• adminbakti
  • 23 August 2023

Yayasan BaKTI - INKLUSI Bersama YESMa Gelar Bengkel Komunikasi Penulisan Kreatif dan Pengelolaan Website

Yayasan BaKTI melalui program Program Kemitraan Australia-Indonesia Menuju Masyarakat Inklusif (INKLUSI)  bersama dengan Miitra Yayasan Eran Sangbure Mayang (YESMa) Toraja, menggelar Bengkel Komunikasi Penulisan Kreatif, Pengelolaan Website, Publikasi Media yang dilaksanakan tanggal 21-22 Agustus 2023 bertempat di Royal Square Makale - Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan. 

Kegiatan ini merupakan salah satu dari sejumlah aktivitas peningkatan kapasitas mitra daerah sesuai dengan kebutuhan mitra daerah untuk mengoptimalkan pemanfaatan website mitra sebagai media Informasi dan advokasi untuk mendorong promosi, advokasi dan replikasi program. Dengan media website akan lebih mudah menjangkau serta dapat menunjang keberlangsungan sebuah lembaga yang memiliki website untuk mempromosikan kegiatan mereka sehingga tidak menutup kemungkinan mampu mendorong advokasi dan peluang kerja sama dengan melihat informasi yang disajikan di website.  Selain itu website dapat digunakan sebagai tempat publikasi dan penyimpanan aset lembaga. Dengan memiliki website resmi akan lebih memudahkan mitra dalam menjalin sebuah komunikasi, menjangkau audiens yang lebih luas.

Pelatihan ini dilakukan untuk memberikan pengetahuan yang bersifat teknis mulai dari penyiapan, fungsi dan di tahap akhir praktik pembuatan dan pemanfaatan website  mitra. Pelatihan yang diikuti oleh staf YESMa dan perwakilan dari Kelompok Konstituen bertujuan untuk mitra dapat mengenali kekuatan lembaga untuk ditampilkan dalam media online guna menghasilkan layanan yang inklusif dan berwawasan gender. Serta organisasi mitra dapat mengoptimalkan penggunaan website mitra dalam mendorong promosi dan advokasi program. 

Selama dua hari pelaksanaan pelatihan, peserta dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menulis kreatif yang dibawakan oleh Ghufran H. Kordi (Program INKLUSI- BaKTI), selain itu peserta juga dibekali untuk membuat cerita perubahan, baik itu perubahan dari individu maupun komunitas selama program INKLUSI berlangsung di tempat mereka. Sesi ini diakhiri dengan peserta membuat tulisan kreatif yang dilakukan secara berkelompok maupun individu. Beberapa peserta menceritakan pengalamannya dalam membentuk kelompok konstituen di desa mereka, ada pula yang menulis tentang proses pembuatan peraturan lembang yang inklusif, serta pengalaman peserta dalam mendampingi korban kekerasan terhadap perempuan dan anak. Tulisan peserta telah diunggah melalui laman website YESMa melalui yesma.or.id  

Hari kedua pelatihan, peserta kemudian dipandu oleh Donny Arisandi (Web IT Developer) yang telah berpengalaman membuat beberapa website organisasi nirlaba. Donny memandu peserta untuk membuat akun dan mengisi konten di website yesma.or.id serta memberikan beberapa informasi penting, tips mengelola website yang penting diketahui oleh mitra di antaranya adalah: 

Ruang Lingkup Manajemen Website
Setidaknya ada empat hal yang dilakukan seorang “manajer web” atau pengelola website.

1. Pemeliharaan, maintenance
Pemeliharaan website adalah proses menjaga agar website tetap mutakhir (update) dan berjalan dengan lancar serta berkinerja optimal. Pemeliharaan website mencakup tugas-tugas seperti memastikan semua tautan di website  berfungsi, memperbarui konten secara teratur, dan memperbaiki tautan yang rusak (broken link).

Bagian dari maintenance adalah perpanjangan domain dan hosting. Biasanya, sewa domain dan hosting dilakukan per tahun. Jika tidak diperpanjang, atau terlambat dibayar, maka website akan mati karena domainnya kadaluwarsa.

2. Pemecahan masalah, troubleshooting
Website sering mengalami masalah jika kode tidak berfungsi atau ada gangguan server. Dalam banyak kasus, website bisa mengalami error 500 internal server, error 404 not found, dan banyak lagi.

3. SEO
SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin pencari/ Teknik ini merupakan upaya mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google. Mengoptimalkan web agar mudah diindeks dan diperingkat tinggi mesin pencari merupakan bagian manajemen website.

4. Memperbarui, Updating
Update konten web masuk juga bagian SEO karena SEO terbaik tetap pada konten berkualitas. Content is King. Konten web secara umum terdiri dari halaman statis (static page) dan hamanan postingan (post page) yang dinamis.

  • Page. Halaman misalnya Tentang (About), Kontak, Disclaimer, FAQ, Privacy Policy.
  • Post. Postingan adalah konten dinamis website berupa tulisan (artikel, berita), gambar (foto), audio, video, ataupun konten multimedia.
     

Manajemen Website 
Empat cara mengelola website yang bisa bermanfaat bagi Anda

1. Jadikan Pusat Pengetahuan (Knowledge Center)
Jadikan website sebagai pusat pengetahuan. Bicaralah dengan berita. Untuk mempromosikan apa yang organisasi lakukan, hendaknya dapat memberikan wawasan tentang apa yang sedang terjadi dan mengapa hal itu penting bagi pengunjung.

2. Perbarui Secara Terus-Menerus
Update konten sangat penting. Untuk memaksimalkan potensi halaman website, Anda harus ingat untuk memperbarui dan memelihara konten di website tersebut secara rutin. 

3. Tambahkan Konten Video, Foto dan Visual Menarik
Video dan foto adalah alat pemasaran No.1 Anda di tahun 2020 karena itulah cara orang mengonsumsi konten saat ini. Sebagai ilustrasi, menambahkan video ke situs web meningkatkan lalu lintas pencarian organik sebesar 157% dan meningkatkan tingkat konversi hingga 80%. Luangkan waktu untuk memfilmkan video yang informatif dan berharga dan sematkan di beranda Anda. Ini pasti akan menciptakan kesan pertama yang positif.

4. Jangan Lupakan Pintu Depan Media Sosial Anda
Optimalkan akun media sosial untuk mendukung website Anda! website sering menjadi hasil pencarian teratas, tetapi kemungkinan di tiga hasil teratas mungkin juga halaman media sosial organisasi.

Memastikan bahwa setiap “pintu depan” yang diputuskan pengunjung untuk dimasuki dikurasi, diperbarui, dan sesuai serta sama pentingnya. Anda tidak hanya harus memastikan bahwa website Anda memiliki tautan sosial yang berfungsi, tetapi  juga harus memastikan halaman media terhubung dengan mudah ke website Anda!

Setelah website tersedia, PR berikutnya adalah mengelola website sehingga mitra dapat memperoleh hasil yang optimal dari website tersebut.