Empat Praktik Cerdas Tampil di Festival Forum KTI IX

Pada tanggal 26 dan 27 Juli 2023 bertempat di Kota Kupang, Povinsi NTT dilaksanakan event dua tahunan BaKTI yakni Festival Forum Kawasan Timur Indonesia (FFKTI) ke 9. Kali ini FFKTI mengangkat tema “Kolaborasi, Inovasi dan Pembangunan Berkelanjutan”. Pada Festival yang digelar selama 2 hari ini menghadirkan 4 Praktik Cerdas yang terdiri dari:

Sistem Pertanian Terintegrasi dari Kupang Nusa Tenggara Timur
Praktik cerdas ini mematahkan stigma bahwa tanah tandus berkarang di Timor tidak dapat produktif. Dengan kerja keras dan inovasi, di tangan Gestianus Sino, stigma ini terpatahkan. Beragam tanaman sayur dan buah dapat tumbuh subur dengan sistem rotasi dan organik dengan mindset korporasi, dimana ia mengoptimalkan manajemen pertanian dengan melakukan efisiensi usaha tani melalui mekanisasi, penggunaan benih unggul, mengurangi penggunaan pupuk kimia, integrated farming serta tidak menerapkan pertanian monokultur lagi. Semangat berbagi pengetahuan juga disalurkan Gesti dengan mendirikan Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) GS Organik yang berfokus untuk memperkuat ketahanan pangan di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Shelter Warga Merawat Kepedulian Warga Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan
Shelter Warga adalah layanan berbasis komunitas untuk penanganan sementara dan respons cepat kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang dikelola di tingkat kelurahan. Shelter Warga berupaya memutus mata rantai kekerasan terhadap perempuan dan anak dengan cara: menyelesaikan kasus-kasus perempuan dan anak berkategori ringan secara kekeluargaan; meningkatkan partisipasi masyarakat dalam penanganan kasus dan perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan; dan sekaligus menyediakan tempat perlindungan sementara bagi korban.


Manusia Sehat Marawat Bumi Borneo, Kayong Utara Provinsi Kalimantan Barat
Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) memulai upaya pertama menjaga alam dengan menyediakan pelayanan kesehatan bagi masyarakat berupa Klinik ASRI. Masyarakat yang berobat ke Klinik ASRI dapat membayar dengan bibit pohon, kerajinan tangan, kulit telur, dedak, sekam, tenaga kerja, bahkan dengan kotoran hewan. Menariknya lagi, pasien juga mendapatkan diskon berobat. Jika satu desa atau satu dusun melakukan terbukti praktik-praktik mengurangi kegiatan deforestasi, maka pasien mendapatkan diskon.


Optimalisasi PAD Melalui Pajak dan Retribusi Online di Langgur Kabupaten Maluku Tenggara
Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Maluku Tenggara berupaya mengoptimalkan potensi pajak yang terbatas dengan menerapkan sistem pajak online guna memberikan pelayanan yang lebih efektif dan efisien serta membuka akses informasi untuk mengetahui besaran pajak terhutang. Untuk mendukung pengaplikasian pajak online ini diterapkan sistem yang bernama Smart Register yang dipasang di tempat-tempat usaha. Dengan sistem ini transparansi pengelolaan pajak daerah dan retribusi dapat terwujud. Setelah sistem ini digunakan, penerimaan daerah dari sektor pajak dan retribusi meningkat hingga lebih dari 300%.