Fokus BaKTI

BaKTI adalah sebuah organisasi yang berfokus pada manajemen pengetahuan program pembangunan di 12 provinsi di Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara di kawasan timur Indonesia. Kami bekerja melalui tiga kegiatan utama: mengelola forum multipihak, mengelola media komunikasi, dan mengelola pertemuan pertukaran pengetahuan.

Kegiatan utama BaKTI adalah pertukaran pengetahuan tentang program-program pembangunan di kawasan timur Indonesia. Kami mempromosikan praktik cerdas yang berhasil mengatasi tantangan pembangunan di daerah-daerah terpencil di Indonesia timur untuk khalayak luas yang menghadapi tantangan serupa dan membutuhkan solusi. Kami mendorong replikasi dari praktik-praktik cerdas karena kami percaya bahwa upaya ini dapat meningkatkan kemajuan pembangunan di Kawasan Timur Indonesia.

BaKTI terus berupaya menjadi referensi dalam hal-hal terkait pengelolaan serta pertukaran pengetahuan baik di wilayah Barat maupun Timur Indonesia. Agar dapat menjangkau lebih banyak audiens di 12 provinsi Indonesia Timur, BaKTI mengelola Jaringan Pertukaran Pengetahuan. Jaringan yang dikelola oleh BaKTI sejak tahun 2004 adalah Forum Kawasan Timur  Timur Indonesia, Jaringan Peneliti Kawasan Timur Indonesia, Forum Kepala BAPPEDA Provinsi se kawasan timur Indonesia, dan Sahabat BaKTI.

Melalui Jaringan Peneliti Kawasan Timur Indonesia (JiKTI), BaKTI menghubungkan peneliti sebagai penyedia pengetahuan dengan perencana pembangunan dan lembaga pemerintah lainnya yang membutuhkan produk pengetahuan yang relevan.

Dalam sepuluh tahun terakhir, BaKTI secara konsisten mengelola Forum Kepala BAPPEDA Provinsi se kawasan timur Indonesia. Forum ini telah memberikan masukan yang signifikan selama persiapan RPJMN dan program pembangunan nasional strategis lainnya seperti MP3EI (Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia).

Kehadiran Forum Kepala BAPPEDA dapat mendorong kualitas perencanaan menjadi lebih baik dan perencanaan pembangunan menjadi lebih efisien dan secara konkrit dapat menjawab tantangan yang ada di masing-masing provinsi di Kawasan timur Indonesia. Selain itu kerangka investasi dapat lebih terukur dan nyata dalam mempercepat pembangunan di kawasan timur Indonesia.

Dalam mengelola pertukaran pengetahuan, BaKTI mengadakan beragam Acara Pertukaran Pengetahuan termasuk rapat dan diskusi tentang inisiatif cerdas yang dikembangkan oleh masyarakat lokal, mitra pembangunan internasional, dan pemerintah daerah. 

BaKTI juga melakukan kegiatan untuk berbagi pengetahuan melalui berbagai Media Pertukaran Pengetahuan. BaKTI mengelola batukarinfo.com, sebuah portal online yang berisi informasi terbaru tentang program pembangunan Indonesia Timur, dan BaKTINews majalah bulanan yang didistribusikan ke lebih dari 2.600 pelanggan di seluruh Indonesia Timur. Kami juga mengelola pertukaran pengetahuan dan sarasehan interaktif melalui media sosial: youtube dan laman facebook Yayasan BaKTI, twitter @infobakti dan instagram @infobakti.

Semua kegiatan BaKTI didasarkan pada pendekatan apresiatif inquiry yang mendorong pertukaran solusi melalui kisah sukses inspiratif dan pembelajaran. Kami mempromosikan praktik cerdas yang berhasil mengatasi tantangan pembangunan di daerah-daerah terpencil di Indonesia timur untuk khalayak yang lebih luas yang menghadapi tantangan serupa dan membutuhkan solusi. Kami juga mendorong replikasi praktik cerdas karena kami percaya bahwa hal itu dapat meningkatkan upaya pembangunan di kawasan timur Indonesia.

 

Mitra Kami

BaKTI bekerjasama dengan pemerintah daerah dan pusat, anggota legislatif, LSM, akademisi, kelompok masyarakat, media, swasta, dan mitra pembangunan internasional.

Australian Government, Department of Foreign Affairs and Trade

  • MAMPU adalah kemitraan Pemerintah Australia (DFAT) dan Pemerintah Indonesia (BAPPENAS), yang bertujuan untuk meningkatkan akses perempuan miskin Indonesia terhadap layanan penting dan program pemerintah, dan mendukung pencapaian target-target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) yang terkait.
  • KOMPAK adalah kemitraan antara Pemerintah Australia dan Indonesia dalam mendukung  program pengentasan kemiskinan Pemerintah Indonesia yang sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)
  • Knowledge Sector Initiative (KSI) merupakan kemitraan antara pemerintah Australia dan Indonesia yang mendukung penggunaan bukti yang lebih baik dalam penyusunan kebijakan. KSI didanai oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT) dan dilaksanakan bekerja sama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas). Di Sulawesi Selatan, KSI bekerja sama Pemerintah Provinsi dan Yayasan BaKTI melaksanakan Knowledge to Policy (K2P) Pilot.

USAID

Program KIAT Guru didukung oleh USAID melalui multi-donor trust fund Local Solution to Poverty (LSP) dan  Pemerintah Australia - Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) dengan pendanaan melalui single-donor trust fund Local Solutions to Development (LSD) yang dikelola oleh The World Bank. The World Bank bertanggungjawab atas tatakelola program dalam mendukung TNP2K. Yayasan BaKTI sebagai Penerima Hibah yang berperan dalam pengelolaan, operasional, dan pengawasan fidusia untuk dukungan teknis dan pelaksanaan kegiatan di tingkat nasional dan dan daerah

UNICEF
Yayasan BaKTI dan UNICEF bekerja sama untuk mendukung pelaksanaan program UNICEF di Provinsi Sulawesi Selatan

UnionAID

UnionAID didirikan oleh Dewan Serikat Pekerja Selandia Baru untuk upaya-upaya pengurangan kemiskinan dan pencapaian keadilan sosial dengan mendukung pekerja di luar negeri untuk membentuk serikat pekerja dan kolektif pekerja. UnionAID mendanai proyek untuk secara langsung meningkatkan hak dan mata pencaharian orang-orang yang bekerja di negara-negara berkembang di kawasan Asia-Pasifik.

New Zealand Ministry of Foreign Affairs and Trade (MFAT)
Mendukung Program INSPIRASI (Program Indonesia-Selandia Baru untuk Generasi Muda Inspiratif / Indonesia Young Leaders Programme)