• adminbakti
  • 10 April 2023

Cerita Baik dari Praktik Cerdas

Berikut ini kami sajikan update praktik cerdas periode Januari hingga Maret 2023:

Pertanian Alami Salassae, Bulukumba Sulawesi Selatan
Pada tanggal 26 Januari 2023, dilaksanakan workshop Pengembangan Ekonomi Desa yang difasilitasi Pemerintah Desa Salassae dengan dukungan Yayasan Bina Desa. Dalam pertemuan ini dibahas agenda kerjasama para pihak di Desa Salassae untuk membangun perekonomian desa. Setelah memetakan potensi ekonomi serta aktor/pelaku ekonomi diputuskan fokus kerjasama ditujukan pada: (1) Pengembangan kawasan sekitar sungai desa dimana akan digarap menjadi kawasan pendidikan dengan ditopang oleh kegiatan lainnya, (2). Program pengembangan lebah madu di Salasae oleh KSPS (Komunitas Swabina Pedesaan Salassae), (3). Mengelola pemenuhan kebutuhan logistik 3.900 warga desa dengan bekerjasama dengan pemilik kios di masing-masing dusun.

Pihak yang akan terlibat dalam program ini tidak hanya KSPS dan Bumdes tetapi juga Kelompok Tani, Kelompok Wanita Tani, Gapoktan, PKK, Dasawisma, Kelompok Lembah Subur, Peekumpulan Dana Mitra Tani (DMT) dan lain-lain.

Pada tanggal 22 Februari 2023 bertempat di Balai Komunitas Salassae, pengurus KSPS menerima kunjungan dari Gerakan Peduli Perempuan (GPP) Jember dan SKU Brebes Jawa Tengah. Kunjungan ini bertujuan untuk berbagi pengalaman dengan salah satu Forum Peduli Kesehatan Ibu dan Anak yang ada di Salassae, sebuah forum yang terbentuk beberapa tahun lalu.

Replikasi pertanian alami Salassae dilakukan oleh sebanyak 36 orang ibu-ibu kader posyandu/posbindu/poslansia Desa Borong Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba. Sebelumnya mereka telah mepelajari sistem pertanian ramah lingkungan ini dari petani-petani di Salassae. Mereka mulai menerapkan sistem pertanian alami di pekarangan rumah sebelum melangkah ke kebun keluarga masing-masing.

Desa Borong sendiri tidak memiliki sawah, hanya kebun-kebun kelapa, kakao dan lahan untuk tanaman jagung. Selain ibu-ibunya, bapak petani Borong memulai menyiapkan lahan untuk pertanian alami. Mereka akan menanam jagung dengan sistem pertanian alami. Gerakan bertani alami, kembali ke alam dipimpin langsung oleh kepala desa Borong.


Bukan membunuh rumput, semprotan air laut dosis rendah sedang dilakukan petani untuk membantu menggemburkan tanah

Pada tangal 28 Februari 2023 KSPS kembali menerima mahasiwa Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Makassar untuk melaksanakan praktik lapangan di Desa Salassae. Kali ini jumlah mahasiswa KKN sebanyak 5 orang. Selama masa KKN ini yang akan berlangsung selama 40 hari, mereka akan saling bertukar pengetahuan tekait pertanian. Petani Salassae yang tergabung dalam KSPS akan berbagi ilmu terkait pertanian alami sedangkan para mahasiswa diharapkan dapat memberi warna ilmu pengetahuan dari bangku kuliah pada aktivitas pertanian alami di Salassae.

Kementerian Pertanian melalui Unit Pelaksana Teknis BBPP Batangkaluku menyelenggarakan Pelatihan Kewirausahaan Agribisnis padi secara serentak di 6 Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan pada tanggal 1 sd 3 Maret 2023. Desa Salassae menjadi salah satu desa target pelatihan dimana selama 3 hari berturut-turut 25 petani alami mengikuti kegiatan ini. Pelatihan ini merupakan pelatihan Angkatan ke 24 yang dilaksanakan BPPP.

Pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan kewirausahaan di bidang agribisnis dimana petani dapat meningkat kapasitas kewirausahaannya sehingga mampu membuka usaha atau menciptakan sesuatu yang baru guna meningkatkan perekonomian bagi dirinya maupun bagi orang lain. Metode pembelajaran yang dipakai pada pelatihan ini adalah pemaparan, diskusi, dan praktik.

 

Malaria Center, Halmahera Selatan

Sumber Foto: Hakli Papua Barat

Setelah direplikasi di Kabupaten Keerom Provinsi Papua, sejak tahun 2021 melalui pendampingan UNICEF praktik cerdas Malaria Center yang mengusung pengentasan malaria dengan pendekatan multi stakeholder juga dikembangkan di Provinsi Papua Barat. Berbagai upaya dilakukan oleh masing-masing sektor sesuai tupoksi masing-masing di bawah koordinasi Malaria Center, seperti Dinas Pendidikan yang memasukkan materi pencegahan malaria ke dalam pembelajaran muatan lokal (mulok) di sekolah-sekolah. Champion Malaria Center dari Halmahera Selatan Bapak Firmansyah Mustafa kembali dipercaya memberikan pendampingan dalam proses pengembangan Malaria Center Papua Barat ini sebagai pendamping provinsi.

Portal Analisis Data Berbasis Peta di Kota Manado (PANADA LINI)
UPTD Pengolahan Data dan Informasi Geospasial Bappelitbangda Kota Manado menerima kunjungan dari Dinas Kominfo Kota Tangerang Selatan pada Rabu, 15 Maret 2023. Agenda kunjungan bermaksud untuk melihat langsung pengembangan Aplikasi Portal Analisis Data Lintas Instansi (PANADA LINI) serta Geoportal Kota Manado yang dikelola oleh Tim Analis GIS UPTD-PDIG

Rapat Pra-Rakornas Informasi Geospasial (IG) Tahun 2023
Sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Informasi Geospasial, Badan Informasi Geospasial (BIG) bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas telah menyelenggarakan Rakornas IG Tahun 2023. Dalam hal ini Pusat PPIG berkesempatan mengisi acara pada Pokja 2 dengan pembahasan Penguatan Kelembagaan dan SDM Informasi Geospasial, dan Integrasi Teknologi Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial.

Pada kesempatan ini, Ibu Liny Tambajong praktisi praktik cerdas PANADA LINI menjadi salah satu narasumber. Seperti diketahui Kota Manado sudah memulai pendataan/data berbasis peta sejak 2017 dan konsisten sampai saat ini. Data berbasis peta ini kemudian menjadi dasar pemerintah kota Manado dalam melaksanakan perencanaan berbasis THIS (Tematik-Holistik-Integratif-Spasial). Saat ini sistem mulai dilirik untuk diintegrasikan dalam SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik). Pada kesempatan ini Kota Manado diajak untuk sharing session mewakili daerah yang sudah mempraktikkan Data berbasis Spasial pada Acara Pra Rakornas Informasi Geospasial yang diadakan oleh Badan Informasi Geospasial.


Sumber: FB Liny Tambajong