• itaibnu
  • 20 January 2022

Yayasan Kesehatan untuk Semua di Road to Festival Forum KTI 2021

Beberapa kabar baik dari praktik cerdas Forum KTI selama periode Oktober hingga Desember 2021 terangkum dalam highlights berikut:

Ambulans Motor, Yayasan Kesehatan untuk Semua Adonara, Flores Timur Nusa Tenggara Timur

Sebagai salah satu praktik cerdas yang didokumentasikan dan dipromosikan BaKTI sejak tahun 2009, Ambulans Motor oleh YKS terus berkarya dan menunjukkan perkembangannya dari waktu ke waktu. YKS tetap eksis memberikan layanan kesehatan terutama untuk kebutuhan mobiling layanan kesehatan di Adonara. Olehnya, pada tanggal 27 Oktober 2021 YKS diwakili oleh Bapak Mansetus Balawala dan didampingi bidan Maria Goreti Ruron kembali hadir berbagi di panggung Road to Festival Forum Kawasan Timur Indonesia. 

Kegiatan dilaksanakan secara online dengan dihadiri ratusan peserta dari berbagai wilayah di Indonesia. Dalam kesempatan ini Pak Mansetus dan Ibu Maria berbagi pengetahuan tentang bagaimana YKS dapat terus eksis dan memperluas jangkauan layanan dengan melaksanakan kemitraan dengan berbagai pihak baik dalam maupun luar negeri.

1

Yayasan Kesehatan untuk Semua (YKS) dengan Program Ambulans Motor, terpilih sebagai inovasi sosial bidang kesehatan pada Social Innovation in Health Initiative (SIHI) Indonesia Crowdsourcing 2021. SIHI (Social Innovation in Health Initiative) ialah inovasi sosial dalam bidang kesehatan merupakan suatu inisiasi global untuk mendukung berbagai gerakan inovatif di berbagai penjuru dunia yang berusaha mengatasi permasalahan kesehatan yang muncul di masyarakat. SIHI Indonesia sejak 2021 sudah mencoba mengidentifikasi gerakan inovasi sosial di bidang kesehatan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh PUSAT KEDOKTERAN TROPIS Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM


Portal Analisis Data Berbasis Peta Lintas Instansi (PANADA LINI), Sulawesi Utara
 
Sebagai sebuah praktik cerdas yang telah banyak memperoleh penghargaan baik di tingkat regional maupun nasional, PANADA LINI banyak menarik perhatian daerah lain untuk datang berkunjung dan belajar. Berikut beberapa kunjungan belajar yang diterima PANADA LINI :

1
Sumber: FP Big Data Bapelitbangda Manado

Pada Rabu, 15 Desember 2021 Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Manado Dr. Ir. Liny Tambajong, ST, MSi didampingi oleh Kepala UPTD-Pengolahan Data dan Informasi Geospasial (PDIG) Rocky Rende, ST bersama Kepala Tata Usaha UPTD-PDIG Monica Sakul, ST menerima Kunjungan Kerja dari Dinas PUPR Kab. Pohuwato Provinsi Gorontalo. 

Dalam kesempatan ini, Dinas PUPR Kab. Pohuwato berkenan untuk melihat langsung sistem kerja dari Aplikasi PANADA LINI (Portal Analisis Data Berbasis Peta Lintas Instansi) yang telah beberapa kali meraih penghargaan dan membawa nama baik Kota Manado hingga ke kancah nasional

Pada 19 November 2021 Pemerintah Kota Manado menerima kunjungan dari Walikota Cilegon Bpk. H. Helldy Agustian, SE, SH. Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Manado. Kepala Bapelitbangda Kota Manado Dr. Ir. Liny Tambajong, ST, MSi yang didampingi oleh Kepala UPTD-PDIG Bapelitbangda menyambut baik kunjungan Walikota Cilegon ini. Dalam kunjungannya, Walikota Cilegon tertarik dengan prestasi yang telah diraih oleh Pemerintah Kota Manado diantaranya CALL CENTER 112 oleh Diskominfo serta PANADA dan SIPANSER oleh  Bapelitbangda Kota Manado. 

Bapelitbangda Kota Manado melalui Kepala UPTD Pengolahan Data dan Informasi Geospasial (PDIG) Rocky Rende, ST bersama Kepala Tata Usaha UPTD-PDIG Monica Sakul, ST Menerima kunjungan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur pada Kamis, 04 November 2021 yang lalu. Kunjungan ini sehubungan dengan rencana pengembangan Digitalisasi Informasi Geospasial di Kab. Bolaang Mongondow Timur. Dalam pertemuan ini Kepala UPTD-PDIG berkesempatan untuk berbagi pengalaman dalam upaya pemantapan Simpul Jaringan di Kota Manado dalam mendukung kebijakan Satu Data dan Satu Peta Indonesia yang kemudian dapat membawa Kota Manado meraih penghargaan Bhumandala Award selama lima tahun berturut-turut.

Pemerintah Kota Manado mendapat Penghargaan Smart City Kategori Smart Governance untuk PANADA (Portal Analisis Data Berbasis Peta) oleh Kementerian Kominfo. Penghargaan diterima langsung Pak Wakil Walikota mewakili Pak Walikota. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Kominfo dan kegiatan dilaksanakan di Internasional Convention Exhibition BSD City.

1
 Sumber: Page Big Data Bapelitbangda Manado

Pertanian Alami Salassae, Bulukumba Sulawesi Selatan

Pada tanggal 11 Desember 2021, ketua KSPS (Komunitas Swabina Pedesaaan Salassae), Muhammad Nur bersama Bapak Ponnong (pengurus KSPS) memenuhi undangan dari Pemerintah Desa Bissoloro, Bili-Bili Kabupaten Gowa untuk memberikan pelatihan terkait pengembangan pertanian alami. Dalam pelatihan ini Pak Muhammad Nur dan Pak Ponnong berbagi pengetahuan terkait bagaimana memanfaatkan potensi yang ada di alam untuk dibuat menjadi pupuk yang baik bagi tanaman dan lingkungan. Kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa Bissoloro ini menggunakan dana desa.

1
Sumber: Facebook Page Ponnong

KSPS (Komunitas Swabina Pedesaaan Salassae) dan Bina Desa mengadakan pelatihan pengorganisasian masyarakat dengan tema “Kepemimpinan Desa”. Menurut Ketua KSPS Muhammad Nur, proses pendidikan seperti ini untuk memudahkan peserta memahami pokok pembelajaran pada Pendidikan Pengorganisasian. Pelatihan yang dilakukan oleh Bina Desa di balai KSPS ini dilaksanakan selama 3 hari, di mulai hari Jumat tanggal 29 Oktober sampai hari Minggu tanggal 31 Oktober 2021. Tujuan pendidikan ini diharapkan mampu melahirkan jiwa kepemimpinan pada pengurus dan anggota organisasi/KSPS yang hadir, serta meningkatkan kesadaran peserta dalam mengolah potensi anggota komunitas dan nenciptakan pemimpin yang tangguh di setiap komunitas.

Harapannya setelah pendidikan, kesadaran  peserta tentang potensi dan masalah yang ada di desa masing-masing meningkat serta lahirnya kader-kader yang bisa melakukan inisiasi di desa masing-masing. Para peserta pendidikan pengorganisasian ini berasal dari Komunitas Petani Alami Bantaeng dan Bulukumba berjumlah 25 orang.

Jika anda sedang menjalankan atau mempunyai informasi terkait inisiatif cerdas ataupun inovasi yang ingin anda bagi ke Sahabat BaKTI melalui media kami, sila hubungi email: info@bakti.or.id