Yayasan ASRI goes to Papua

Upaya konservasi, pemberdayaan di sekitar wilayah hutan serta pemberian layanan Kesehatan bagi masyarakat oleh Yayasan Asri (Alam Sehat Lestari)  mulai direplikasi di tanah Papua tepatnya Provinsi Papua Barat Daya di tahun 2024 ini. Mengambil lokasi di Kabupaten Tambrauw, sejumlah 400 kepala keluarga di distrik Fef, Syujak, Miyah dan Mubrani akan menjadi warga dampingan Yayasan yang memulai kiprahnya di Kalimantan Barat ini.

Persiapan seperti Radical Listening ke masyarakat, baseline survey, dan rekrutmen tim telah dilaksanakan. Tidak seperti di Kayong Utara Kalimantan Barat, di Tambrauw tidak didirikan fasilitas kesehatan karena disana sudah ada beberapa fasilitas dari pemerintah. Yayasan Asri rencananya akan memberikan dukungan berupa pemberian layanan mobile clinic dan pembinaan kader kesehatan.


Kegiatan Yayasan Asri tidak hanya difokuskan pada aspek Kesehatan masyarakat di sekitar wilayah hutan namun juga tentunya terkait upaya-upaya konservasi, edukasi dan pengembangan livelihood. Dalam kegiatan pendampingan ini, Yayasan Asri bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tambrauw.

Kegiatan Yayasan Asri bersama pemerintah dan masyarakat sekitar hutan Kayong Utara Kalimantan Barat dalam upaya mewujudkan masyarakat sehat, sejahtera dan alam yang lestari merupakan salah satu praktik cerdas yang ditampilkan pada Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (FKTI) IX 2023 yang diselenggarakan di Kupang, Nusa Tenggara Barat.