Menjalankan proyek perintis dan mereplikasi
berbagai inisiatif pembangunan yang sesuai dengan daerahnya

File Download

You are here

 » Rumah Tunggu
Rumah Tunggu

Tantangan pembangunan sektor kesehatan di kawasan timur Indonesia telah diketahui sangat besar. Sebagai wilayah dengan pulau-pulau kecil terbanyak di Indonesia dengan sebaran populasi yang tidak merata, menyediakan layanan kesehatan yang memadai dan mudah diakses oleh semua bukanlah hal yang mudah.

Berbagai upaya telah dilakukan baik oleh Pemerintah, organisasi non pemerintah, lembaga mitra pembangunan internasional, bahkan inisiatif swadaya masyarakat. Beberapa di antara upaya tersebut telah berhasil mengatasi tantangan pembangunan sektor kesehatan. Namun tidak sedikit pula yang perlu dipertimbangkan kembali.

Satu yang berhasil dan kemudian dipilih oleh BaKTI sebagai Praktik Cerdas adalah inisiatif yang bernama Rumah Tunggu di Maluku Tenggara Barat, Provinsi Maluku. Rumah Tunggu sejatinya adalah rumah milik masyarakat yang didedikasikan untuk menjadi tempat menunggu, tempat bersalin, dan tempat perawatan pasca melahirkan bagi ibu-ibu hamil yang berdomisili di pulau-pulau terpencil dan jauh dari layanan Puskesmas Pembantu (Pustu), Puskesmas, maupun Rumah Sakit.

Buku ini adalah rekaman pengalaman dari para inisiator Rumah Tunggu, mereka yang hingga saat ini masih terus bekerja menjalankan Rumah Tunggu, dan kisah dari para petugas kesehatan yang tak putus-putusnya melayani dengan sepenuh hati di garda terdepan.

Melalui buku ini, kami akan berbagi kisah dan panduan tentang bagaimana Rumah Tunggu ini mendapatkan dukungan masyarakat, lalu beroperasi dan kemudian berhasil menurunkan angka kematian ibu melahirkan dan bayi yang baru dilahirkan di Maluku Tenggara Barat, serta bagaimana inisiatif Rumah Tunggu ini bisa diintegrasikan ke dalam penerapan pemberian layanan kesehatan berbasis Gugus Pulau.

Kami menghaturkan terimakasih kepada para penggagas dan pengelola Rumah Tunggu di Seira dan Selaru, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara Barat, dr. Juliana Ratuanak, seluruh jajaran staff Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Tenggara Barat dan Provinsi Maluku, Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat, dan Pemerintah Provinsi Maluku serta UNICEF Indonesia yang sejak awal senantiasa mendampingi inisiasi dan mengadvokasi pengelolaan Rumah Tunggu.

Kami berharap buku ini bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi para pembacanya dan siapa saja yang ingin mereplikasi Praktik Cerdas Rumah Tunggu ini untuk menjawab tantangan pembangunan serupa.

Download: 
tag_file: