• admin
  • 07 June 2024

Pelatihan Teknis Pengembangan Budidaya Perkebunan Komoditi Tanaman Jangka Panjang Kabupaten Seram Bagian Timur

Kebutuhan pelatihan berkaitan budidaya tanaman perkebunan atau tanaman jangka panjang merupakan salah-satu diantara berbagai inisiatif yang muncul dalam perencanaan penghidupan masyarakat desa program BangKIT. Tanaman perkebunan atau termasuk tanaman jangka panjang pada lokasi program BangKIT di Seram Bagian Timur dengan komoditi utama pala dan cengkeh merupakan usaha penghidupan yang paling dominan dilakukan oleh masyarakat desa melalui perkebunan rakyat.

Budidaya tanaman jangka panjang komoditi pala dan cengkeh yang dilakukan masyarakat desa masih dengan menggunakan pengetahuan dan keterampilan terbatas yang diperoleh turun temurun karena sulitnya akses informasi dan peningkatan keterampilan pada wilayah-wilayah terpencil. Pengaruh pada perubahan lingkungan termasuk iklim, variasi hama dan penyakit, teknik pemupukan, pemberian nutrisi serta penanganan komoditi pasca panen untuk menjaga kualitas hasil komoditi yang terus berkembang menjadi tantangan bagi masyarakat desa dalam meningkatkan produktivitas budidaya perkebunan tanaman jangka panjang komoditi pala dan cengkeh.


Untuk itu, Program BangKIT memfasilitasi kegiatan Pelatihan Teknis Pengembangan Budidaya Perkebunan Komoditi Tanaman Jangka Panjang di Kabupaten Seram Bagian Timur. Pelatihan yang berlangsung pada 30-31 Mei 2024 dilaksanakan di Kecamatan Bula. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan  kapasitas pengetahuan dan keterampilan teknis petani dalam usaha budidaya perkebunan rakyat tanaman jangka panjang komoditi pala dan cengkeh yang baik dan berkelanjutan berkaitan persiapan penanaman, pengelolaan bibit, penanaman, perawatan, penanganan hama dan penyakit serta pemberian nutrisi. Selain itu juga untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan keterampilan petani dalam penanganan pasca panen yang tepat untuk mengoptimalkan kualitas hasil produksi tanaman jangka panjang komoditi pala dan cengkeh.


Pelatihan ini diikuti oleh 35 orang peserta yang merupakan petani dari tuju desa di Kabupaten SBT. Pelatihan ini menghadirkan perwakilan dari Dinas Pertanian Kabupaten SBT serta praktisi budidaya pertanian pala dan cengkeh dari Perkebunan Dreamland sebagai trainer. Pada kegiatan ini, para peserta belajar mengenai komoditas unggulan tanaman perkebunan dan budidaya yang berkelanjutan, perkebunan metode generatif dan vegetatif, hama penyakit, kesuburan tanah dan pemupukan komoditi tanaman jangka panjang, serta teknik panen dan penanganan pasca panen komoditi tanaman jangka panjang.