• adminbakti
  • 14 July 2022

Yayasan BaKTI Bersama Mitra Daerah Memulai Program INKLUSI

Perempuan penyandang disabilitas mengalami diskriminasi dan kekerasan sebagai perempuan dan sebagai penyandang disabilitas. Sedangkan seorang anak perempuan penyandang disabilitas mengalami diskriminasi dan kekerasan karena tiga status yang disandangnya, yakni sebagai anak, sebagai perempuan, dan penyandang disabilitas. Inilah yang disebut diskriminasi dan kekerasan bertingkat dan berlapis. Diskriminasi dan kekerasan masih akan bertambah, jika perempuan atau anak perempuan tersebut berasal dari suku minoritas atau penganut agama atau keyakinan minoritas, apalagi yang tidak diakui negara.
 
Diperlukan upaya  bersama dalam pembangunan untuk menghapuskan diskriminasi dan kekerasan terhadap kelompok rentan dan minoritas, menghubungkan dan membuka akses layanan pemerintah, mendorong dan memperkuat keberdayaan masyarakat untuk mengadvokasi hak-haknya sebagai warga negara. Program Kemitraan Australia-Indonesia Menuju Masyarakat Inklusif (INKLUSI) adalah satu dari upaya penghapusan diskriminasi dan kekerasan terhadap kelompok rentan dan minoritas demi pembangunan yang inklusif.
 
Program INKLUSI akan diimplementasi di Indonesia oleh delapan mitra nasional hingga tahun 2028. Yayasan BaKTI  sebagai salah satu mitra nasional Program INKLUSI, akan berfokus pada penghapusan kekerasan yang didasarkan pada kondisi kekerasan terhadap perempuan, pemenuhan hak disabilitas, dan kelompok rentan dan marjinal. 

Kegiatan Asesmen Calon Mitra Implementasi INKLUSI BaKTI

1

Kegiatan asesmen ini bertujuan untuk melakukan penilaian dalam memilih calon mitra implementasi program INKLUSI di daerah yang akan bekerjasama dengan BaKTI dalam implementasi INKLUSI di 7 Kabupaten, 5 Provinsi di Kawasan Timur Indonesia. Kegiatan dilaksanakan dari bulan April sd Bulan Mei 2022.

Penandatangan MoU dan Penyusunan Design Program INKLUSI BaKTI

1

Penandatangan MoU merupakan kelanjutan dari proses hasil asesmen dalam pemilihan mitra implementasi INKLUSI BaKTI di daerah. Hasl dari kegiatan asesmen adalah : Tana Toraja, Parepare dan Maros (Provinsi Sulsel), Kendari (Provinsi Sultra), Ambon (Provinsi Maluku), Lombok Timur (Provinsi NTB) dan Kabupaten Kupang (Provinsi NTT). Kemudian dilanjutkan dengan Workshop dan Penyusunan Design Program INKLUSI BaKTI, yang dilaksanakan di Hotel Best Western dari tanggal 12 - 14 Mei 2022.

Pelatihan GEDSI

1

Kegiatan Pelatihan GEDSI merupakan kegiatan Kerjasama antara INKLUSI COWATER dan INKLUSI BaKTI dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan tentang GEDSI kepada mitra implementasi di daerah agar memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang GEDSI.
Kegiatan dilaksanakan di Hotel Melia dari tanggal 08 – 09 Juni 2022.

Kick OFF dan Workshop Strategi Implementasi

1

Kick Off atau Peresmian Program INKLUSI BaKTI diresmikan oleh Kepala Bapelitbangda Provinsi Sulsel Bapak Andi Darmawan Bintang. Kegiatan ini dihadiri oleh Konjen Australis di Makassar dan Team Leader INKLUSI COWATER. Setelah itu dilanjutkan dengan workshop strategi implementasi program antara BaKTI dan Mitra Daerah guna Menyusun Bersama strategi implementasi program INKLUSI yang akan dilaksanakan di wilayah masing-masing mitra daerah. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 10 – 12 Juni 2022 di Kota Makassar.

Penandatangan MoU antara BaKTI dengan Pemerintah Kabupaten Maros dan DPRD Kabupaten Maros

1

Kegiatan penandatangan MoU ini bertujuan agar ada dasar hukum dan kesepakatan Bersama untuk Implemntasi INKLUSI di Kabupaten Maros. Penandatangan ini dilakukan antara BaKTI dengan Bupati Maros dan Ketua DPRD. Kemudian dilanjutkan dengan design program INKLUSI yang akan dilaksanakan di Kabupaten Maros.


PROGRAM MITRA
1.    Rumah Generasi Ambon

1

Penandatanganan MoU antara Rumah Generasi dengan Pemerintah Kota Ambon dan DPRD Kota Ambon. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 20 Juni 2022 bertempat di Ruang Pertemuan Walikota Ambon.

2.    Workshop Design Program dengan OPD dan Rumah Generasi
Workshop dilaksanakan dengan melibatkan OPD yang memiliki Tupoksi yang sama antara lain : Bappeda, DPPA, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan Forum Anak. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 22 Juni di Ruang Meeting Bappeda Kota Ambon.

3.    Lombok Research Center 
1)    Penandatanganan MoU
Telah dilaksanakan antara LRC dengan DPRD Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2022 bertempat di Ruang Ruang Rapat DPRD.

1

2)    Workshop Penyusunan Design Program DPRD Kabupaten Lombok Timur
Workshop dilaksanakan dengan Anggota DPRD Lombok Timur. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 21 Juni 2022 di Rumah Makan Lesehan Rirana.