu disetiap desa di kabupaten Polewali Mandar. 

Rencana Tindak Lanjut: 
1.Pengembengan Alat Permainan Edukatif  (APE) berbahan lokal/yang tersedia di masyarakat di kabupaten Polewali Mandar.
2.Penyusunan Indikator Taman SIWALIPARRI.

 

 

Tags Berita: 
Indonesian