• adminbakti
  • 10 April 2023

Diskusi Online Praktik/Inisiatif Cerdas dan Inovasi Pembangunan

 

 

Selama periode Januari sampai dengan Maret 2023, BaKTI menghadirkan 2 inisiatif cerdas di kegiatan diskusi live Instagram:

Wayang Sasak, Media Literasi Seni Budaya
Jika selama ini kita mengenal wayang hanya dari tanah jawa seperti wayang kulit dan atau wayang golek dari Jawa Barat, ternyata di tanah Lombok NTB juga ada kesenian wayang yang disebut wayang Sasak. Jika Wayang Jawa mengangkat kisah dari Mahabarata, maka wayang Sasak berkisah tentang serat Menak dari Persia. 
Prihatin akan nasib wayang Sasak yang mulai ditinggalkan, maka tahun 2016 upaya pelestarian berupa pendirian sekolah pedalangan dilakukan. Yang menarik adalah bahwa dalam penampilannya, seni wayang yang hamper punah ini efektif berfungsi sebagai media penyuluh/sosialisasi, media pemberdayaan bagi masyarakat suku Sasak di Lombok.  Pagelaran wayang Sasak menjadi media memperkenalkan isu-isu sosial budaya dan tema pembangunan lainnya pada penonton.

Diskusi live di Instagram @infoBaKTI ini dilaksanakan pada hari Jumat, 10 Februari 2023 mulai pukul 14:00 - 15:00 WITA. Hadir sebagai narasumber adalah Bapak Abdul Latief Apriaman - Ketua Yayasan Pedalangan Wayang Sasak.
Dalam diskusi ini Bapak Abdul Latief mengungkapkan bahwa pelestarian wayang Sasak bertujuan agar wayang dapat menjadi tontotan dan tuntunan sehingga orang Sasak sendiri tak hilang jejak warisan budaya leluhur. Sebisa mungkin melalui pagelaran dan pengajaran dalam sekolah pedalangan ini mampu merawat yang tumbuh dan menjaga yang akan punah.

Aku Kamu dan Internet
Internet telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Agar kita dapat memanfaatkan internet secara efektif dan positif, khususnya bagi keamanan dan kesehatan anak, penting untuk mengetahui dan mengantisipasi beberapa potensi risiko dari internet.

Bagaimana agar dapat bebas berkreasi dan tetap aman ketika berinternet, sembari #jagabareng anak-anak dari bahaya kekerasan dan eksploitasi seksual pada anak di ranah daring didiskusikan dalam Instagram Live yang menghadirkan narasumber Syaifullah yang akrab disapa Daeng Ipul. Ia adalah pegiat literasi dan keamanan digital. Oboral kami kami bersama Daeng Ipul pada diskusi live Instagram @infoBaKTI dilaksanakan pada hari Selasa, 28 Februari 2023 mulai pukul 14.00-15.00 WITA.  
Diskusi ini dilaksanakan oleh Yayasan BaKTI didukung oleh UNICEF Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus memperingati Hari Internet Aman Sedunia (Safer Internet Day) yang jatuh setiap minggu kedua Februari.

Rekaman masing-masing diskusi dapat anda tonton kembali di IG TV @infoBaKTI pada link: https://www.instagram.com/infobakti/channel/
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jika anda sedang menjalankan atau mempunyai informasi terkait inisiatif cerdas ataupun inovasi yang ingin anda bagi ke Sahabat BaKTI melalui media kami, sila hubungi email: info@bakti.or.id