Pembicara Road To Festival Forum KTI

Gestianus Sino

Direktur CV GS Organik Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur

Gestianus Sino adalah anak muda asal Kabupaten Kupang yang menjalankan usaha pertanian organik sayur, buah, ikan, dan ternak sejak tahun 2013. Lulusan Universitas Nusa Cendana ini mendirikan koperasi bernama CV GS Oranik dan berkomitmen memperkuat ketahanan pangan di NTT. Pada tahun 2018, Gestianus Sino terpilih sebagai pemenang Duta Petani Muda.

Gestianus Sino akan berbagi tentang "Sistem Pertanian Terintegrasi" di Road to Festival Forum KTI.

Kristiani Paskalista Pati

Bendahara dan Manajer Mutu CV GS Organik, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur

Kristiani Pati adalah seorang lulusan Fakultas Farmasi Universitas Sanata Dharma. Ia bergabung dengan CV GS Organik sejak 2014, ketika pertama kali GS Organik membuka lahan. Sehari-hari Kristiani bekerja sebagai bendahara dan manajer mutu di koperasi CV GS Organik yang mengelola jual beli pangan organik milik petani lokal.

Kristiani Paskalista Pati akan berbagi tentang "Sistem Pertanian Terintegrasi" di Road to Festival Forum KTI.

Nurhady Sirimorok

Anggota Tim Pelaksana Kajian Rantai Nilai Sutra Sulawesi Selatan

Nurhady Sirimorok adalah seorang penulis dan editor yang juga aktif dalam beragam isu pemberdayaan desa bersama SRP Payo-Payo, Maros.  Saat ini Nurhady Sirimorok menjabat Ketua Badan Pengurus SRP Payo-Payo di Maros, anggota tim editor Jurnal Forest & Society, Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin, anggota tim editor Jurnal Wacana INSIST Yogyakarta, serta Editorial Board Penerbit Ininnawa, Makassar.

Nurhady Sirimorok akan berbagi tentang "Pengetahuan untuk Kebijakan" di Road to Festival Forum KTI.

Rahmad Sabang

Koordinator Program Knowledge to Policy  Yayasan BaKTI, Sulawesi Selatan

Selama 17 tahun aktif dalam berbagai program pembangunan di Kawasan Timur Indonesia, Rahmad Sabang berpengalaman dalam pemberdayaan masyarakat lokal melalui peran aktif di Lembaga Swadaya Masyarakat. Rahmad Sabang bergabung sebagai Program Koordinator Knowledge to Policy kerja sama Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan, Yayasan BaKTI, dan Knowledge Sector Initiative (KSI) sejak akhir 2019 hingga saat ini.

Rahmad Sabang akan berbagi tentang "Pengetahuan untuk Kebijakan" di Road to Festival Forum KTI.

Yvonne M. Salindeho

Anggota Tim Pelaksana Kajian Rantai Nilai Sutra Sulawesi Selatan/Analis Kebijakan Bappelitbangda Provinsi Sulawesi Selatan

Yvonne Salindeho telah terlibat dalam berbagai kajian yang menunjang  program prioritas Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan termasuk baru-baru ini bergabung dengan tim Peneliti  Kajian Rantai Nilai Komoditas Sutra Sulawesi Selatan dan memberikan banyak masukan berharga bagi dimulainya penyusunan kebijakan berbasis pengetahuan.

Yvonne M. Salindeho akan berbagi tentang "Pengetahuan untuk Kebijakan" di Road to Festival Forum KTI.

Herlina Sopia Silubun

Guru SD YPPK St. Martinus de Pores Ayam, Asmat, Papua

Telah 13 tahun Herlina Silubun menjadi guru sekolah dasar di Asmat. Ia memiliki mimpi anak-anak Asmat bisa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi agar bisa menghasilkan perubahan. Peran serta Herlina dalam program Sinergitas Perencanaan membawa harapan baru bahwa tantangan yang dihadapi pihak sekolah kini bisa diatasi bersama pemerintah Kampung dan unit-unit layanan lain yang ada di kampung.

Herlina Sopia Silubun akan berbagi tentang "Sejahtera dengan Perencanaan Pembangunan yang Sinergis" di Road to Festival Forum KTI.

Yakobus Frits Ramar

Kepala Distrik Oransbari, Manokwari Selatan, Papua Barat

Sebagai seorang Kepala Distrik, Yakobus Ramar yakin bahwa kemajuan daerahnya dapat dicapai dengan semangat dan kerja keras. Melalui program Sinergitas Perencanaan, Yakobus Ramar aktif memotivasi aparat kampung, unit layanan, dan kader data agar merawat semangat mengumpulkan data dan saling berkontribusi dalam mengatasi permasalahan di kampung dan menyusun perencanaan pembangunan yang sinergis untuk kesejahteraan masyarakat.

Yakobus Frits Ramar akan berbagi tentang "Sejahtera dengan Perencanaan Pembangunan yang Sinergis" di Road to Festival Forum KTI.

Drs. Abdul Asis Rahanyamtel

Sekretaris Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara, Maluku

Abdul Asis Rahanyamtel mengabdi sebagai aparatur sipil negara di Bappenda Maluku Tenggara sejak 13 tahun yang lalu. Asis Rahanyamtel menyelesaikan pendidikan Sarjana Ekonomi pada tahun 2002, aktif mengikuti berbagai training of trainer antara lain ToT Pajak dan Retribusi Daerah STAN RI Jakarta yang mengantarkannya menjadi Analis Pajak Daerah dan Retribusi Kabupaten Maluku Tenggara.

Abdul Asis Rahanyamtel akan berbagi tentang "Optimalisasi PAD melalui Pajak dan Retribusi Online" di Road to Festival Forum KTI.

Yondri Latumanuwey

Analis Pengembangan Aplikasi & Delivery Channel, Bank Maluku Malut, Ambon, Maluku

Yondri Latumanuwey menyelesaikan pendidikan Sarjana Komputer pada tahun 2009 dan telah berkecimpung dalam dunia teknologi dan sistem informasi selama 14 tahun. Ia turut menganalisis dan merancang sistem pengembangan internal banking application serta sistem pembayaran yang terintegrasi dengan sistem pembayaran pemerintah pada PT. Bank Maluku Malut.

Yondri Latumanuwey akan berbagi tentang "Optimalisasi PAD melalui Pajak dan Retribusi Online" di Road to Festival Forum KTI. 

dr. Anang S. Otoluwa

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah

Menjabat Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai menggagas sebuah program keren di Kabupaten Banggai bertajuk Posyandu Prakonsepsi yang tercetus dari disertasinya yang berjudul Pengaruh Pemberian Multi Gizi Mikro Pada Periode Prakonsepsi Terhadap Pencegahan Kerusakan DNA. Gagasan Anang Otoluwa ini mengantarkan Posyandu Prakonsepsi Masuk TOP 45 Sinovik tahun 2020 yang diselenggarakan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Anang S. Otoluwa akan berbagi tentang "Posyandu Prakonsepsi: Satu Tahap Lebih dulu" di Road to Festival Forum KTI.

Drg. Sri Dewi Susanti

Kepala Puskesmas Kampung Baru Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah

Drg. Sri Dewi Susanti, menjadi Kepala Puskesmas Kampung Baru sejak 2010. Sebagai bagian dari kegiatan Postandu Prakonsepsi, ia juga mengembangkan kerja sama yang unik dengan KUA yaitu mentransfer materi edukasi kesehatan reproduksi serta gizi bagi calon ibu melalui petugas KUA.

Sri Dewi Susanti akan berbagi tentang "Posyandu Prakonsepsi: Satu Tahap Lebih dulu" di Road to Festival Forum KTI

Mansetus Balawala

Direktur Yayasan Kesehatan untuk Semua, Flores Timur, Nusa Tenggara Timur

Sejak tahun 2007 Mansetus Balawala bersama Yayasan Kesehatan untuk Semua, membantu tenaga kesehatan untuk dapat memberi pelayanan kesehatan ke daerah terpencil di Flores Timur melalui program manajemen sarana transportasi. Sebanyak 15 sepeda motor, 3 unit mobil ambulans dan 1 unit ambulans laut, yang siap membantu para petugas kesehatan mendatangi dan memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat Larantuka.

Mansetus Balawala akan berbagi tentang "Melayani Kebutuhan Kesehatan Flores Timur" di Road to Festival Forum KTI.

Maria Goreti G. Ruron, A.md.Keb

Bidan Puskesmas Lewolema, Desa Riangkotek, Flores Timur, NTT

Maria Goreti pertama kali mengabdikan diri sebagai bidan desa dan bidan pustu Leworahang sejak lulus D3 Kebidanan pada tahun 1994. Maria Goreti bergabung di Puskesmas Lewolema tahun 2013 hingga sekarang. Untuk memberikan pelayanan bagi warga di daerah terpencil, Maria Goreti harus mengendarai sepeda motor melalui medan berbukit dan tergolong berat di Flores Timur.

Maria Goreti G. Ruron akan berbagi tentang "Melayani Kebutuhan Kesehatan Flores Timur" di Road to Festival Forum KTI.