• adminbakti
  • 23 August 2022

Audiensi Tim Program WASH UNICEF Indonesia Kerja Sama Yayasan BaKTI dengan Pokja PKP dan Baznas Kabupaten Barru

Salah satu praktik baik yang telah dilakukan oleh Pokja PKP (Kelompok Kerja Perumahan dan Kawasan Permukiman) Kabupaten Barru adalah kolaborasi dengan Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Barru untuk mengakselerasi pencapaian target RPJMN dan tujuan pembangunan berkelanjutan untuk akses air dan sanitasi aman. Di samping itu, program Water Sanitation and Hygiene (WASH) kerjasama UNICEF dan Yayasan BaKTI memberikan dukungan dalam penyelenggaraan sanitasi aman di Kabupaten Barru melalui pelatihan operator IPLT, pelatihan manajemen air limbah domestik, dan penyusunan database pelanggan air limbah domestik.

1

UNICEF bekerja sama dengan Yayasan BaKTI pada awal tahun 2022 juga telah melakukan dokumentasi proses terkait dengan praktik baik ini. Dokumentasi tersebut menghasilkan buku praktik baik “Kolaborasi BAZNAS dan POKJA PKP Kabupaten Barru dalam Penyediaan Sarana Air Minum dan Sanitasi”. Dokumentasi ini diharapkan dapat didiseminasikan sebagai bagian dari upaya kita bersama melalui pembelajaran horizontal, pada khususnya di antara kabupaten-kabupaten lain di Provinsi Sulawesi Selatan.

Terkait dengan hal tersebut, tim Program WASH UNICEF Indonesia melakukan kunjungan ke Kabupaten Barru untuk mendapatkan gambaran lebih lanjut terkait pengalaman kolaborasi antara Pokja PKP dan Baznas Kabupaten Barru dalam penyediaan sarana air minum dan sanitasi tersebut berikut tindak lanjutnya. Pertemuan ini berlangsung pada 23 Agustus 2022 bertempat di Kantor Bupati Kabupaten Barru. Pertemuan ini dihadiri oleh Bupati Kabupaten Barru, Sekda Kabupaten Barru, Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas PUPR dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Barru, juga dihadiri Ketua BAZNAS Kabupaten Barru beserta jajarannya.

1


“Upaya memenuhi target sanitasi aman di Kabupaten Barru dilakukan dengan kolaborasi  bersama berbagai pihak termasuk BAZNAS dan Program WASH. Kehadiran WASH sangat kami rasakan manfaatnya di Kabupaten Barru, terutama dalam memfasilitasi peningkatan SDM menuju sanitasi aman. Capaian-capaian hingga saat ini akan terus kami pertahankan dan kawal terus keberlanjutan dan perkembangannya.” Ungkap Suardi Saleh, Bupati Kabupaten Barru.
 

1

Dalam audiensi ini juga dilakukan penyerahan buku praktik baik “Kolaborasi BAZNAS dan POKJA PKP Kabupaten Barru dalam Penyediaan Sarana Air Minum dan Sanitasi” dari tim WASH kerjasama UNICEF dan BaKTI diwakili Kepala Program WASH UNICEF Indonesia kepada Pemerintah Kabupaten Barru dan BAZNAS Kabupaten Barru yang diwakili oleh Bupati dan Ketua BAZNAS Kabupaten Barru. Pertemuan ini pun diakhiri dengan melakukan peninjauan lokasi jamban sehat dan tangki septik individual (rumah tangga) atau tangki septik komunal yang menjadi salah satu hasil kerjasama Pokja PKP dan BAZNAS Kabupaten Barru dengan dukungan program WASH kerjasama UNICEF dan BaKTI.