Program INSPIRASI Gelar Online Sustainable Development Course secara Daring

Program INSPIRASI (Indonesia Young Leaders Programme) kerjasama BaKTI dengan UnionAID menggelar beberapa sesi pembelajaran sebagai bagian dari Online Sustainable Development Course di Indonesia secara daring via Zoom. Sebanyak 3 sesi yang difasilitasi oleh Yayasan BaKTI yakni Sesi-1 tanggal 3 Juni 2021 dengan topic pembelajaran “Kebijakan politik, tata pemerintahan dan peran CSO di Indonesia dalam konteks lokal sejarah dan politik” yang menghadirkan narasumber, Andi Ahmad Yani, MPA, PhD candidate (Dosen FISIP Ilmu Administrasi, Universitas Hasanuddin). Sesi ini bertujuan untuk membekali, menambah wawasan dan perspektif peserta program INSPIRASI 2021 tentang isu kebijakan politik, tata pemerintahan dan peran CSO di Indonesia dalam konteks lokal sejarah dan politik. 

Sesi ke-2 berlangsung pada tanggal 8 Juni 2021 dengan mengangkat topik “Rencana Pembangunan Daerah” yang menghadirkan narasumber Lusia Palulungan (Aktivis dan Praktisi NGO). Sesi ini bertujuan untuk membekali peserta tentang pengelolaan perencanaan, penganggaran dan pendanaan pembangunan dari tingkat Nasional ke daerah; dan bagaimana peluang CSO untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah.

Sesi ke-3 berlangsung pada tanggal 10 Juni 2021 dengan mengangkat topik “Pembangunan Dalam Konteks Sosial Budaya” yang menghadirkan narasumber Dr. (Cand.) Burhanuddin Gala, S.Sos, M.Si (Dosen dan Antropolog). Sesi ini bertujuan untuk membekali peserta agar mampu mengidentifikasi berbagai norma sosial budaya yang dapat berdampak pada keberlanjutan dalam pembangunan dengan cara yang lebih positif dan lebih menantang serta mengidentifikasi dan mengakui keberadaaan masyarakat adat di wilayah dan daerahnya.  Ketiga sesi ini difaslitasi oleh Luna Vidya Matulessy.

Sesi online tersebut diikuti oleh 10 Peserta Program INSPIRASI 2021 berasal dari berbagai NGO di KTI, Laila Harre dan Caroline Novak mewakili UnionAID, Zusanna Gosal, Sherly Heumasse dan Khairil dari BaKTI, para narasumber dan Fasilitator serta 2 orang Alumni program INSPIRASI 2018 yang dikontrak UnionAID sebagai Learning Advisor mendampingi peserta yakni Tirsana Wendry Kailola dan Andi Arifayani.

Program INSPIRASI (Indonesia Young Leaders Programme) adalah program belajar yang ditujukan bagi staf dan anggota CSO/NGO di KTI berusia 20-30 tahun yang didanai oleh Ministry of Finance and Trade New Zealand dan dikelola oleh UnionAID yang bekerjasama dengan Yayasan BaKTI sebagai mitra lokal di Indonesia dan Auckland University of Technology (AUT) di New Zealand.